11 Film yang Menceritakan Ganasnya Suporter Fanatik dalam Sepak Bola. Anak Bola Wajib Nonton!

Film tentang suporter sepak bola

Nggak ubahnya sebuah hubungan cinta yang kompleks, sepak bola sampai kapan pun nggak akan pernah bisa dipisahkan dengan yang namanya suporter. Tanpa adanya para pendukung, dunia sepak bola hanyalah layaknya permainan biasa tanpa ada warna tersendiri. Setiap tim sepak bola di mana pun pasti juga nemiliki kelompok pendukung yang begitu fanatis, rela mengawal pertandingannya kapan dan di mana pun. Mau di dalam kota, di luar kota, beda pulau, bahkan di luar negeri.

Advertisement

Dunia para suporter sepak bola yang terkenal fanatik itu memang selalu menarik untuk dibahas. Makanya nggak heran jika ada banyak film yang menceritakan bagaimana kiprah para kelompok pendukung sepak bola di berbagai belahan dunia. Tentang bagaimana militannya mereka, pengorbanan, hingga hal-hal konyol yang kerap dilakukan demi tim tercinta. Berikut ini adalah sederet film tentang suporter bola yang mengisahkan tentang fanatisme mereka. Simak deh!

1. Dikemas dalam sinematografi klasik, film berjudul “Cass” (2008) menceritakan tentang kelompok suporter West Ham United. Salah satu tim sepak bola yang memiliki pendukung paling mengerikan

Cass / Credit: Rottentomatoes via www.rottentomatoes.com

2. Kalau kamu adalah seorang fans berat dari Chelsea, kayaknya sih harus nonton “The Football Factory”. Film yang menceritakan gimana brutalnya kelompok suporter pendukung tim tersebut

The Football factory / Credit: 80casualclassics via www.80scasualclassics.co.uk

Advertisement

3. Selanjutnya, ada film berjudul “Okolofutbola” yang menceritakan tentang sebuah kelompok suporter garis keras salah satu tim sepak bola di Rusia

Okolofutbola / Credit: Imdb via www.imdb.com

4. Meski merupakan film lawas tahun 1995, “ID” merupakan salah satu film tentang pendukung fanatik sepak bola yang wajib kamu tonton. Unik banget lo, ceritanya seorang polisi yang lagi nyamar malah keterusan jadi salah satu anggota pendukung tim bola

ID / Credit: Imdb via www.imdb.com

5. Seorang penggemar bola pasti udah nggak asing lagi dengan istilah Ultras. Ternyata, ada pula film berjudul “Ultras” yang menceritakan tentang seluk-beluk keributan pendukung bola di Italia

Ultras / Credit: Newonnetflixuk via twitter.com

Advertisement

6. Jangan ngaku anak bola fanatis kalau belum nonton “The Firm”. Film tahun 2009 yang bercerita tentang dunia hooliganisme di Inggris

The Firm / Credit: Timeout via www.timeout.com

7. Pertandingan tandang bagi pendukung tim sepak bola adalah kebahagiaan tersendiri. Hal itu diceritakan dalam film berjudul “Awaydays” tentang kebrutalan para hooligan di Inggris

Awaydays / Credit: Parkcircus via www.parkcircus.com

8. Jangan ketinggalan juga nonton film berjudul “The Hooligan Factory”. Sebuah film tentang fanatisme para pendukung tim sepak bola yang dikemas dengan tambahan humor

The Hooligan Factory / Credit: Sinesteciacs via cinesthesiac.blogspot.com

9. Nggak cuma dari luar negeri, film tentang suporter bola dari Indonesia juga ada lo! Nonton aja “Romeo dan Juliet”

Romeo dan Juliet / Credit: Goal via www.goal.com

10. Kalau tadi ada film berjudul “Ultras”, rupanya ada pula yang berjudul “Ultra”. Nggak jauh-jauh dari dunia fanatisme sepak bola sih, pokoknya ceritanya berkutat tentang pendukung AS Roma

Ultra / Credit: Imdb via www.imdb.com

11. Terakhir adalah “Green Street Hooligan”, film tentang suporter bola paling populer yang menceritakan perseteruan pendukung West Ham melawan Millwall

Green Street Hooligan / Credit: Imdb via www.imdb.com

Mau di negara mana pun, kiprah tentang dunia suporter sepak bola memang bisa dibilang keras dan penuh dengan hal-hal brutal. Begitu pula di negara kita Indonesia, nggak sedikit kok kelompok suporter di sini yang berkiblat dengan gaya suporter luar negeri. Mulai dari cara berpakaian hingga budaya kekerasannya. Lewat rekomendasi film-film di atas tadi kamu bakal melihat gimana ngerinya dunia mereka.

Ikuti Instagram @wolesjon biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE