Kamu Pernah Gabut Saat Ikut Demonstrasi? Coba Lakukan 5 Hal ini Aja, biar Lebih Berguna~

Gabut saat demonstrasi

Sejak pemerintah memutuskan untuk mengambil kebijakan yang dinilai mencederai kemaslahatan banyak umat, gelombang demonstrasi di berbagai kota dalam beberapa hari belakangan ini terus melonjak. Mulai dari mahasiswa hingga berbagai macam elemen masyarakat lainnya seperti buruh lapangan, pekerja kantoran, pekerja kreatif, dan hingga para pelajar pun ikut turut serta turun ke jalan untuk melebur jadi satu. Nggak heran jika pemberitaan tentang kejadian ini meluas hingga skala global dan didengar oleh negara negara lain di dunia.

Advertisement

Kamu juga boleh kok turut serta turun ke jalan kalau merasa permasalahan ini mengganggu dan bikin rasa nyamanmu sebagai masyarakat Indonesia terusik. Nah, jika dalam waktu dekat ini kamu berencana untuk ikut serta turun ke jalan bersama dengan masyarakat luas lainnya, berikut ini adalah deretan hal yang bisa kamu lakukan saat demonstrasi biar nggak gabut-gabut amat. Daripada cuma bengong dengerin orasi aja kan, mending inisiatif buat melakukan hal ini~

1. Ikut bersihin sampah-sampah berserakan dari peserta demo lainnya

Inisiatif bersihkan sampah via www.suarantb.com

Namanya aja juga demonstrasi, pasti banyak banget orang yang tergabung di dalamnya. Dari sekian banyak orang tersebut juga nggak mungkin semuanya merasa peka sama keadaan sekitar. Pasti masih ada aja yang kesadaran tentang kebersihannya masih kurang. Kayak misalnya buang puntung rokok sembarangan lah, buat botol air minum di jalan lah, atau buang sampah apapun itu yang malah bikin masyarakat lainnya jadi nggak simpati. Nah, daripada kamu bingung, mending ngajakin orang lain buat gotong royong bersihin sampah yang berserakan. Kritik tersampaikan, simpati dari masyarakat pun juga dapet. Cakep, kan, kalau begini~

2. Nawarin ide buat bikin kalimat poster. Apa ajalah yang penting bisa bikin telinga pemerintah jadi gatel

Poster saat demonstrasi. via Facebook.com

Belajar dari demonstrasi sebelum-sebelumnya, kamu pasti masih ingat jika banyak banget poster-poster kocak yang dibawa oleh para demonstran. Nggak melulu tentang hal-hal yang serius kok, lha wong yang isinya bercandaan juga banyak banget. Asal tetap dalam koridor yang sama biar pesan tersampaikan sih nggak masalah. Bisa tuh, ikutan nyumbang ide atau nawarin ide buat bikin kalimat poster. Pokoknya bebas yang penting bisa bikin telinga para anggota dewan jadi bising. Habisnya udah diingetin berkali-kali sama rakyat nggak digubris sih, sekarang ada kesempatan lagi nih. Sayang kalau dilewatkan~

Advertisement

3. Bawa air minum lebih dan pasta gigi. Siapa tau terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, dan kamu bisa nyelametin orang lain, jadi gebetan deh~

Ilustrasi saat demo via www.solopos.com

Selain mental dan fisik yang kuat, saat ikut demonstrasi juga jangan lupa buat bawa bekal makanan, air mineral dan tentunya pasta gigi. Kondisi serba ramai, nggak ada yang tahu bakal gimana, siapa tahu nanti situasi tiba-tiba berubah jadi ricuh, terus kamu kedapatan harus menyelamatkan seseorang. Tawarin aja tuh makanan dan minuman atau mungkin pasta gigi, jika sewaktu-waktu terkena tembakan gas air mata dari aparat. Nggak ada salahnya lo, barangkali malah bisa jadi gebatan, kan, asyik. Apa nggak romantis banget, ketemu sama jodoh di tengah demonstrasi. :’)

4. Bagi-bagi selebaran tentang tujuan demo ke warga sekitar

Situasi ketika demo. via mahkamahnews.org

Memberi pemahaman kepada masyarakat lainnya tentang apa yang sebenarnya tengah disuarakan saat demonstrasi itu juga nggak kalah penting. Daripada kamu gabut mending bikin selebaran tentang tujuan demo itu kemudian disebarkan dan disosialisasikan kepada warga sekitar. Jadi mereka nggak nyinyir dan paham apa yang diperjuangkan. Kan nggak lucu tuh, udah capek-capek berjuang, sama warga malah nggak dapat perhatian.

5. Jangan ajak ngobrol aparat, pokoknya jangan! Nanti kamu malah diciduk, kan, berabe πŸ™

Advertisement

Apa pun alasannya, pokoknya jangan! via m.solopos.com

Mau kelihatannya sebaik apapun aparat yang ada di sekitarmu ketika lagi aksi massa, usahakan tetap jangan sok dekat sama mereka ya. Bukannya apa-apa, kalau kondisi lagi demo kan pasti beda kubu, kalau ada apa-apa terus kamu malah keciduk kan ngrepotin diri sendiri dan orang lain juga. Masa saat ditanya temen-temen tentang gimana situasi demo yang kamu ikuti malah nggak bisa jawab cuma gara-gara keciduk sama polisi~

Nah, buat siapa pun yang hari ini dan hari-hari berikutnya ikut turun ke jalan memperjuangkan keadilan, jangan lupa untuk tetap aman dan menjaga diri sendiri, ya. Apalagi sekarang masih situasi pandemi, protokol kesehatannya juga jangan terus dilupakan. Berjuang boleh, kena COVID-19 jangan sampai pokoknya mah.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE