7 Rekomendasi Film Korea Bertema Bencana Alam, Seru dan Menegangkan!

Siapa yang gemar menonton film Korea? Tidak hanya memproduksi drama, industri hiburan Korea juga sering membuat film-film menarik dengan berbagai genre dan tema yang seru, salah satunya adalah tema bencana alam yang mampu membuat penontonnya merasakan aura ketegangan saat menyaksikan tiap adegannya.

Advertisement

Film Korea bertema bencana alam menjadi salah satu jenis film yang banyak diminati dan mampu membuat penontonnya terbawa suasana. Efek CGI yang disuguhkan mampu membuat penonton hanyut ke dalam film seolah merasakan langsung bagaimana suasana mencekam dalam film tersebut.

Biasanya, film Korea bertema bencana alam ini akan menyajikan cerita mengenai sebuah bencana yang diakibatkan dari suatu kecelakaan serius maupun adanya faktor alam yang tidak terduga.

Berikut rekomendasi film Korea bertema bencana alam yang tidak boleh Sobat Hipwee lewatkan!

Advertisement

1. Pandora (2016)

Pandora

Pandora | Credit: IMDb

Film Pandora ini menceritakan tentang kebocoran nuklir akibat adanya gempa bumi. Pandora mengisahkan tentang Kang Jae-hyuk (Kim Nam-gil) yang merupakan seorang mekanik di sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir yang telah bekerja selama bertahun-tahun lamanya.

Meskipun sudah lama bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut, namun Jae-hyuk memiliki keinginan untuk mengundurkan diri dan ia ingin bekerja pada kapal penangkap ikan. Sayangnya, tidak ada yang mendukung keinginan Jae-hyuk ini dan banyak orang yang menganggap remeh soal keinginannya.

Hingga suatu hari, terjadilah bencana gempa bumi yang menyebabkan reaktor nuklir menjadi terlalu panas hingga menewaskan para pekerja bawah tanah. Akibat dari peristiwa ini, seluruh kota berada dalam bahaya karena terkena radiasi dari nuklir tersebut.

Advertisement

2. The Flu (2013)

Film The Flu

The Flu | Credit: IMDb

Film yang tayang pada tahun 2013 ini, merupakan film yang bercerita tentang mewabahnya virus H5N1 atau dikenal sebagai flu burung. Mulanya, wabah virus ini ditemukan di kota Bundang, Seongnam.

Banyak warga yang menganggap bahwa flu ini merupakan flu biasa yang dapat sembuh dengan cepat. Namun, dugaan mereka salah, sebab banyak warga yang harus meregang nyawa usai terpapar virus H5N1 ini.

Cerita bermula saat para imigran gelap membawa sebuah virus H5N1 di dalam sebuah kontainer. Virus ini membuat hampir seluruh orang di dalam kontainer meninggal dunia, terkecuali satu orang yang diketahui sebagai pembawa virus tersebut.

Hingga pada akhirnya, virus ini menyebar dengan cepat dan menginfeksi seluruh kota serta menjangkiti sebuah negara. Akibat dari adanya wabah virus ini, banyak warga yang meninggal dunia.

Film ini juga dinilai sangat mirip dengan kondisi pandemi Covid-19. Padahal film ini telah tayang sejak tahun 2013, jauh sebelum adanya wabah pandemi Covid-19 di dunia.

3. Emergency Declaration (2021)

Emergency Declaration

Emergency Declaration | Credit: AsianWiki

Emergency Declaration menceritakan sebuah bencana yang diakibatkan dari kecelakaan pesawat terbang. Film ini bermula saat sebuah pesawat yang ditumpangi oleh banyak penumpang dan para kru pesawat ini mulai tidak terkendali, sehingga membuat banyak penumpang merasa panik dan berteriak histeris. Seluruh orang yang ada di dalam pesawat ini berada dalam kondisi antara hidup dan mati.

Ketegangan yang terjadi di dalam pesawat bermula saat pesawat telah lepas landas dari Incheon menuju Hawaii. Namun ditengah-tengah perjalanan, tiba-tiba ada seorang pria yang meninggal dunia dengan penyebab yang misterius. Para penumpang menduga bahwa ada hal yang tidak beres dan disembunyikan di dalam pesawat ini.

Selain menegangkan, film ini juga menjadi tontonan yang edukatif karena menunjukkan bagaimana sikap yang harus diambil saat kita berada dalam kondisi yang menegangkan seperti ini.

4. Sinkhole (2021)

Film Sinkhole

Sinkhole | Credit: IMDb

Sinkhole menceritakan tentang sebuah rumah baru yang ambruk saat sedang digelarnya acara syukuran dalam rangka pemilik rumah baru bisa mempunyai rumah sendiri. Rumah tersebut ambruk dan terperosok ke dalam sebuah lubang yang cukup besar dan diketahui lubang tersebut merupakan lubang pembuangan. Akibatnya, beberapa rekan dan tetangga dari pemilik rumah yang turut terjebak dalam lubang besar tersebut.

Meski film ini termasuk ke dalam film bencana alam yang menegangkan, namun film ini juga menyajikan beberapa adegan komedi yang mampu cukup penontonnya.

5. Ashfall (2019)

Film Ashfall

Ashfall | Credit: IMDb

Film Ashfall ini menceritakan tentang letusan gunung berapi yang menyebabkan berbagai kekacauan. Kekacauan tersebut terjadi saat gunung Baekdu meletus, yakni gunung berapi aktif yang berada di perbatasan China dan Korea Utara.

Seorang profesor peneliti gunung tersebut telah mengimbau bahwa gunung ini akan meletus dalam tempo maksimal tiga tahun terakhir. Sayangnya, imbauan dari profesor tersebut diabaikan. Jika prediksi letusan gunung Baekdu tersebut benar-benar terjadi, maka akan banyak kekacauan yang terjadi di sekitar lokasi gunung api, salah satunya di semenanjung Korea.

Untuk meminimalisir kekacauan, pemerintah pun meminta profesor tersebut untuk mencari solusinya agar kekacauan yang terjadi dapat diminimalisir.

6. Haeundae (2009)

Haeundae

Haeundae (Tidal Wave) | Credit: IMDb

Film Haeundae atau yang disebut juga Tidal Wave ini menceritakan tentang bencana tsunami yang terjadi di Haeundae, sebuah distrik di kota Busan, atau lebih tepatnya di pantai Laut Timur.

Seorang warga yang berprofesi sebagai pedagang, menemukan tanda-tanda bahwa akan terjadi tsunami di pantai itu. Namun, Badan Pencegahan Bencana menyebut bahwa tidak ada tanda-tanda bencana yang akan datang. Kenyataannya, dalam waktu 10 menit gelombang tsunami tersebut menggulung seluruh pesisir pantai hingga menyapu area daratan.

Ketegangan dari film ini ditunjukkan oleh para karakter pemainnya yang saling bahu membahu untuk menyelamatkan diri dari terjangan air laut. Sebab, jika terlambat dan salah langkah dalam menyelamatkan diri, maka nyawa mereka pun akan melayang.

7. The Tunnel (2016)

The Tunnel

The Tunnel | Credit: IMDb

Film yang mengusung genre thriller ini menceritakan tentang seseorang yang berusaha untuk bertahan hidup di tengah reruntuhan terowongan dalam kondisi gelap gulita.

Lee Jung-soo (Ha Jung-woo) saat itu tengah melakukan perjalanan pulang dan harus melewati sebuah terowongan. Naas, saat sedang berada di dalam terowongan, terjadilah gempa bumi yang mengakibatkan runtuhnya terowongan tersebut. Ia pun terjebak hingga berhari-hari lamanya di dalam terowongan karena sulit untuk tidak ada jalan keluar.

Dalam kondisi yang menegangkan seperti ini, Jung-soo harus berusaha untuk bertahan hidup dengan mengandalkan air minum dan makanan seadanya. Selama masa pencarian, Jung-soo sulit ditemukan karena luasnya area terowongan. Bahkan, tidak sedikit yang mengira bahwa Jung-soo telah tewas dalam tragedi mengerikan ini.

Nah, itu tadi rekomendasi film Korea bertema bencana alam. Dari sekian banyak rekomendasi, mana yang menjadi film favorit Sobat Hipwee?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE