Mencekam, ini 7 Rekomendasi Film Horor Tentang Gereja. Berani Nonton Sendirian?

Banyak film barat yang mengusung tema horor sebagai daya tarik bagi penonton. Film bertemakan horor memang mayoritas selalu sukses dan mampu menyedot perhatian. Selain setiap adegannya menegangkan, berbagai jump scare pun menambah kengerian yang ada dalam film. Penyajian film horor pun kian beragam. Salah satunya film horor tentang gereja yang membangkitkan suasana mencekam selama ditonton.

Seperti adanya scene pengusiran setan dengan melalui pendeta dari gereja. Selain menjadi hiburan, film horror bertemakan geraja ini juga menambah wawasan kita tentang keberagaman agama. Berikut ini Hipwee merangkum 7 film horro bertemakan gereja yang bisa menambah koleksi cerita horrormu.

Namun karena ada beberapa adegan dewasa dan adegan-adegan ekstrem, disarankan untuk tidak ditonton oleh anak di bawah umur, ya!

ADVERTISEMENT

1. The Exorcist (1973), ritual pengusiran setan oleh imam gereja Katolik

The Exorcist (1973)

Film The Exorcist (1973) | Foto dari IMDb

Film tentang pengusiran setan sudah menjadi ikonik sejak lama. Salah satunya adalah film The Exorcist yang diproduksi pada tahun 1973 ini. Film ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang serupa. Pengarang novel tersebut adalah William Peter Blatty.

Berkisah tentang seorang gadis kecil yang dirasuki oleh sosok setan. Melihat kondisi putrinya tersebut, sang ibu berinisiatif untuk meminta kepada dua orang imam Katolik untuk melakukan ritual pengusiran setan atau eksorsisme demi kesembuhan putrinya.

Film horor nan epik ini dibintangi oleh Ellen Burstyn, Linda Blair, Max von Sydow, Kitty Winn, Lee J. Cobb, Jason Miller dan Mercedes McCambridge. Disutradarai oleh William Friedkin, film The Exorcist ini menjadi salah satu film yang paling banyak mengeruk keuntungan sepanjang sejarah yakni dengan penghasilan US$402, 5 juta.

Karena itu, film ini sempat mendapatkan penghargaan Piala Oscar tahun 1974 dengan dua kategori yaitu Penataan Suara Terbaik dan Penulisan Skenario Adaptasi Terbaik. Meskipun begitu, beberapa negara melarang penayangan film ini karena kengerian dan keseraman yang terlalu ekstrem serta karena alasan agama.

ADVERTISEMENT

2. Constantine (2005), kisah seorang ahli olkutisme

Constantine (2005)

Film Constantine (2005) | Foto dari IMDb

Film yang mengisahkan tentang pahlawan pemberantas hantu ini diperankan oleh aktor kawakan Keanu Reeves. Untuk genre-nya sendiri mengangkat tema superhero-horror. Mungkin memang terdengar unik karena kolaborasi dua genre ini sangat langka dibuat.

Pada film ini, Keanu Reeves berperan sebagai John Constantine yang merupakan seorang ahli olkutisme yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan iblis dan bisa mengusir setan yang merasuki manusia. Selain itu, ada juga tokoh lain seperti Angela Dodson (Rachel Weisz), Chaz Kramer (Shia LaBeouf), Papa Midnite (Djimon Hounsou), dan Beeman (Max Baker).

Cerita ini bermula ketika ada seorang pemulung yang sedang mengais sampah dan barang rongsokan di sebuah gereja yang terlihat tua dan sudah mulai hancur. Ketika sedang memilah sampah, ia menemukan sebuah ujung tombak yang pada saat itu dipercaya sebagai alat untuk menusuk Yesus Kristus. Ketika mengambil ujung tombak itu, pemulung tersebut tiba-tiba kesurupan.

Film Amerika Serikat ini sebenarnya film yang dibuat berdasarkan sebuah komik berjudul Hellblazer. Kemudian film ini dirilis pertama kali di Hong Kong pada 8 Februari 2005. Selanjutnya di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 18 Februari 2005.

ADVERTISEMENT

3. The House At The End of Time (2013), film horor ala Venezuela

The House At The End of Time (2021)

Film The House At The End of Time (2013) | Foto dari IMDb

Film dengan judul asli dalam bahasa Venezuela La Casa Del Fin De Los Tiempos ini disutradarai oleh Alejandro Hidalgo dan ditayangkan pada tahun 2013. Negara Venezuela mungkin tidak pernah terlintas sebagai negara penghasil film horor.

Namun dugaan tersebut dapat dipatahkan karena film The House Ath The End of Time ini cukup dapat diperhitungkan kualitasnya di dunia film horor. Buktinya, film ini dapat diterima di negara asalnya maupun di negara-negara lain.

Film ini diawali dengan seorang ibu yang bernama Dulce (Ruddy Rodriguez) yang mencari keberadaan anaknya yang bernama Leopoldo (Rosmel Bustamante) dan suaminya yang bernama Juan Jose (Gonzalo Cubero) pasca ia terbangun dengan sejumlah luka di wajahnya. Namun, ia menemukan suaminya sudah tidak bernyawa. Ia sempat mendapati anaknya masih hidup namun tiba-tiba saja sesuatu menarik Leopoldo ke dalam kegelapan.

Secara keseluruhan film ini penuh dengan kejutan. Beberapa penghargaan juga pernah disabet film ini seperti sinematografi terbaik di Venezuelan Film Festival of Merida (2013), sutradara terbaik di Screamfest Horror Film Festival (2013), dan film terbaik di Colombia-Venezuela Binational Film Festival (2014).

ADVERTISEMENT

4. The Conjuring (2013), kisah ibu 5 anak yang dirasuki penghuni rumah lama

The Conjuring (2013)

Film The Conjuring (2013) | Foto dari IMDb

Kisah rumah berhantu selalu menarik untuk ditonton seperti cerita di The Conjuring ini. Diperankan oleh aktor dan aktris langganan film horror yaitu Patrick Wilson (Ed Warren) dan Vera Farmiga (Lorraine Warren), film ini sukses menghipnotis para penonton dengan ceritanya yang amat menyeramkan.

Mengisahkan tentang sebuah keluarga yang baru saja pindah ke sebuah rumah yang sudah lama tidak ditempati. Carolyn Perron (Lili Taylor) dan Roger Perron (Ron Livingston) pindah bersama 5 orang anak perempuannya yang cantik dan juga membawa seekor anjing. Sejumlah intimidasi pun bermunculan seperti kematian anjing mereka, jam yang selalu berhenti di pukul 03:07, dan sebagainya.

Gangguan pun semakin intens hingga anak-anak Carolyn dan Ron juga turut mengalami beberapa kejadian yang mengerikan. Melihat gangguan demi gangguan yang kian menyeramkan, Carolyn pun berinisiatif untuk meminta bantuan Ed dan Lorraine untuk datang ke rumahnya.

Disutradarai oleh James Wang, film ini rilis pada tanggal 19 Juli 2013. Dengan meraup keuntungan sebesar US$195.546.000, film ini pun dibuat versi sekuelnya yakni The Conjuring 2 dengan cerita dari keluarga yang berbeda namun tidak kalah seram dengan film sebelumnya. Di The Conjuring 2, terdapat sesosok iblis bernama Valak.

ADVERTISEMENT

5. The Nun (2018), kisah suster dari Roma yang menginvestigasi gereja Rumania

The Nun (2018)

Film The Nun (2018) | Foto dari IMDb

Tidak berbeda dengan The Conjuring 2, film The Nun juga menampilkan iblis bernama Valak tapi dengan latar yang berbeda. Cerita bermula ketika seorang pastor dan novisiat Katolik menemukan sebuah rahasia yang tidak beres di sebuah gereja di Rumania. Dengan latar tahun 1952, film ini membuat kita seolah flashback ke kondisi zaman dulu yang masih jauh dari kata modern.

Dibintangi oleh adik Vera Farmiga yaitu Taissa Farmiga, Bonnie Aarons, Demian Bichir, dan Jonas Bloquet, film berdurasi 96 menit ini mengisahkan tentang Irene yakni seorang suster dari Roma yang diajak oleh Pastor Burke (Demian Bichir) untuk menginvestigasi kejadian di Rumania tersebut.

Disutradarai oleh Corin Hardy, film The Nun ini ending-nya menampilkan Valak yang akhirnya bisa dikalahkan setelah dipercikkan darah Yesus Kristus. Film ini menuai banyak pujian dan berhasil meraih keuntungan sebesar US$309,2 juta.

Walaupun banyak meraup keuntungan, nyatanya film ini tidak lepas dari komentar para kritikus. Warner Bros Pictures mengritik narasi yang kurang menggigit. Selain itu, menurut para kritikus film ini juga sanat tergantung pada jump scare. 

ADVERTISEMENT

6. Saint Maud (2019), pergolakan batin seorang suster yang taat

Saint Maud (2019)

Film Saint Maud (2019) | Foto dari IMDb

Masih tentang kisah seorang suster penganut Katolik yang sangat taat yaitu bernama Suster Katie (Morfydd Clark) yang mengalami perang batin setelah bertemu dengan pasien barunya yang menderita lipoma stadium 4. Ia mengabdikan dirinya sampai mengganti namanya menjadi ‘Maud’.

Namun karena sebuah insiden, Maud terpaksa harus kehilangan pekerjaannya. Insiden tersebut berawal ketika seseorang bernama Amanda mengejek Maud karena dianggap sok suci dan senang mencampuri urusan pribadi Amanda.

Saint Maud diproduksi oleh studio A24 yang terkenal dengan film-film terbaiknya seperti Hereditary dan Midsommar. Disutradarai oleh Rose Glass, film ini tayang pertama kali di Toronto International Film Festival pada 8 September 2019.

Sedangkan di UK, film ini baru tayang pada 9 Oktober 2020 kemudian di Amerika Serikat tanggal 12 Februari 2021. Penundaan yang cukup lama tersebut karena saat itu masih dalam kondisi pandemi dan industri film cukup kesulitan untuk menayangkan film.

7. The Unholy (2021), tentang misteri di balik mukjizat

The Unholy (2021)

Film The Unholy (2021) | Foto dari IMDb

Film horor supranatural The Unholy merupakan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul Shrine karya James Herbert. Diproduksi oleh Ghost House Pictures, film berdurasi 99 menit ini tayang di Amerika Serikat pada 9 April 2021.

The Unholy mengisahkan tentang misteri dari mukjizat seorang Alice (Cricket Brown) yang konon bisa bertemu dan berkomunikasi dengan Perawan Maria. Alice merupakan seorang remaja tunarungu dan tiba-tiba diberikan kesembuhan setelah bertemu dengan Perawan Maria.

Setelah diberi mukjizat tersebut, Alice konon jadi bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan orang-orang pun berbondong-bondong datang kepada Alice. Hal tersebut didengar oleh gereja Katolik dan utusan yang bernama Monsinyur Delgarde dan dibantu dengan Uskup Gyles pun datang untuk menyelidiki Alice.

Film ini disutradarai oleh Evan Spiliotopoulus yang baru saja memulai debutnya sebagai sutradara film. Secara garis besar film ini terlihat menarik namun berdasarkan review, ending film ini dirasa agak mengecewakan. Namun dari segi jump scare, film ini dinilai cukup menegangkan.

Itu dia 7 rekomendasi film bertemakan gereja yang bisa kamu tonton. Film horror selalu menyuguhkan cerita-cerita baru yang tidak hanya seram dan menegangkan tapi juga mengandung nilai-nilai religius di dalamnya. Dunia manusia memang tidak bisa dipisahkan dari sesuatu yang gaib, tapi itu kembali ke kepercayaan masing-masing, ya!

Di antara film-film di atas, apa saja yang sudah kamu tonton? Kalau kamu punya rekomendasi film yang lainnya, boleh banget loh sharing di sini. Selamat menonton!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Introvert

Editor

Writing...