Demam drama India sepertinya sedang menjangkit sebagian besar masyarakat Indonesia Bagian Depan TV alias ibu-ibu yang menggandrungi drama India setiap harinya. Tapi, nggak menutup kemungkinan kalau kamu juga salah satu penggemar drama India (hayo ngaku!). Dengan tarian dan nyanyian yang khas, industri film di India memang sangat berkembang. Untuk menandingi Hollywood-nya Amerika, India punya Bollywood yang tak kalah seru.

Film-film India yang jarang bisa masuk ke bioskop Indonesia tersebut sebenarnya juga layak untuk kamu tonton. Selain serial drama India yang ada televisi, film-film India berikut layak kamu tonton.

1. Slumdog Millionaire kisah remaja miskin yang mampu memenangkan kuis berhadiah satu miliar.

Mo

Keberuntungan membawanya menjadi jutawan! via cinemaudy.blogspot.com

Advertisement

Bercerita tentang Jamal, seorang anak yatim dari kawasan kumuh India yang tumbuh di kerasnya kehidupan jalanan. Kecerdikan (sering kali keberuntungan) membawanya tampil ke depan kamera untuk ikut kuis berhadiah jutaan Rupee. Dalam film ini akan dikisahkan bagaimana Jamal  menjawab soal-soal pengetahuan umum di kuis tersebut dengan memori dari masa lalunya yang kelam. Menontonnya membuat perasaanmu diaduk-aduk sekaligus tegang. Selain penuh drama, kamu juga akan dibawa pada adegan action yang (kurang lebih) mencekam.

Tak seperti drama India yang banyak beredar, film ini nggak banyak tari-tarian. Kalau pun ada itu cuma di akhir cerita. Menonton film ini akan membuka pandanganmu tentang India yang mungkin dalam pikiranmu hanya penuh dengan cerita Mahabarata saja.

2. Kisah mahasiswa teknik yang kocak dalam 3 Idots cocok buat kamu yang ingin dikocok perutnya.

Tontonan wajib anak teknik!

Tontonan wajib anak teknik! via melikesart.blogspot.com

Kamu yang anak teknik sepertinya wajib hukumnya nonton film berjudul 3 Idiots. Film ini berkisah tentang tiga mahasiswa yang jadi sahabatan karena tinggal di satu asrama dalam universitas teknik. Universitas yang terkenal dengan profesornya yang killer tersebut kerap kali dibuat kacau dengan tiga mahasiswa yang bengal namun juga cerdas.

Advertisement

Dalam film ini kita diajak melihat bahwa pendidikan seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan bukan menyeramkan. Pokoknya film ini benar-benar ngajak anak muda untuk bekerja mengikuti passion bukan sekedar ikut-ikutan.

3. My name is Khan dan dia bukanlah seorang teroris…

Akting Syahrukhan dalam My Name is Khan

Akting Shahrukh Khan dalam My Name is Khan via jaggerylit.com

Diperankan oleh Shahrukh Khan, film ini benar-benar layak untuk kamu tonton. Bercerita tentang seorang pemuda autis beragama muslim yang tinggal di Amerika. Dia sering dianggap ‘aneh’ karena namanya Khan dan identik dengan muslim. Dengan kebaikan perilakunya dia berusaha meyakinkan sekitarnya bahwa Islam bukanlah agama teroris.

Di film ini, Sarukhan juga kembali main dengan Kajol alias si Anjeli di Kuch Kuch Hotahai. Selain ceritanya yang layak kamu renungkan, kamu akan dibuat haru di setiap adegannya. Siap-siap tisu yang banyak kalau nonton film ini.

4. Taare Zamen Par, menegaskan kalau anak yang nggak pintar secara akademik bukan berarti bodoh!

Gurunya ganteng gini, jadi semangat deh!

Gurunya ganteng gini, jadi semangat deh! via imgkid.com

Seperti bintang-bintang di langit, begitulah terjemahan judul film ini. Mungkin maksudnya, setiap anak punya kilaunya sendiri, seperti pesan yang tersirat di film ini. Film ini menceritakan seorang anak yang sangat lemah secara akademik di sekolahnya. Enggak bisa baca, tulis, apalagi berhitung. Orang tua si anak pun memindahkannya ke sekolah asrama yang lebih ketat. Tapi, bukannya berubah, si anak malah lebih kesulitan. Untungnya, dia bertemu seorang guru yang bisa membimbingnya perlahan-lahan. Di akhir, kita akan dibuat takjub karena si anak yang dianggap bodoh ini punya keterampilannya sendiri.

5. Life of Pi yang mengisahkan perjalanan (baca: terombang-ambingnya) Pi di laut bersama seekor harimau bernama Richard Parker.

Berlayar bersama seekor harimau, gimana rasanya ya?

Terdampar bersama seekor harimau, gimana rasanya ya? via www.pinterest.com

Berkisah tentang Pi, seorang anak yang selalu dicela karena namanya yang aneh. Keluarga Pi memiliki kebun binatang di India. Namun, karena bangkrut, keluarganya memutuskan pindah ke Amerika dengan kapal kargo dan membawa serta binatang yang ada di kebun binatangnya. Pada saat perjalanan, kapal yang dia tumpangi tenggelam dan penumpangnya harus menyelamatkan diri dalam sekoci. Karena ombak yang terus datang, keluarga Pi tak selamat dan dia di sekoci sendirian, setidaknya begitu dia kira awalnya.

Tak berapa lama Pi sadar bahwa dia tak sendiri. Ada seekor harimau dari kebun binatangnya ada di dalam sekoci itu. Sepanjang film, kamu akan dibuat deg-degan sekaligus tertawa dengan petualangan Pi yang menyusuri laut dengan sekoci bersama seekor harimau ini. Apakah Pi berhasil selamat? Bukan itu tujuan yang ingin disampaikan film ini. Lebih dalam lagi, di akhir cerita kamu akan diajak berpikir tentang akhir kehidupanmu.

6. PK atau Alien yang mencari Tuhan.

Aamir Khan ini mungkin semacam Reza Rahadian kalau di Indonesia

Aamir Khan ini mungkin semacam Reza Rahadian kalau di Indonesia via lyricspoint.in

Belum terlalu lama dirilis film PK ini kocak sekaligus bikin kamu sadar. Guyonan-guyonan satir mengajak penonton untuk paham makna Sang Pencipta sebenarnya. Meski filmnya cukup panjang, kamu nggak akan bosan. Hampir selama dua jam itu perutmu dikocok habis saking lucunya.

Bercerita tentang mahkluk planet lain yang mendarat di Bumi dan dia tidak bisa pulang karena alat komunikasinya dicuri orang. Ketika meminta bantuan pada orang sekitar mereka menyarakan untuk memintanya pada Tuhan. Dengan jawaban itu, dia pun memulai petualangannya mencari keberadaan Tuhan. Supaya nggak banyak spoiler yang dituliskan di sini, sebaiknya kamu langsung nonton aja sendiri filmnya!

Beberapa film India di atas adalah beberapa contoh film India yang bukan hanya bagus karena penuh drama tapi juga menyampaikan pesan yang penuh makna. Apa kamu sudah pernah nonton? Kalau film India favorite kamu apa?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya