6 Film Horor yang Sama Seramnya dengan Incantation, Berani Nonton?

Baru-baru ini film horor asal Taiwan, Incantation viral dan jadi perbincangan. Film berkonsep found footage ini dinilai sangat seram dan membuat penontonnya benar-benar ketakutan. Apalagi ceritanya tentang kepercayaan aliran sesat dan kutukan yang berkembang di masyarakat Taiwan.

Advertisement

Hal ini membuat Incantation dinilai sangat seram, bahkan misteri-misterinya diakui nyata oleh masyarakat Taiwan. Di tengah perbincangan hangat soal Incantation, ternyata para penikmat film horor di media sosial mengungkap bahwa ada beberapa film lain yang sama seramnya dengan Incantation. Meski nggak semuanya berkonsep found footage atau ala-ala dokumenter, tapi ceritanya memang cukup seram.

Berikut ini beberapa film horor yang sama seramnya dengan Incantation. Berani nonton?

1. Serial horor Siccin asal Turki yang menceritakan sihir kutukan dengan mantra-mantra gaib

film horor paling seram

Siccin | Foto dari Imdb

Secara umum, cerita Siccin dan Incantation punya kemiripan, yakni soal kutukan. Siccin jika diartikan dalam bahasa Kurdi artinya kekerasan, jika diartikan dalam bahasa Arab jadi sijjin yang berarti lapisan ke tujuh bumi, tempat berkumpulnya para iblis. Siccin menceritakan seorang perempuan bernama Oznur yang menggunakan ilmu hitam untuk mendapatkan hati Kudret, pria yang sudah beristri.

Advertisement

Namun, alih-alih sihir itu bisa mengganggu keluarga Kudret dan istrinya, Oznur sendiri ikut terperangkap dalam kutukan tersebut. Cerita Siccin diangkat dari kisah nyata bagaimana seseorang bersekutu dengan jin. Film ini banyak membahas unsur agama juga, sehingga membuat Siccin lebih menyeramkan. Saat ini, Siccin sudah dirilis sampai versi ke-6. Jika kamu ingin menontonnya di Netflix, sebaiknya urut dari seri pertama ya, supaya paham dengan jalan ceritanya.

2. Dabbe: The Possession, film horor yang bercerita tentang kerasukan jin dan ruqyah

film horor paling seram

Dabbe: The Possession | Foto dari Imdb

Masih dari Turki, kali ini ada film Dabbe: The Possession yang nggak kalah seram dari Incantation. Apalagi film ini juga berkonsep found footage untuk menjelaskan konsep jin dalam Islam, sehingga lebih menyeramkan saat ditonton seorang muslim. Dabbe menceritakan seorang psikiater bernama Ebru yang nggak percaya hal mistis termasuk jin dan proses ruqyah yang bisa menjadi salah satu pengobatan.

Advertisement

Suatu ketika ia ingin membuktikan bahwa anggapannya itu benar, maka ia berniat untuk mendokumentasikan pengamatannya. Saat itu Ebru akan mengobati saudaranya bernama Kubra yang sakit, kemungkinan dirasuki jin jahat. Dalam proses pengobatan sekaligus pembuktian hal tersebut, Ebru banyak menemukan hal-hal baru yang selama ini nggak ia percayai.

Menonton Dabbe akan membuatmu merasakan atmosfer tak nyaman, sesak dan super creepy. Apalagi saat fakta-fakta jin mulai diungkap dengan pendalaman agama. Jika kamu cukup berani dan penasaran, Dabbe: The Possession bisa ditonton di Netflix, ya.

3. Hereditary, film horor yang minim penampakan setan dan jump scare tapi sukses bikin penonton ketakutan

film horor paling seram

Hereditary | Foto dari Imdb

Nggak seperti film horor pada umumnya yang menakutkan karena sosok setan yang dari tampilannya saja sudah seram, Hereditary justru minim dengan scene penampakan. Tapi kamu akan merasakan suasana creepy dari cerita yang disajikan. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang mengalami berbagai kejadian aneh.

Rentetan misteri yang sulit terungkap membuatmu ikut merasa terjebak dalam teka-teki misteri tersebut. Hal inilah yang membuat Hereditary cukup menakutkan seperti Incantation yang berusaha memecahkan kutukan.

4. Gonjiam: Haunted Asylum, film horor Korea Selatan yang menceritakan kisah mistis di sebuah rumah sakit

film horor paling seram

Gonjiam: Haunted Asylum | Foto dari Imdb

Jika kamu menyukai film horor petualangan, film ini layak kamu tonton. Gonjiam: Haunted Asylum menceritakan kisah sekelompok anak muda yang menantang mistis karena penasaran dengan keseraman Gonjiam, rumah sakit jiwa angker di Korea Selatan.

Mereka memutuskan untuk menyusuri Gonjiam saat malam hari. Namun, sialnya mereka justru saling terpisah dan harus berpetualang menyusuri Gonjiam yang menyeramkan. Kamu akan ikut merasakan betapa seramnya Gonjiam saat satu persatu tokohnya harus menemui setan-setan yang mengganggu mereka.

5. The Medium, bercerita tentang keluarga yang menolak kutukan berupa titisan ilmu hitam untuk menjadi dukun

film horor incantation

The Medium | Foto dari Imdb

Film ini mirip dengan Incantation yang bercerita tentang kutukan. The Medium menceritakan seorang perempuan bernama Nim yang harus menjadi dukun turun temurun dari nenek moyangnya. Ia dirasuki oleh roh Bayan atau dewa yang dipuja oleh masyarakat.

Hal ini karena soaudaranya Noi menolak menjadi dukun. Akhirnya Nim menjadi medium roh Bayan. Suatu ketika keponakannya mengalami gejala aneh seperti akan menjadi dukun berikutnya, sehingga Nim berusaha memindahkan roh Bayan pada ponakannnya, tapi ditentang oleh Noi. Roh Bayan dinilai sebagai kutukan untuk keluarga tersebut.

6. Sinister, bercerita tentang sebuah keluarga yang pindah ke rumah berhantu

film horor paling seram

Sinister | Foto dari Imdb

Film horor tentang rumah berhantu memang selalu punya sisi menyeramkan tersendiri. Seperti Sinister yang mengisahkan sebuah keluarga penulis bernama Ellison Oswat yang terpakasa membawa anak dan istrinya untuk pindah rumah. Awalnya nggak ada yang aneh dengan rumah yang mereka tinggali, sampai suatu ketika Ellison menemukan sebuah rekaman pembunuhan sadis di rumah tersebut.

Elison sebagai penulis tertarik untuk mencari tahu fakta pembunuhan itu. Sayangnya, tanpa disadari, tindakan Ellison justru membuat keluarganya menjadi target pembunuhan oleh iblis di rumah itu. Sejak saat itu keluarga Ellison dihantui banyak misteri dan membuat mereka pindah rumah, tapi sayangnya iblis itu nggak berhenti mengganggu.

Nah, itulah beberapa film horor yang sama-sama menyeramkan seperti Incantation. Bagi kamu penggemar film horor, wajib banget untuk nonton nih!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE