Serba-serbi Veronica, Film Horor yang Diklaim Paling Seram Sepanjang Masa. Berani Nonton?

Dari sekian banyak film horor yang berhasil diproduksi sampai saat ini, pernah nggak sih kamu bertanya film mana yang cocok mendapat predikat paling menyeramkan? Ya, meskipun penilaian tersebut subjektif banget, rasanya kalau sempat ada yang berani memberikan julukan itu kepada sebuah film, besar kemungkinan bakal langsung jadi pusat perhatian publik.

Advertisement

Seperti film Veronica yang baru-baru ini kembali ramai diperbincangkan di media sosial. Film besutan Netflix ini dikalim sebagai “film paling menakutkan yang pernah ada” oleh platform itu sendiri. Nggak sampai di situ, berdasarkan data, Netflix juga menyebut hanya 1 dari 100 orang penontonnya yang berhasil menonton film ini sampai selesai. Hmm, sekilas kedengaran seperti trik marketing belaka, ya.

Hipwee bakal memberi kebebasan buat kamu menilai klaim Netflix tersebut, ya guys! Namun sebelum itu, simak dulu deretan fakta yang perlu kamu tahu tentang film Veronica yang perlu kamu ketahui. Simak sampai habis, ya!

1. Kisah nyata sebagai inspirasi jadi daya tarik tersendiri buat film ini. Seram dan mencekamnya berlipat-lipat nih~

Veronica

Veronica | Credit: YouTube TRAILER CITY

Kisah nyata yang menjadi inspirasi dari pembuatan Veronica kabarnya jauh lebih mengerikan daripada filmnya. Kisah tersebut terjadi di Vallecas, kota pinggiran Madrid, Spanyol pada tahun 1991. Adalah seorang gadis remaja berusia 18 tahun bernama Maria Estefania Gutierrez Lazaro yang pada awal 1990 bertingkah aneh nggak seperti biasanya. Dia menjadi suka berhalusinasi, mengalami kejang, marah tanpa sebab, menggonggong hingga mendesis, dan mengatakan kepada anggota keluarganya bahwa ia melihat bayangan hitam.

Advertisement

Dokter yang menangani Estefania nggak menemukan keanehan fisik dan mental pada gadis itu. Namun, sejak saat itu kesehatan Estefania menurun hingga akhirnya ditemukan tak bernyawa di tempat tidurnya pada 1991. Usut punya usut, pejabat sekolah Estefania memberi tahu kedua orang tuanya bahwa sang anak sering bermain pemanggilan arwah dengan papan Ouija bersama beberapa temannya. Estefania sendiri disebut ingin membantu temannya untuk memanggil arwah pacarnya yang meninggal akibat kecelakaan motor.

Saat pemujaan itu berlangsung, teman-temannya melihat kepulan asap hitam misterius di atas papan lalau membubung ke arah Estefania dan dia menghirupnya melalui hidung dan mulut.

2. Awalnya ingin memanggil arwah mendiang kekasih teman Veronica, papan Ouija justru memanggil arwah lain

Veronica | Credit: YouTube TRAILER CITY

Advertisement

Dalam filmnya, Veronica diceritakan main Ouija bersama dua temannya. Permainan ini sejenis dengan jelangkung kalau di Indonesia. Mereka awalnya bermaksud memanggil arwah sang ayah yang telah meninggal dan kekasih Diana, salah satu dari teman Veronica. Namun justru arwah makhluk lain yang menari-nari di atas papan Ouija mereka. Di tengah ritual, Veronica pun mendadak berteriak dan pingsan.

Sejak saat itu, deretan hal ganjil mulai mengikuti hidup Veronica bahkan sampai membahayakan adiknya. Mulai dari bercak aneh di tempat tidur hingga seorang teman yang bilang kalau Veronica pernah mencekiknya padahal Veronica merasa nggak pernah melakukan itu.

3. Veronica berhasil sabet sejumlah penghargaan. Makin meyakinkan buat ditonton nggak sih?

Veronica | Credit: IMDb

Sambutan hangat dari banyak penonton nyatanya membawa film Veronica meraih sejumlah penghargaan di dunia perfilman. Film ini setidaknya berhasil menyabet lima penghargaan mulai dari Goya Award 2018 untuk kategori Best Sound, Cinema Writers Circle Awards 2018 untuk kategori Best Editing dan Best New Actress.

Selanjutnya, Veronica dicatat memenangkan kategori Special Award dan Best New Actress di ajang Turia Award 2018.

4. Meskipun disebut sebagai film terhoror, Veronica ternyata hanya mampu mendapat rating 6,2/10 di IMDb

Veronica | Credit: YouTube TRAILER CITY

Kalau kamu tipe penonton yang mementingkan rating sebuah film, mungkin poin keempat ini bisa jadi pertimbangan sebelum akhirnya menonton Veronica. Di laman IMDb, film ini mendapat rata-rata penilaian 6,2 dari 10 dari total 43 ribu orang yang ngevote. Meskipun rating memang bersifat subjektif, berbagai sumber mencatat kalau Veronica mendapat sambutan hangat dari para penonton Netflix.

Nah, itulah sejumlah fakta tentang film Veronica. Film ini pertama kali tayang pada Februari 2017 di Festival Film Toronto. Secara umum, film ini banyak meninggalkan after feeling yang kurang nyaman berkat adegannya yang mencekam. Gimana, tertarik menonton Veronica?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE