10 Ide Penelitian Anak SMA yang Luar Biasa Kocak. Ternyata Meneliti Sesuatu itu Bisa Fun juga, Ya~

Ide penelitian kocak anak SMA

Banyak faktor yang bikin skripsi terbengkalai. Salah satunya adalah kemalasan kita sendiri untuk bolak-balik ketemu dosen dan mengerjakan revisiannya. Kemalasan ini bisa jadi disebabkan karena kita nggak terbiasa dengan kegiatan meneliti. Makanya dulu waktu sekolah ke lab biologi jangan malah foto-foto, mentang-mentang pakai jas!

Advertisement

Skripsi yang macet bisa jadi juga karena sebenarnya kita nggak benar-benar menyukai topik penelitiannya. Untuk yang satu ini sejatinya kamu bisa belajar dari anak-anak SMA yang mengikuti kompetisi Indonesian Fun Science Award 2.0. Mereka melakukan penelitian dengan topik yang yang dekat dengan keseharian. Saking dekatnya, kamu sendiri bakal fun hanya dengan membaca judul penelitian mereka. Cekidot!

1. Dosenmu pasti pernah bilang untuk pilihlah topik penelitian dari sesuatu yang dekat denganmu. Siswa MAN Binjai ini mungkin habis putus, makanya bikin penelitian seperti ini πŸ˜€

Penelitian yang sungguh uwu~ via www.hipwee.com

2. Kamu bisa mengatasi kemageran garap skripsi dengan menentukan topik yang kamu sukai. Kamu lagi suka main TikTok, telitilah soal TikTok

Simpel aja milih topik penelitian. via www.hipwee.com

Advertisement

3. Penelitian juga bisa berawal dari keresahan pribadi. Soal K-Popers yang suka nonton BTS di YouTube keras-keras pun akhirnya diteliti

Berawal dari keresahan. via www.hipwee.com

4. Sebelumnya mungkin nggak ada yang kepikiran meneliti kebiasaan masak nasi ini. Ide yang sederhana tapi brilian! Mantul!

Mantap mania! via www.hipwee.com

5. Kamu yang malas menulis perlu baca penelitian ini. Siapa tahu cuma karena bolpoinnya nggak cocok πŸ˜€

Nggak cocok sama bolpoinnya. via www.hipwee.com

Advertisement

6. Kita sering membahasnya di tongkrongan, tapi nggak ada satu pun yang berani mengangkatnya jadi penelitian. Sekarang udah keduluan anak SMA Madania~

Pengaruh banget sih yang jelas. via www.hipwee.com

7. Entah apa yang dipikirkan adik-adik ini, hubungan antara air liur dan tingkat kecerewetan aja mau diteliti -_-

Nggak kepikiran. via www.hipwee.com

8. Kalau yang diteliti anak STM pasti beratan yang cowok, sebab di dalamnya ada gear motor, tongkat bisbol, hingga celurit. Hadeeeh! -_-

Mantul! via www.hipwee.com

9. Kalau yang kebanyakan nyontek sih pasti bilangnya untung. Tapi nggak tahu deh gimana hasil penelitiannya, jadi penasaran :))

Untung atau rugi? via www.hipwee.com

10. Siapa di sini yang jenong? Nih penelitian buat kamu πŸ˜€

Jenong. via www.hipwee.com

Kita selalu memandang sebuah penelitian itu rumit. Nggak heran kalau skripsi yang sedang kita kerjakan nggak kelar-kelar. Anak-anak SMA di atas memilih topik penelitian yang menyenangkan, makanya mereka bisa menyelesaikan. Kata kuncinya adalah fun. Kalau mau cepet selesai, cari topik penelitian yang fun!

Dari judulnya aja, kita jadi tertarik, kan? Bangga deh sama mereka. Ternyata anak SMA di Indonesia itu kreatif-kreatif, ya. Salut!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE