Waktu masa pacaran, barang-barang pemberian dari kekasih terlihat sangat ‘sooo sweet~~‘. Tapi ketika sudah jadi mantan, barang-barang itu terasa seperti tumpukan majalah bekas di sudut ruang tunggu klinik dokter. Banyak cerita, masih bisa dibaca, tapi sudah basi dan hanya disentuh untuk sekedar membunuh waktu. Kadang-kadang kamu ingin membuang atau membakar semua barang pemberian mantan tersebut. Tapi, sayang juga sih. Masih bagus. Di sisi lain, barang-barang tersebut makan tempat dan bikin sudut kamarmu jadi nggak rapi (alasan sih, sebenarnya bikin kamunya galau).

Tenang dan nggak perlu bingung lagi. Menyambut Hari Mantan Sedunia, Hipwee jamin barang-barang dari mantan akan dapat tersalurkan dengan benar dan bermanfaat. Kamu juga tak perlu lagi terganggu karena keberadaannya.

1. Disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

Berikan pada yang membutuhkan via www.google.co.id

Advertisement

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah menyumbangkannya kepada yang membutuhkan. Kepada yang membutuhkan ini bisa macam-macam. Misalkan mantan kamu pernah memberimu boneka beruang yang besar sekali dan sangat memenuhi kamarmu, kamu bisa memberikannya pada yang membutuhkan. Kamu bisa memberikan boneka segede gaban itu pada anjing tetangga yang kesepian di dalam kandangnya. Daripada setiap malam mereka menggonggong karena kesepian, mungkin dengan boneka yang kamu berikan dia jadi diam karena merasa memiliki teman.

2. Punya cukup ruang? Coba bikin museum mantan di sudut rumahmu.

Display yang menarik soap tahu ada kolektor berminat via www.google.com

Kalau kamu punya ruangan yang cukup di kamarmu, mungkin tak ada salahnya kamu membuat ruangan khusus untuk mengakomodasi semua barang dari mantan-mantanmu. Kamu bisa menamai ruangan tersebut dengan “Museum Kenangan”. Agar tak terasa menyeramkan (karena memajang barang-barang dari mantan), kamu bisa memberikan display yang menarik di setiap barang-barang tersebut. Baju pemberian mantan, misalnya, bisa kamu pajang dalam sebuah manekin. Di dinding barang-barang pemberian mantan tersebut bisa kamu berikan keterangan semacam sinopsis singkat dari siapa benda tersebut, bagaimana kalian bertemu, dan bagaimana kalian berpisah. Buatlah katalog yang indah untuk ruangan pameran barang dari mantan dan jangan lupa memajangnya di blog pribadimu. Siapa tahu ada kolektor yang tertarik dan berminat membeli semua barang mantan yang kamu pajang.

3. Jadikan kado waktu pacar barunya ulang tahun.

Kasih ke pacar barunya via www.google.com

Mungkin kamu tidak pandai menyimpan barang atau membuatnya tampak indah dan ingin memberikan saja pada orang yang tepat. Kalau mantanmu itu sudah punya pacar baru, kamu bisa memberikan barang tersebut pada pacar barunya. Aneh memang ketika tiba-tiba kamu memberikan hadiah pada pacar barunya. Makanya, kamu harus menunggu sampai pacar barunya itu ulang tahun sehingga kamu bisa memberikan hadiah padanya. Bungkuslah secara rapi barang pemberian mantan yang ingin kamu berikan pada pacar baru mantanmu. Jangan lupa berikan catatan pada kartu ucapan.

Advertisement

“Mahkota bergilir ini sudah saatnya kuberikan padamu.”

4. Atau jadikan kado waktu dia menikah 😉

Buat kado pernikahannya via www.google.com

Kalau kebetulan mantan kamu itu dalam waktu dekat akan menikah, ini kesempatan yang tepat untuk mengembalikan semua hadiah yang pernah diberikannya padamu. Kamu bisa memberikan barang dari mantanmu itu sebagai kado di hari pernikahannya. Kalau kebetulan barang-barangnya cukup banyak, kamu bisa membaginya sama teman-temanmu yang juga akan datang ke nikahannya. Lumayan kan kamu dan teman-temanmu jadi nggak perlu keluar uang lagi buat nyumbang atau beli kado.

5. Pas nggak ada duit coba dibikin garage sale.

Dijual! via www.google.com

Kalau menurut kamu barang-barang dari mantan tersebut masih kelihatan keren, ini bisa kamu simpan untuk kamu jadikan tabungan. Nanti ketika kamu lagi butuh uang, kamu bisa membuka garage sale dan menjual semua barang dari mantan tersebut. Agar barang-barang pemberian mantan ini bisa laku terjual, coba kamu buat iklan yang heboh seperti, “dijual barang-barang pemberian mantan, bonus jadi pacar baru.” Kalau kamu kira, bonus jadi pacarmu tak cukup menarik, kamu bisa memasang iklan memelas seperti, “bantu aku melupakannya, agar aku bisa segera melanjutkan hidupku yang baru.”

6. Sumbangin ke jomblo, siapa tahu bisa jadi berkah.

Siapa tahu berguna buat jomblo via www.google.com

Jika mantamu nggak nikah-nikah atau nggak juga punya pacar baru, mungkin ada baiknya kamu menyumbangkan barang pemberian mantan tersebut pada jomblo. Siapa tahu barang yang sempat membuat kamu berbunga-bunga tersebut bisa kembali membawa cinta kepada pada para jomblo. Di samping kamu membersihkan barang dari mantan, kamu juga membantu membrantas jomblo di muka bumi ini.

7. Sumbangin ke festival melupakan mantan.

Sumbangin ke festival melupakan mantan via www.google.com

Beberapa waktu lalu ada festival melupakan mantan, di mana kamu bisa datang dengan membawa pemberian datang. Festival semacam ini bisa jadi wadah untuk kamu yang bingung ingin ‘membuang’ barang pemberian mantan pada siapa. Semoga aja sih acara semacam ini diadakan terus menerus, kalau bisa satu bulan sekali, supaya kamu yang baru saja putus tidak kebingungan jika ingin menyalurkan barang pemberian mantan.

8. Kalau ternyata bagus dan mahal, dipakai aja sih. Jangan mubazir~

Masih lumayan bagus nih via www.google.com

Sebetulnya, sebelum kamu buru-buru membuang barang pemberian dari mantan, kamu perlu melihat-lihat dulu nilai dari barang tersebut. Bagaimana kalau ternyata pemberian mantan tersebut harganya cukup mahal, bagus, dan masih berfungsi dengan baik. Misalnya, mantan kamu pernah memberikan benda kecil berbentuk persegi panjang, yang ternyata itu adalah hape bermerek buah-buahan. Sebaiknya sih, kamu menyingkirkan perasaan emosionalmu dan tetap memakai barang tersebut.

Lupakan orangnya boleh, tapi jangan pemberiannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya