8 Gim ini Bisa Dimainkan Anak Gaul Aceh Agar Terhindar dari Hukum Cambuk PUBG

Hukuman main PUBG

Belum lama ini para gamer dikejutkan dengan fatwa yang dikeluarkan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh. Gim PUBG dan sejenisnya ditetapkan haram karena dianggap mengandung unsur kekerasan, kebrutalan, kecanduan, dan lain-lain. Lalu putusan itu disambut oleh Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Langsa dan ada wacana pemberian hukuman cambuk bagi yang kedapatan masih memainkan gim tersebut.

Advertisement

Kabar tersebut tentu membuat masyarakat gemas, terutama para gamer. Mereka mempertanyakan keputusan dan terutama wacana hukuman tersebut. Cuma karena main gim kita dihukum cambuk? Hmm.. apakah itu patut? Entah, tapi sementara memang hanya fatwanya saja yang sudah sah, hukumannya sedang dikaji.

Sebagai bentuk simpati terhadap para gamer di Aceh, Hipwee Hiburan menyarankan mereka untuk memainkan gim lain yang “dihalalkan”. Berikut gim 90-an yang nggak kalah seru untuk dimainkan.

1. Daripada main gim canggih dibilang melakukan dosa, mending cobain permainan petak umpet. Sama-sama ada ngumpetnya dan bikin deg-degan juga kayak lagi perang

Sama deg-degannya via www.permainan-tradisional.com

2. Atau cobain main tali. Emang sih nggak ada tembak-tembakannya, tapi main tali bermanfaat karena bisa bikin badanmu lincah dan sehat karena berkeringat

Main PUBG nggak bikin berkeringat via bpmpd.ntbprov.go.id

3. Kalau kamu tipe orang yang mager, main congklak jadi solusi. Sama kayak PUBG, main congklak juga pakai strategi, lo. Sama-sama mengasah otak

Main strategi via www.kabarsidia.com

4. Masih ingat nggak permainan polisi-maling? Kamu bisa mengejar musuh (maling) dan menangkapnya kayak di gim PUBG. Tentu saja pistolnya bohongan

Nggak kalah seru via klikpjoksd.blogspot.com

5. Benteng-bentengan dan gerobak sodor juga layak dicoba. Permainan ini menyehatkan tubuh karena mesti berlari juga bikin otak kita jalan karena butuh strategi

Benteng-bentengan via budayajawa.id

Advertisement

6. Kenapa sih perang harus lewat gawai. Kan bisa perang langsung pakai pistol bambu. Musuhnya lebih nyata

Real war via inet.detik.com

7. Kalau emang suka gim software, mending mainin gim-gim PS 1 dulu; Harvest Moon, CTR, Pepsiman. Mantap, nostalgia gim anti kekerasan!

Nostalgia via adzan101.blogspot.com

8. Kalau gim PS 1 nggak boleh juga. Udah main gim yang identik dengan PNS aja; Zuma atau Solitaire 😀

Gim PNS via www.duniaku.net

Keputusan MUA Aceh yang mengharamkan PUBG pasti membuat kamu bingung. Delapan permainan di atas layak kamu mainkan ulang sama teman-temanmu –terutama permainan tradisional. Di samping melestarikan budaya, juga lebih sehat secara jasmani dan memperbaiki hubunganmu dengan lingkungan sosial.

Tapi kalau dipikir-pikir lagi susah juga ya hidup di negara ber-flower ini. Di saat negara lain menjadikan PUBG sebagai salah satu e-sport, di sini malah diharamkan. -_- Padahal di Arab Saudi sendiri PUBG dibikinin kompetisi, lo. Hadeeeeh.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

J'ai toujours fait une prière à Dieu, qui est fort courte. La voici: Mon Dieu, rendez nos ennemis bien ridicules! Dieu m'a exaucé.

CLOSE