Belakangan ini, “Gaj Ahmada” sedang hangat menjadi perbincangan di media sosial. Menurut beberapa pihak yang jangan dipercaya mentah-mentah, kata kunci tersebut adalah nama asli dari Gajah Mada yang merupakan Mahapatih Kerajaan Majapahit. Kabar tersebut pun tersebar diiringi dengan pernyataan jika Gajah Mada adalah seorang muslim dan Majapahit merupakan sebuah kesultanan Islam. Padahal selama ini kita tahu jika Gajah Mada dan Majapahit berpegang pada agama Hindu.

Kabar tersebut memang datang dari sebuah tulisan bertema “Meluruskan Sejarah” yang ditulis oleh Arif Barata dalam akun Facebooknya. Namun, sayang kini tulisan tersebut sudah dihapus oleh empunya. Tapi, meski sudah dihapus, screenshot atas tulisan itu pun terlanjur tersebar di media sosial. Pada tulisan itu terdapat lima pokok yang dibahas, antara lain adalah soal salah pengucapan yang terjadi di masa lalu ketika menyebut nama “Gajah Mada”.

Advertisement

“Mereka menyebutnya Gajahmada untuk memudahkan pengucapan dan belakangan ditulis terpisah menjadi Gajah Mada (walaupun hal ini salah),” tulis Arif dalam unggahannya, seperti dikutip dari Beritagar.

Terlepas dari salah penyebutan, asumsi bahwa agama Islam adalah kepercayaan yang dianut Gajah Mada dan kerajaan Majapahit pun melengkapi keramaian yang ada. Banyak pihak yang akhirnya turut memberikan argumen mereka atas hal tersebut. Seperti Herman Sinung Janutaman, penulis buku yang membahas soal kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Islam. Herman mengatakan bahwasanya terdapat Gajah Mada merupakan seorang Muslim jika melihat dari silsilahnya.

Akhirnya, perkara “Meluruskan Sejarah” yang menjadi viral di kalangan warganet juga memicu kreativitas banyak oknum. Inilah yang mereka lakukan, Cekidot!

1. Lebih asyik menyebutnya dengan nama Karl Marx ya, nggak ribet~

Advertisement

2. Ternyata orang Indonesia, lho! HAHA

3. Grup kasidahan banget nih?

4. Oh, jadi ini nama lengkap dari si Hulk, panjang juga ya

5. Ini paling kocak jadinya, kayak nama mantan presiden kita

6. Superman ternyata punya nama yang lebih ramah di telinga ya

7. Kok bisa jadi Iskandar Zulkarnain? Kewl!

8. Pemain bola kenamaan dunia punya nama yang manis juga, Lianil Mahhasy. Hihi.

9. Nggak nyambung 🙁

10. Niat banget mengotak-atik namanya

11. Ramainya nggak di Indonesia saja ya ternyata. Turki juga ikut membahasnya~

12. Sejarah penemu lampu pijar ternyata juga sangat pelik ya

13. Ketika sejarah atas presiden pertama kita pun mulai terkuak. Ternyata orang Cina!

Dan, ya itulah sederet niat baik warganet yang berusaha membantu meluruskan membengkokan sejarah. Mata pelajaran sejarah dari sekolah saja sudah puyeng lho menghafalkannya, ini malah tambah diutak atik ngawur ~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya