4 Film dan Drama Kim Da Mi, Aktris Baru yang Meroket

Nama Kim Da-mi sebagai aktris papan atas Korea Selatan, tampaknya memang muncul secara tiba-tiba. Bahkan bagi penikmat drama Korea yang sudah lama sekalipun, juga sempat bingung ketika seorang aktris muda yang tidak dikenal terpilih sebagai lead dan lawan main Park Seo-jun di drama sebesar Itaewon Class.

Advertisement

Meskipun banyak yang penasaran karena Kim Da-mi tiba-tiba saja membintangi drama besar, tapi tampaknya hampir semua orang puas dengan akting aktris kelahiran tahun 1995 ini. Terlebih lagi dengan kesuksesan drama terbarunya Our Beloved Summer, nama Kim Da-mi semakin melejit di dunia drakor.

Chemistry-nya dengan aktor Choi Woo-shik juga sangat kuat, sampai-sampai masih terus jadi bahan obrolan meski dramanya sudah selesai. Dengan kemampuan akting yang luar biasa, masa depan Kim Da-mi sebagai aktris diprediksi akan semakin berkilau.

Nah, Sobat Hipwee sembari menunggu proyek-proyek aktris berbakat ini selanjut, yuk cek dulu film dan drama Kim Da-mi yang wajib kamu tonton. Walaupun kariernya masih terhitung singkat, aktris ini juga sudah menyabet banyak penghargaan lo. Keren banget ya~

Advertisement

1. Marionette (2018)

marionette kim da mi

Bisa dibilang film debut pertama | Credit: Kidari Ent via Hancinema

Sebagai lulusan seni drama Incheon National University, Kim Da-mi memang belajar akting selama kuliah. Namun pengalaman aktingnya di proyek profesional bisa terbilang sangat terbatas. Marionette adalah film profesional pertama Kim Da-mi. Sebelum bermain sebagai murid SMA bernama Yoo Min-ah di film bergenre misteri thriller ini, Kim Da-mi baru membintang satu film indie.

2. The Witch: Part 1. The Subversion (2018)

the witch kim da mi

Film breakthrough yang membuat namanya langsung meroket | Credit: Gold Moon Film Production via Hancinema

Bukan Itaewon Class atau Our Beloved Summer yang membuat nama Kim Da-mi meroket pertama kali di Korea Selatan, tapi film The Witch: Part 1. The Subversion. Meski ini baru film ketiga sepanjang kariernya dan film pertama di mana ia jadi lead, penampilan serta akting Kim Da-mi membuat banyak orang ternganga.

Advertisement

Perannya sebagai Koo Ja-yoon remaja yang secara misterius tiba-tiba punya kekuatan super dan terlibat petualangan berbahaya, mendapat begitu banyak penghargaan bergengsi. Penghargaan Aktris Baru Terbaik di hampir semua ajang prestisius di Korea Selatan didominasi oleh aktris muda ini, dari Baeksang Arts Awards, Blue Dragon Awards, Grand Bell Awards, sampai Fantasia International Film Festival di level internasional.

Bukan keberuntungan atau pakai ‘jalan belakang’, Kim Da-mi mendapatkan peran ini dengan harus mengalahkan 1.500 kandidat lainnya dalam open audition. Aktingnya yang solid dan kemampuannya mengeksekusi berbagai action scene yang sulit di film ini, membuat banyak orang berdecak kagum. Film ini pun akan ada part 2-nya lo~

3. Itaewon Class (2020)

kim da mi itaewon class

Drama pertamanya yang juga sukses besar | Credit: Netflix

Kebanyakan penggemar drama Korea mungkin pertama kali mendengar nama Kim Da-mi lewat drama yang satu ini, Itaewon Class. Dibintangi aktor populer Park Seo-jun, diproduksi Netflix, dan diangkat dari webtoon yang tidak kalah populernya, Itaewon Class memang sudah diprediksi bakal sukses besar.

Makanya, banyak orang kaget begitu mendengar aktris yang terpilih jadi lead untuk proyek besar ini justru aktris yang namanya tidak terlalu terkenal yaitu Kim Da-mi. Namun seiring berjalannya drama dan kini setelah dramanya selesai, orang pasti tidak akan bisa membayangkan aktris lain memerankan karakter Jo Yi-seo yang jenius dan tidak pernah takut mengejar mimpi maupun cintanya.

Performance-nya di drama pertama atau drama debutnya ini juga mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi di ranah drama. Salah satunya Aktris Baru Terbaik di drama dalam ajang Baeksang Award.

4. Our Beloved Summer (2022)

our beloved summer kim da mi

Drama komedi romantis di mana ia kembali bertemu lawan mainnya di The Witch: Part.1 The Subversion | Credit: SBS via Instagram @sbsdrama.official

Dengan berbagai penghargaan Aktris Baru Terbaik baik di film maupun drama, Kim Da-mi memang jadi hot commodity alias incaran banyak sutradara atau rumah produksi di Korea Selatan.

Namun banyak yang kaget ketika pilihan Kim Da-mi selanjutnya jatuh ke drama komedi romantis ini, Our Beloved Summer. Pasalnya, Kim Da-mi dikenal dengan akting-aktingnya yang super intens atau penuh dengan action scene di film maupun drama sebelumnya.

Selain jalan ceritanya yang menarik dan tidak klise, keputusan Kim Da-mi untuk bermain di drama ini bisa jadi juga dipengaruhi oleh Choi Woo-shik sebagai lawan mainnya. Sebelum bermain sebagai mantan yang ‘clbk’ lagi di drama ini, mereka berdua sudah pernah berakting bareng sebagai musuh bebuyutan di film The Witch: Part 1. The Subversion.

Choi Woo-shik sendiri mengkonfirmasi dalam sebuah interview kalau ia mau bermain di drama ini karena lawan mainnya adalah Kim Da-mi. Ah so sweet banget ya~

Nah, itu dia rekomendasi drama dan film yang dibintangi Kim Da-mi SoHip! Menarik banget sih mengikut perjalanan karier aktris muda yang sangat berbakat ini. Walaupun film atau dramanya memang baru sedikit, tapi semuanya high quality dan seru abis! Mana nih yang sudah SoHip tonton, apa favoritmu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Introvert

CLOSE