Deretan Tipe Guru Zaman Sekolah Saat Jadi Pengawas Ujian di Kelas. Mana yang Paling Serem?

Guru pengawas ujian

Nostalgia tentang kenangan bersama guru di masa-masa sekolah memang punya keseruan tersendiri. Apalagi jika kita dulu termasuk salah satu dari sekian siswa yang bandel dan kerjaannya selalu berurusan dengan guru, khususnya bagian kesiswaan. Nggak cuma perkara bandel di luar kelas, bahkan ngomongin tentang kelucuan-kelucuan yang terjadi di dalam kelas pun nggak ada habisnya lo.

Advertisement

Salah satunya adalah terkait macam-macam tipe guru ketika nungguin ujian para siswanya di kelas. Ingat, kan, jika dulu selalu ada aja guru yang enak, resek, nyebelin, bahkan terkesan jutek banget? Uniknya, beberapa guru mata pelajaran punya citranya sendiri-sendiri, seperti misalnya yang ada di bawah ini. Kamu pasti relate deh!

1. Guru Matematika, kalau ada yang menyontek kertasnya langsung disobek tanpa kompromi

Ilustrasi ujian sekolah / Credit: Smkn2Kintamani via smkn2kintamani.sch.id

Udah mata pelajarannya dianggap paling malesin, ditambah lagi gurunya yang super galak, pokoknya lebih galak dibandingkan dengan orang tua sendiri. Belum lagi kalau dapat jatah nunggu ujian di kelas, bisa-bisa semua langsung hening seolah-olah nggak ada orang di ruangan tersebut. Mau nyontek? Jangan coba-coba buat uji mental kalau belum siap sama akibatnya, ketahuan sama guru Matematika otomatis lembar kerja ujianmu bakal jadi berkeping-keping karena disobek-sobek.

2. Beda dengan guru Agama, kalau ketahuan ada yang curang biasanya cuma diingetin bahwa urusannya bakal sama Tuhan

Ilustrasi guru agama / Credit: Mediacenter Tapinkab via mediacenter.tapinkab.go.id

Kalau sama guru agama ini beda banget caranya, tahu sendiri tipikal guru mata pelajaran Agama di sekolah biasanya orangnya udah usia lanjut, kalem, dan bikin adem. Boro-boro mau marahin siswanya yang ketahuan curang satu sama lain, paling-paling ujungnya juga cuma diingetin kalau nyontek itu dosa besar. Urusannya nggak cuma sama guru di sekolahan dan nilai di rapot, tetapi sama Tuhan juga. Nah, lo! Diam-diam mematikan dan bikin repot, kan~

Advertisement

3. Nah, kalau guru Bahasa biasanya diem aja, tapi tiba-tiba nama kita ada di laporan ujian gitu aja. Terkenal deh di kantor guru

Ilustrasi suasana ujian / Credit: Smpn9parepare via www.smpn9parepare.sch.id

Lain halnya dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia atau Inggris, kalau tipe guru yang satu ini jarang marah-marah, ngingetin pun  males. Tapi yang bikin serem adalah kalau mereka udah tiba-tiba nulis nama kita di lembar buku catatan laporan pelaksanan ujian. Nggak ada angin nggak ada hujan, berasa nggak ketahuan waktu curang, tapi tahu-tahu nama kita terkenal di kantor guru.

4. Guru BK juga nggak kalah reseknya. Hobi banget wara-wiri keliling kelas, bikin grogi

Paling nggak tenang kalau udah kayak gini / Credit: Babel Kemenag via babel.kemenag.go.id

Dari sekian banyak tipe guru, memang kayaknya guru BK ini punya sentimen tersendiri sama anak-anak sekolahan sih. Udah sering sewot masalah seragam, rambut, sepatu, dan lain sebagainya, masih lagi ditambah sikap reseknya kalau lagi ngawasin ujian. Kenapa sih nggak bisa anteng dan diem aja di depan kelas, malah muter-muter ke sekeliling kelas? Ini mah yang beneran nggak curang juga bisa dibikin grogi.

5. Tapi yang paling nyenengin sih guru Olahraga, bebas mau ngapain aja asal nggak ramai. Malah kadang ditinggal keluar kelas

Advertisement

Suasana ujian saat ditunggu guru olahraga / Credit: Gamestation18 via gamestation18.blogspot.com

Terakhir, guru Olahraga adalah tipe jenis guru paling disukai banyak murid ketika mus ujian telah tiba. Bukannya gimana-gimana, tapi guru Olahraga ini biasanya ngasih kita keleluasaan lebih jika misalnya ingin saling melihat jawaban satu sama lain. Namun, tentunya dengan satu catatan, nggak boleh ramai dan gaduh, karena takutnya nanti bakal ketahuan sama guru lain dan dia sendiri yang disalahin. Hmmm, bener juga sih~

Mau bagaimanapun, setiap guru mata pelajaran pasti punya kenangannya sendiri-sendiri di benak kita yang pernah menjadi seorang siswa kok. Nggak semua guru Olahraga membolehkan kita buat saling lihat jawaban dan nggak semua guru Matematika adalah guru resek. Tapi, memang kebanyakannya sih begitu. Hehehe. Kalau guru favoritmu, guru mata pelajaran apa nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE