5 Film Bertema Kesetaraan Gender yang Wajib Kamu Tonton. Perjuangan Perempuan nih!

Film kesetaraan gender

Menjalani hidup sebagai seorang perempuan di dunia ini tentu bukanlah suatu persoalan yang mudah. Apalagi jika melihat budaya yang sejak dulu menganggap bahwa kaum perempuan adalah makhluk yang posisinya berada di bawah kaum laki-laki. Hal tersebut membuat para perempuan di dunia ini terbatasi ruang geraknya dalam hal apapun. Mulai dari pekerjaan, kehidupan sosial, hingga hal-hal penting lainnya.

Advertisement

Sebenarnya berbagai macam bentuk perjuangan pun udah banyak dilakukan. Nyatanya sampai sekarang, tetap aja kaum perempuan masih sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Bentuk perjuangan tersebut di zaman yang modern ini bentuknya pun bermacam-macam banget, salah satunya adalah bersuara melalui film. Iya, melalui lima film bertemakan tentang kesetaraan gender di bawah ini kamu mungkin bisa merasakan bagaimana bentuk perjuangan dan apa yang sebenarnya mereka hadapi atau mereka rasakan di dunia ini.

1. Kita berangkat dari film Indonesia dulu deh, ada sebuah film tentang perjuangan perempuan yang berjudul “3 Srikandi”

Film 3 Srikandi / Credit: Hardrockfm via hardrockfm.com

Disutradarai oleh Iman Brotoseno, film tahun 2016 yang dimainkan oleh Tara Basro, Chelsea Islan, dan juga Bunga Citra Lestari ini mengisahkan tentang 3 atlet panahan asal Indonesia yang berhasil menyabet medali pertama di ajang olimpiade. Lewat film ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa nggak selamanya perempuan itu harus duduk dan berpangku tangan. Hal yang menarik pada film ini adalah bagaimana akting tiga perempuan tersebut yang sebelumnya memang terkenal sering lalu-lalang memainkan berbagai macam peran dalam banyak film. Seriusan, keren banget!

2. Jangan lewatkan juga “Hidden Figures”, film Amerika tentang perjuangan perempuan kulit hitam

Hidden Figures / Credit: Theithacan via theithacan.org

Menjadi perempuan aja udah nggak mudah, ditambah lagi dengan kulitnya yang berwarna hitam, udah pasti numpuk-numpuk diskriminasi yang diterimanya. Hal itu seperti yang diceritakan dalam film Amerika tahun 2016 berjudul “Hidden Figures”. Lewat cerita yang diperankan oleh 3 sosok perempuan dalam film ini, kamu bakal paham bagaimana nasib perempuan di dunia sains dan teknologi yang sampai saat ini didominasi oleh kaum laki-laki.

Advertisement

3. Siapa bilang menjadi ibu itu persoalan gampang? Coba deh nonton film berjudul “Tully”

Tully / Credit: Wweek via www.wweek.com

Kalau sampai saat ini kamu masih beranggapan bahwa menjadi seorang ibu itu adalah persoalan yang sepele, sepertinya ada yang salah dengan pola pikirmu. Nggak percaya? Coba deh tonton gimana realita menjadi seorang ibu lewat film berjudul “Tully”. Sebuah film yang mengisahkan ibu dengan 3 orang anak dan bagaimana intrik, stres, serta kelelahannya yang luar biasa. Percayalah, setelah nonton film yang satu ini, kamu bakal semakin paham kenapa menjadi seorang ibu bukanlah persoalan yang bisa dibilang gampang, sekalipun itu ibu rumah tangga yang kerap dipandang sebelah mata.

4. Bosan sama film biasa? Coba aja beralih ke film animasi berjudul “Brave”

Brave / Credit: Intofilm via www.intofilm.org

Sebagai salah satu film animasi yang menyuarakan tentang keseteraan gender, “Brave” ini mungkin juga bisa menjadi alternatif kalau kamu bosan nonton film biasa. Film yang dirilis pada tahun 2012 ini menceritakan tentang seorang perempuan yang merupakan putri Raja Fergus dan Ratu Elinor di Skotlandia sebagai pemanah ulung. Dirinya ingin membuktikan kemampuannya meski pada akhirnya harus melanggar peraturan dan tradisi keramat para Dewa. Relate banget nih sama kehidupan perempuan zaman sekarang.

5. Terakhir adalah “Bombshell”, film perjuangan para perempuan untuk melawan skandal yang menimpa mereka

Advertisement

Bombshell / Credit: Popbela via www.popbela.com

Pernah mendengar kisah skandal yang terjadi di Fox News dan Fox Television Stations? Skandal yang dilakukan oleh mantan chairman dan CEO mereka Roger Ailes itu dikisahkan dalam sebuah film yang dirilis pada tahun 2019 berjudul “Bombshell”. Sebuah film yang bercerita tentang beberapa perempuan yang pada akhirnya berjuang menjatuhkan sosok besar yang merugikan mereka. Epik banget sih ini!

Ikuti Instagram @wolesjon biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE