Instagram Akan Rilis Fitur Subscribe untuk Konten Kreator. Kayak Apa, ya?

Fitur ini akan dirilis sebagai bentuk dukungan bagi konten kreator

Setelah beberapa waktu lalu Instagram berhasil merilis fitur “Add Yours” sebagai fitur terbaru, di awal tahun 2022 ini Instagram juga akan segera kembali merilis terbarunya. Yup, Instagram bakal merilis fitur “Subscriptions” untuk para kreator supaya bisa memonetisasi karyanya di Instagram. Nantinya, para pengguna dapat berlangganan konten dari kreator favoritnya.

Advertisement

Selain itu, para konten kreator di Instagram juga bakalan dapat membuat aduan apabila konten eksklusifnya beredar atau disebarkan tanpa izin. Hmm, kira-kira seperti apa ya detail fitur terbaru yang akan dirilis oleh Instagram ini?

Petinggi Instagram, Adam Mosseri mengunggah sebuah video dan mengatakan akan merilis fitur terbaru

Fitur Instagram

Fitur baru Instagram | Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash

Sebentar lagi, para pengguna Instagram nggak akan lagi bisa menikmati semua konten secara gratis. Pasalnya, saat ini platform berbasis foto dan video ini tengah mengembangkan fitur terbaru yang akan dirilis, yaitu fitur langganan berbayar.

Dilansir dari laman Tech Crunch, fitur terbaru ini baru dapat digunakan di perangkat iOS karena pihak Instagram telah menambahkan deskripsi di dalam aplikasi dengan nama “Instagram subscriptions”. Para kreator dapat menentukan harga sendiri untuk layanan berlangganan mulai dari harga Rp14 ribu hingga Rp71 ribu.

Advertisement

Fitur ini diklaim sebagai model pemasukan baru bagi para konten kreator yang berkarya di Instagram. Nantinya, para pengguna yang telah berlangganan konten milik salah satu kreator dapat menikmati konten eksklusif yang dibuat oleh konten kreator tersebut.

Diketahui, saat ini Instagram masih melakukan tahap uji coba pada 10 kreator yang berbasis di Amerika Serikat sehingga opsi untuk berlangganan masih sangat terbatas. Awalnya, Instagram hanya menyediakan fitur Instagram Badges, yaitu item virtual yang dapat dibeli oleh pengguna sebagai bentuk dukungan untuk kreator favoritnya saat sedang melakukan siaran langsung.

Fitur terbaru ini hadir untuk mendukung para konten kreator agar bisa melakukan monetisasi dan meraup pundi-pundi dari karya yang diunggah melalui Instagram.

Advertisement

Terdapat tiga jenis subskripsi yang akan dirilis sebagai fitur baru Instagram

Fitur Instagram

Fitur baru Instagram | Photo by Kate Torline on Unsplash

Adam Mosseri mengungkapkan bahwa akan ada tiga jenis subskripsi yang akan dirilis oleh Instagram, yakni Subscriber Live, Subscriber Stories dan Subscriber Badges. Pengguna Instagram yang telah berlangganan akan mendapatkan ikon berwarna ungu yang akan muncul pada kolom komentar saat sang kreator melakukan siaran langsung.

Para kreator juga dapat melakukan siaran langsung hanya dengan para pengguna yang telah berlangganan. Siaran langsung bagi pengguna berlangganan ini akan ditandai dengan lingkaran berwarna ungu. Selain itu, para pengguna yang berlangganan juga akan mendapatkan ikon berwarna ungu yang berfungsi untuk mempermudah kreator mengenali para subscriber-nya dan dapat meningkatkan interaksi.

Para pengguna yang berlangganan juga dapat menikmati stories eksklusif yang diunggah oleh para kreator melalui fitur Subscriber Stories.

Intinya, Instagram ingin agar para konten kreator dapat mulai memonetisasi karyanya dan meningkatkan interaksi dengan para subscriber. Wah, siapa nih yang udah nggak sabar untuk menantikan fitur terbaru dari Instagram ini?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE