Film Perbudakan Modern yang Wajib Banget Kamu Tonton. Bikin Sedih!

Lewat film ini kita bisa mengerti gimana kejamnya praktik perbudakan

Bupati Langkat beberapa waktu ini jadi buah bibir warganet. Bukan soal korupsi saja, bak seperti dalam film, bupati Langkat diduga melakukan praktik perbudakan modern. Pasalnya, diketahui bahwa sang bupati memiliki kerangkeng berisikan sejumlah orang di dalamnya. Dikabarkan bahwa terdapat setidaknya 27 orang di dalam kerangkeng tersebut.

Advertisement

Tentu saja fakta mengejutkan yang ditemukan ini membuat banyak orang kaget. Pasalnya, perbudakan modern merupakan kejahatan kemanusiaan yang sangat dikecam oleh masyarakat dunia. Mencuatnya kabar buruk dari sosok bupati yang satu ini mengingatkan kita pada sebagian film yang menceritakan tentang praktik perbudakan di era modern. Hipwee Hiburan sudah merangkum rekomendasi film tentang perbudakan modern yang bisa kamu tonton. Yuk langsung simak aja!

1. Girl Model

Girl Model/Credit: Sundance Institute

Pertama ada film “Girl Model”. Film ini bercerita tentang seorang agen model bernama Ashley. Film ini bercerita saat ia merekrut gadis-gadis muda di Siberia untuk ikut bersamanya menjadi seorang model di Jepang. Dalam film ini, terungkap fakta bahwa ada banyak model yang sebenarnya terjebak rayuan manus agen model.

2. Born into Brothels

Born Into Brothels/Credit: Sundance Institute

“Born into Brothels” mungkin jadi film tentang perbudakan modern yang harus kamu saksikan. Film ini merupakan hasil upaya dari fotografer dokumenter Zana Briski yang berpetualang ke kehidupan kota yang terkenal karena prostitusinya. Ia dipandu oleh anak-anak, kemudian sebagai gantinya ia mengajarkan mereka tentang seputar teknik fotografi. Hasilnya, para anak-anak di kota kumuh tersebut mendokumentasikan kehidupan mengerikan yang melingkupi mereka.

Advertisement

3. Stand With Sanju

Stand With Sanju/Credit: Sundance Institute

Ada pula film pendek animasi berjudul “Stand With Sanju”. Film ini bercerita tentang perbudakan anak di industri karpet. Meski film ini berdurasi pendek, kamu bisa merasa tersentuh saat menontonnya. Selain menceritakan kisah Sanju, film ini juga mengajak semua orang untuk menghentikan praktik mempekerjakan anak ini.

4. The Storm Makers

Kamboja/Credit: Sundance Institute

“The Storm Makers” merupakan film yang mengisahkan kekejaman perdagangan manusia di negeri Kamboja. Film rilisan tahun 2014 ini disuguhkan dengan beberapa testimoni menyedihkan dari para korban secara natural dan candid. Kamu akan menemukan banyak sekali fakta menyedihkan di film ini

5. Private Violence

Private Violance/Credit: Sundance Institute

Kalau kamu suka film berbau misteri, “Private Violence” mungkin bisa menjadi pilihan tontonan yang menarik. Film ini sendiri bercerita tentang upaya seorang ibu yang kehilangan nyawa anaknya untuk mencari keadilan. Hal ini kemudian semakin menjauh dengan fakta tragis perempuan di Amerika Serikat yang sering mendapat kekerasan domestik.

Advertisement

6. Traces of the Trade

Traces of the Trade/Credit: Kanopy

“Traces of the Trade” adalah Film yang bercerita tentang kisah seseorang pria yang melacak jejak leluhurnya yang terkenal sebagai pedagang budak terbesar di Amerika Serikat. Film ini kemudian membuka mata banyak orang tentang bagaimana sejarah perbudakan terjadi di negeri Paman Sam pada masa silam

7. 7 Prisoners

7 Prisoners/Credit: Netflix

Terakhir ada film “7 Prisoners”. Film ini sebenarnya dikemas dengan bentuk film laga. Ceritanya tentang seorang pria yang diberi janji pekerjaan yang layak namun malah dijebak dan dipekerjakan seperti budak. Secara spesifilk “7 Prisoners” menyoroti isu perdagangan manusia yang ada di Brazil.

Nah, itu dia beberapa film tentang perbudakan modern yang harus kamu tonton. Film-film di atas mengajarkan kita untuk melawan dan menghentikan semua perbuatan yang bersinggungan dengan perbudakan-perbudakan modern hari ini. Selain itu film tersebut juga membuka mata kita untuk menyadari bahwa perbudakan modern masih ada di dunia kita.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE