5 Rekomendasi Film Tentang Polisi Korup dan Bermasalah. Tenang, ini Polisi Luar Negeri kok~

Film tentang polisi korup

Nggak dimungkiri bahwa banyak banget orang-orang di luar sana yang mengidolakan dan ingin menjadi seorang polisi. Sosok pengemban hukum yang memiliki jiwa patriot, rasa nasionalisme tinggi, dianggap sebagai pihak yang memberikan rasa aman kepada masyarakat, hingga citra keren yang melekat memang menjadi poin tersendiri bagi masyarakat luas. Sayangnya, pihak yang seharusnya memberikan perlindungan kepada masyarakat itu dalam kenyataannya nggak jarang malah bertindak sebaliknya.

Advertisement

Mulai dari kasus korupsi, keterlibatan dalam organisasi kejahatan, hingga hal-hal lainnya yang intinya sama-sama bermasalah. Tapi, tenang, ini nggak ngomongin tentang polisi Indonesia kok. Nah, beberapa kasus seputar polisi-polisi bermasalah tersebut bisa kita tonton dalam beberapa film di bawah ini. Serem juga sih kalau lihat orang yang dikasih wewenang khusus, tapi disalahgunakan kayak gini.

1. “Training Day”, film keluaran tahun 2001 tentang kisah polisi korup yang menunjukkan bagaimana dunia kepolisian yang jarang diketahui orang

Training day / credit: Primevideo

Dibintangi oleh aktor kawakan Denzel Washinton, “Training Day” yang dirilis pada tahun 2001 ini mengisahkan tentang petugas polisi divisi narkoboy di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada film ini, kamu akan melihat Denzel yang biasanya berperan sebagai sosok baik hati menjadi polisi yang penuh dengan masalah.

Kisahnya berkutat tentang Jake yang diperankan oleh Ethan Hawke ketika berpindah tugas ke Los Angeles dan menjadi rekan patroli Alonzo yang diperankan oleh Denzel. Namun, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan bagaimana liciknya Alonzo ini sebagai polisi.

Advertisement

2. “The Departed”, sisi gelap hubungan antara polisi dan organisasi kejahatan

The Departed / Credit: Film affinity

Kita masuk ke tahun 2006, film dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Mark Wahlberg, Martin Sheen, dan Alec Baldwin ini membuka mata banyak orang bagaimana sisi gelap dunia kepolisian. Ceritanya berkutat tentang kepolisian Massachusetts yang tengah meningkatkan perang melawan mafia Irlandia. Namun, rupanya pihak mafia jahat itu berhasil menyusupkan anggotanya untuk menjadi anggota polisi di tempat itu. Sebaliknya, pihak kepolisian berhasil menyamar menjadi salah satu anggota gangster tadi. Selain bertabur bintang, film ini juga penuh kejutan lo!

3. Kisah tentang polisi bermasalah yang dibumbui kasus rasisme memang bukan isapan jempol semata. Kamu bisa menontonnya pada film berjudul “Fruitvale Station”

Fruitvale Station / Credit: Movfreak

Film “Fruitvale Station” bisa dibilang sebagai salah satu film terbaik tentang polisi bermasalah yang dirilis pada tahun 2013. Diangkat dari kejadian nyata, film ini menceritakan tentang tragedi penembakan seorang pemuda kulit hitam bernama Oscar Grant yang diperankan oleh Michael B. Jordan. Kejadian itu benar-benar terjadi di stasiun Fruitvale pada tahun 2009 silam. Hingga sekarang, kebencian terhadap orang berkulit hitam masih kerap terjadi di banyak negara. Dijamin nggak bisa kalau nggak kesel setelah nonton ini.

4. “Black and Blue”, lika-liku drama seorang polisi pemula

Black and Blue / credit: Nytimes

Meskipun ceritanya klasik, film yang satu ini layak mendapat perhatian. Film “Black and Blue” menceritakan tentang seorang polisi bernama Alicia West yang baru saja direkrut oleh pihak kepolisian New Orleans. Namun, dalam tugasnya sebagai polisi yang masih seumur jagung itu, dia harus dihadapkan dengan kenyataan untuk menjadi saksi pembunuhan yang dilakukan oleh rekan kerjanya sendiri kepada seorang pengedar narkoboy. Intinya sih tentang polisi jahat dan polisi baik gitu deh, tonton sendiri aja, ya~

Advertisement

5. Terakhir, “The Trial of Chicago 7”. Wajib banget nonton nih!

The Trial of Chicago 7 / Credit: Imdb

Kalau kamu suka dengan film-film dunia kepolisian yang nggak banyak orang tahu, film ini mungkin cocok buatmu. “The Trial of Chicago 7” berkisah tentang persidangan Chicago Seven. Istilah Chicago Seven merupakan tujuh orang (tadinya delapan) yang dianggap memicu kerusuhan demonstrasi pada saat Konvensi Nasional Demokrat tahun 1968 di Chicago.

Mengingat kondisi Indonesia saat ini, sepertinya film ini bakalan relate bagi banyak orang. Apalagi beberapa saat lalu sempat terjadi arus demonstrasi besar-besaran di Indonesia. Nah, film ini akan memberikan kita gambaran bagaimana demonstrasi itu memang penting banget untuk proses demokrasi. Sedangkan, di sisi lain kita akan disuguhkan kenyataan bagaimana dunia kepolisian menanggapi kejadian-kejadian semacam ini.

Meski memang nggak semua polisi memiliki sifat jahat, nggak mengubur kenyataan yang terjadi di dunia ini bahwa banyak kepolisian di berbagai negara menyimpan sisi gelapnya masing-masing. Kalau Indonesia mah kayaknya ayem-ayem aja sih, isinya polisi baik semua kok. 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE