Kejadian Klise di Film Horor-Thriller yang Bikin Karakternya Cepat Meninggal

Hal klise dalam film horor

Siapa diantara kamu yang suka nonton film horor atau thriller? Film yang bisa membuat orang biasa takut ini memang punya pecinta fanatik tersendiri karena ketegangan yang dihasilkan oleh film tersebut. Selain memacu adrenalin, biasanya film horror dan thriller punya jalan cerita yang memaksa penontonnya untuk berpikir keras, menebak siapa pelaku atau bagaimana hantu di film tersebut akan beraksi.

Advertisement

Tetapi sadar nggak sih kalau di sebuah film horor atau thriller, ada beberapa hal ngeselin dan klise yang terjadi. Hal-hal ini sepertinya sepele, tapi kalau kamu perhatian, lama-lama juga ikut jengkel. Kalau hal ini sudah terjadi, bisa dipastikan bakalan ada seorang karakter yang akan meninggal. Berikut ini adalah hal-hal klise bin konyol tersebut.

1. Mari kita mulai dari hal yang paling sederhana. Biasanya jika di film horor atau thriller ada sebuah mobil dan kesempatan untuk melarikan diri, pasti mobilnya susah nyala~

Coba hitung sudah berapa film yang karakternya jadi almarhum karena mobil yang nggak nyala? | Credit William Moreland via unsplash.com

Ada banyak hal yang menyebabkan mobil di film horor atau thriller nggak mau nyala, beberapa di antaranya adalah karakter yang panik mencari lubang kunci, kehabisan bensin, aki yang mati, hingga yang paling ngeselin, kuncinya jatuh ke sela-sela kursi. Asli kzl liatnya!

2. Dalam keadaan genting saat dikejar hantu atau pembunuh, akan ada sebuah suara telepon random yang masuk secara tiba-tiba. Bikin mendadak ketahuan posisinya kalau lagi sembunyi

Biasanya sih yang bunyi telepon genggam, tapi nggak jarang juga telepon rumah lo | Credit: Julian Hochgesang via unsplash.com

Rasanya kalau kamu adalah remaja dan nggak sedang menunggu pesan atau telepon yang nggak penting-penting banget, kamu pasti akan membuat telepon pintar kamu dalam keadaan getar. Sialnya para karakter di film horor atau thriller nggak melakukan itu. Selain itu, siapa sih yang sempet dan tega menelepon orang yang sedang sibuk bersembunyi menyelamatkan nyawanya?

Advertisement

3. Kalau yang ini biasanya saat karakter sedang berdekatan dengan hantu atau pembunuh dan mereka nggak sadar. Mendadak ada suara barang atau kayu terinjak yang menyadarkan pembunuh atau hantu tersebut

Nah kalau masalah bunyi-bunyi terinjak, biasanya kejadiannya pas karakter tersebut sedang lari ke hutan | Credit: Rosie Fraser via unsplash.com

Ini adalah bukti pentingnya sebuah skill observasi lingkungan sekitar kamu. Kalau kamu bisa mengidentifikasi ada apa aja di sekitar kamu, hal-hal macam ini pasti bisa diantisipasi. Sepertinya diam dalam kondisi seperti ini akan membuat peluang kamu selamat lebih besar deh.

4. Saat dikejar pembunuh atau hantu, cara bertahan hidup paling logis adalah dengan ngumpul secara berkelompok biar menang jumlah. Sayangnya banyak karakter yang sok berani sehingga ada saja orang yang memisahkan diri dari rombongan

Biasanya sih karakter yang cabut sendirian ini wataknya ngeselin dan sok tahu | Credit: Nick George via unsplash.com

Di saat genting, mengeroyok sesuatu yang membahayakan nyawa lebih bijak daripada berpencar. Setidaknya jika kamu ada 5 orang dan penjahat atau hantunya cuma sendiri, kamu bisa memegang dan menghajarnya sampai menyerah. Luka-luka sedikit nggak masalah kok, yang penting nyawa aman dan selamat.

5. Hal paling ngeselin dan klise yang terjadi dalam sebuah film horor atau thiller adalah karakter yang sedang dikejar hantu atau pembunuh tersandung sesuatu. Biasanya kalau seorang karakter tersandung, maka dia akan jadi almarhum sih

Ini adalah penyebab nasib sial nomot 1 di film horor dan thriller, akar pohon yang bikin kesandung | Credit: Alfonso Scarpa via unsplash.com

Duh, ini adalah hal paling remeh dan ngeselin  lo! Entah di film Indonesia atau Hollywood, hal ini lumayan sering terjadi. Mulai dari tersandung batu, kayu, keserimpet tali, hingga jadi korban makan teman yang menarik kaki temannya hingga jatuh. Pokoknya kalau karakter film horor atau thriller tersandung, banyak-banyak pasrah aja deh!

Advertisement

6. Dalam sebuah film thriller dan horor biasanya polisi akan sangat nggak dapat diandalkan. Kalau filmnya ada pemeran anak-anak, maka orang dewasanya akan bebal semua dan nggak mau dengerin si anak

Tanpa mengurangi rasa hormat, seperti inilah kira-kira setelan pak polisi yang meninggal pertama di film horor dan thriller | Credit: Jacky Lam via unsplash.com

Nggak tahu kenapa peran polisi di film horor atau thriller itu seakan-akan cuma jadi penghias. Biasanya peran polisi dalam film horor dan thriller ada dua, kalau nggak jadi almarhum paling pertama sih paling-paling jadi orang yang ignorance. Hal ini juga sama seperti orang dewasa yang hampir nggak pernah dengerin karakter anak-anak. Padahal biasanya yang mereka bilang suka bener lo!

7. Biasanya di film horor atau thriller suka ada pertanda-pertanda mistis atau orang sakti/tetua yang ngasih petuah-petuah buat ngalahin orang jahatnya. Sayangnya beberapa karakter terlalu kurang pintar untuk mendengarkan wejangan tersebut

Biasanya warga lokal dan tetua adat suka memberikan petunjuk atau larangan yang sayangnya tidak didengarkan oleh karakter dalam film horor atau thriller | Credit: Andrew James via unsplash.com

Nah, ini orang-orang yang nggak mengindahkan kata-kata “dengarkan nasihat orang tua.” Biasanya wejangan yang nggak di dengerin ini akan menjadi awal petaka atau kunci yang akan menyelesaikan masalah di film tersebut.

8. Terakhir agak curang sih, biasanya si karakter jahat akan dibuat seolah-olah kebal dengan apa pun dan nggak bisa mati. Bahkan kadang-kadang kepala yang dipenggal bisa nyambung lagi

Yah kalau yang ini biasanya tergantung dengan jalan cerita dan kebutuhan film sih | Credit: Kyle Johnson via unsplash.com

Kalau yang ini no comment deh, kadang-kadang karakter jahat di film horor atau thriller suka nggak masuk akal kuatnya. Ada yang ketusuk masih hidup, dipenggal kepalanya nyambung lagi, bahkan orangnya sudah meninggal, tapi rohnya masuk boneka.

Nah, itulah beberapa hal klise yang sebenarnya nggak penting, tapi bisa sangat berbahaya dan fatal dalam sebuah film horor atau thriller. Mungkin kalau kamu ada dalam situasi yang sama sepert film-film thriller dan horor, kamu bisa mencoba mengingat hal-hal di atas untuk menenangkan pikiran kamu, biar nanti nggak berakhir jadi daging penyet atau daging cincang, minimal kamu bisa bertahan hidup lebih lama dari yang lain. 😀

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

CLOSE