Green Day Batalkan Konser di Moskow Akibat Konflik Rusia-Ukraina

Band rock asal Amerika Serikat ini seharusnya konser di Spartak Stadium Mei mendatang

Konflik antara Rusia dan Ukraina tampaknya bukan hanya berdampak pada bidang ekonomi dan politik saja. Imbas dari konflik kedua negara ini juga dirasakan dari dunia musik. Akibat invasi Rusia kepada Ukraina, grup band rock asal Amerika, yakni Green Day membatalkan konsernya.

Advertisement

Rencananya, Green Day akan mengadakan konser di Spartak Stadium, Moskow, Rusia pada tanggal 29 Mei 2022 mendatang. Namun, dengan berat hati mereka merasa perlu membatalkan pertunjukan. Meskipun konser  dibatalkan, tetapi mereka berharap masih ada kesempatan yang akan mereka dapatkan di tahun-tahun berikutnya.

Green Day membatalkan konser yang seharusnya digelar di Spartak Stadium Mei Mendatang

konser green day di moskow dibatalk

Green Day membatalkan konser yang seharusnya digelar di Spartak Stadium | Credit: @greenday via Instagram

Dilansir dari People, Selasa (1/3/2022), Green Day membatalkan konser yang seharusnya digelar di Spartak Stadium, Moskow, Rusia. Konser itu seharusnya digelar pada 29 Mei 2022 mendatang dengan kapasitas lebih dari 45.000 penonton.

Pembatalan konser itu mereka sampaikan melalui unggahan Instagram Story. Green Day memberikan pernyataan mereka dengan berat hati harus memberitahukan hal ini.

Advertisement

“Dengan berat hati, mengingat peristiwa terkini, kami merasa perlu untuk membatalkan pertunjukan kami mendatang di Moskow di Spartak Stadium,” tulis @greenday pada Minggu (27/2/2022).

Mereka menegaskan bahwa keputusan mereka membatalkan konser adalah demi hal lain yang lebih penting.

Advertisement

“Kami sadar bahwa momen ini bukan tentang pertunjukan rock di stadion, ini jauh lebih besar dari itu,” lanjut mereka.

Meskipun tahun ini konser Green Day dibatalkan, namun mereka berharap masih ada secercah kesempatan yang akan mereka dapatkan di tahun-tahun berikutnya.

“Kami tahu rock and roll itu selamanya dan kami percaya diri akan ada waktu dan tempat bagi kami kembali di masa depan,” tutup Green Day.

Green Day percaya bahwa suatu saat nanti mereka akan bisa melangsungkan konsernya setelah berakhirnya konflik antara Rusia dan Ukraina. Dengan pembatalan konser tersebut, band rock tersebut juga siap mengembalikan uang penonton.

Mereka adalah band kedua yang membatalkan konser di Rusia

konser green day di moskow dibatalk

Green Day adalah band kedua yang membatalkan konser di Rusia | Credit: @greenday via Instagram

Masih dilansir dari CNN, selain grup band Green Day, ada pula band lain yang juga terpaksa harus membatalkan konsernya. Grup band itu adalah AJR yang rencananya akan mengadakan konser pada bulan Oktober mendatang di Moskow.

Tidak hanya AJR, beberapa grup band lain yang rencananya akan konser di Rusia pada bulan Maret dan April mendatang, seperti Saint Jhn, Tricky, Disclosure, dan Bring Me the Horizon juga harus rela jadwalnya tertunda.

Rusia awalnya juga sudah berencana menjadi tuan rumah untuk dua festival musik internasional, yakni Bol Festival 2022 dan Park Live Festival 2022. Namun, sebagian besar dari rencana itu harus ditunda karena kemelut Rusia dengan Ukraina masih berlangsung.

Kita doakan agar konflik ini segera berakhir agar para musisi bisa tampil kembali ya, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Introvert

Editor

CLOSE