Rekomendasi Film Horor Berkonsep Dokumenter, Ceritanya Fiktif tapi Misterinya Nyata!

Bagi pencinta film horor, semakin seram suasana yang dihadirkan oleh film tentu lebih menarik untuk ditonton. Apalagi jika misterinya sulit terpecahkan, kamu seolah sedang ikut terlibat untuk memecahkannya dengan menebak-nebak. Jika kamu suka dengan film horor seperti ini, film horor berkonsep dokumenter adalah pilihan yang tepat.

Advertisement

Seperti yang sedang viral akhir-akhir ini, film horor asal Taiwan Incantation. Kosep dokumenter dalam film ini akan membuatmu lebih merasakan misteri yang nyata. Nah, berikut ini Hipwee Hiburan punya beberapa rekomendasi film horor berkonsep dokumenter yang menarik untuk kamu tonton!

1. Incantation, cerita sebuah keluarga yang menganut aliran sesat di Taiwan

Film horor berkonsep dokumenter

Incantation | Foto dari Imdb

Film horor berkonsep dokumenter yang baru saja tayang di Netflix pada 8 Juli 2022 ini siap membuatmu merasakan kutukan yang diceritakan. Film ini menceritakan tentang seorang ibu yang ingin menyelamatkan anaknya dari sebuah kutukan, karena ia pernah melanggar perjanjian sebuah aliran sesat.

Perjuangan sang ibu untuk menyelamatkan sang anak tersebut diabadikan dalam sebuah video amatir untuk memudahkannya memecahkan kutukan itu. Film bertema found footage ini dijamin membuatmu merinding sepanjang film. Apalagi film ini diangkat dari kisah nyata yang berkembang di masyarakat Taiwan, jadi terasa lebih seram.

Advertisement

2. The Medium, bercerita tentang keluarga keturunan dukun

Film horor berkonsep dokumenter

The Medium | Foto dari Imdb

Film garapan Korea dan Thailand ini juga sempat viral pada 2021 silam. Film ini horor berkonsep dokumenter ini bercerita tentang keluarga keturunan dukun roh Ba Yan, yang kesaktiannya akan turun pada keturunan perempuan bernama Noi. Namun, karena Noi beragama kristen, akhirnya roh Ba Yan merasuki Nim, saudara Noi.

Berbagai kejadian kesurupan dan misteri-misterinya yang dianggap sebagai hukuman karena Noi menolak titisan itu. The Medium diceritakan dengan apik dan sangat seram, apalagi konsep dokumenter film ini sukses membuat ceritanya terasa lebih nyata.

3. As Above So Below, menceritakan misi seorang ahli kimia mencari batu sakti

Film horor berkonsep dokumenter

As Above So Below | Foto dari Imdb

Advertisement

Film ini secara visual mungkin kurang menarik, karena konsep dokumenter yang diangkatnya benar-benar seperti dokumenter sungguhan. Cerita di film ini dilatarbelakangi misi seorang ahli kimia bernama Scarlett Marlowe yang melakukan perjalanan di sebuah lorong bawah tanah di Catacombs, Paris untuk mencari batu milik Nicolas Flamel yang sakti.

Perjalanan tersebut nggak mulus, karena ternyata Catacomb adalah pintu gerbang neraka. Banyak hal mistis yang dialami Scarlett dan timnya yang akan membuatmu ikut jantungan. Apalagi para kru mengalami kejadian ganjil sesuai pengalaman dan dan trauma mereka sebelum masuk dalam misi perjalanan itu.

4. Keramat, bercerita tentang kejadian-kejadian ganjil yang dialami oleh kru film

Film horor berkonsep dokumenter

Keramat | Foto dari Imdb

Indonesia juga punya film horor berkonsep dokumenter, lo. Meski ceritanya fiktif, tapi Keramat benar-benar menyajikan cerita yang terasa sangat nyata, apalagi para pemainnya sengaja menggunakan nama asli. Kamu akan diajak berpetualang oleh sekolompok kru film yang sedang syuting di Yogyakarta.

Banyak sekali hal aneh dan misteri yang dialami mereka, seperti kesurupan dan hal mencekam lainnya. Film ini akan sukses membuatmu ikut merasa jantungan, apalagi sebelum dirilis, pihak rumah produksi telah menyebar rumor yang membuat film ini seolah-olah memang nyata.

5. Seri Paranormal Activity, mengulik kejadian ganjil yang direkam dengan kamera tersembunyi di sebuah rumah

Film horor berkonsep dokumenter

Paranormal Activity (seri) | Foto dari Imdb

Film horor berkonsep dokumenter garapan Paramunt Picture ini jadi film horor yang paling terasa nyata. Bagaimana enggak, cerita fiktif dalam film ini dibuat seolah-olah benar-benar terjadi, karena pengambilan gambarnya menggunakan kamera tersembunyi dan CCTV. Film yang dirilis sejak 2007 silam hingga sekarang menyajikan cerita yang akan membuat bulukudukmu merinding.

Apalagi setting ceritanya di rumah dengan penampakan yang mungkin sering kamu duga tapi belum pernah menemuinya. Paranormal Activity punya banyak seri yang bisa kamu pilih sesuai keberanianmu untuk menontonnya. Bahkan banyak testimoni yang menyebut bahwa efek takut dari film ini lebih terasa setelah menontonnya. Berani nonton juga?

6. The Blair Witch Project, cerita tentang remaja yang hilang di hutan Black Hills Amerika Serikat

Film horor berkonsep dokumenter

Th Blair Witch Project | Foto dari Imdb

Mirip dengan film Keramat, The Blair Witch Project juga sempat menyebar isu sebelum perilisan sebagai teknik pemasaran. Isu ini semakin ramai usai kemunculan sebuah video amatir dari handycam yang merekam jejak hilangnya tiga remaja di hutan Balck Hills. Film ini pun menayangkan video-video lain yang dinilai menyimpan fakta mistis yang membuat tiga remaja tersebut hilang saat sedang menyelidiki penyihir Blair,

Film dengan konsep found tootage atau video yang seolah tak sengaja ditemukan ini akan membuatmu ikut merasa jantungan dalam proses petualangan tiga anak remaja ini di dalam hutan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film horor berkonsep dokumenter yang akan membuatmu serasa ikut merasakan misteri yang menyeramkan. Berani nonton sendiran?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE