Pernah Ikut Kakak Masuk Sekolah Zaman TK dan SD? Fix, Masa Kecilmu Pasti Begitu Mendebarkan~

Ikut kakak sekolah

Keinginan untuk menginjak bangku sekolah, rupanya memang diinginkan oleh banyak bocah di usia dini sejak dulu kala. Meski kadang saat itu usia kita belum menginjak waktu yang tepat untuk menganyam bangku pendidikan secara formal, kita nggak jarang punya rasa penasaran yang begitu tinggi. Bahkan saking penasarannya, dulu kita kerap curi-curi kesempatan buat ngintilin alias ikut kakak ketika lagi masuk sekolah. Ada yang pernah merasakan dan ingat sama momen kocak yang satu ini nggak?

Advertisement

Yakin sih, dulu bocah-bocah Indonesia entah itu anak-anak mana pun pasti sempat melewati salah satu kenangan paling berharga ini. Mau dilarang sama orang tua, pasti tetep aja penginnya mau ikut kakak buat ke sekolah. Janjinya sih pasti bakal anteng, nggak rewel, dan nggak bikin repot. Tapi tahu sendirilah, ya, namanya bocah~

Jangankan pakai seragam, dulu kadang belum mandi pun langsung ikut ke sekolah kok! πŸ˜€

Ilustrasi suasana kelas SD / Credit: Youtube Norman Syah via www.youtube.com

Namanya juga belum waktunya buat sekolah, udah pasti nggak punya seragam dong. Pokoknya udah malu-maluin bangetlah kalau diingat-ingat sekarang tentang masa-masa tersebut. Kadang juga nggak mandi, belum sarapan, belum gosok gigi, tapi ngotot pengin langsung ikut kakak buat pergi ke sekolah.

Saat kakak kita rapi banget pakai seragam yang udah disetrika sama ibu, wangi, dan bersih, sedangkan kita cuma pakai kaus yang udah dipakai buat tidur semalaman. Itu masih mending kalau kita nggak bau karena belum mandi dan gosok gigi. Sesampainya di sekolah, biasanya bakal langsung disamperin sama temen-temen kakak kita, diajakin kenalan, sampai dikerjain, dan ditanya-tanyain kenapa ikut masuk sekolah. Kita mah diem aja, yang jawab kakak karena kita malu-malu gitu. Ingat momen ini?

Advertisement

Nggak cuma ikutan ke sekolah, bahkan ikut sampai masuk ke dalam kelas. Zaman segitu nggak kenal yang namanya malulah~

Suasana di kelas / Credit: Kepri Haluan via kepri.haluan.co

Kalau masih sebatas ikutan buat datang ke sekolah sih biasanya nggak terlalu bermasalah. Jadi kayak cuma ikut sampai ke halaman sekolah, terus nungguin di luar kelas sama ibu. Tapi yang mungkin bagi kakak kita dulu terasa resek banget sih kalau kita udah sampai ngeyel pengin ikut masuk kelas.

Gimana nggak bikin kesel sih, orang di kelas pasti juga belajar, bukan cuma main. Memang dasarnya anak kecil kalau rasa penasarannya udah tinggi banget, bakal susah buat redam. Kalau udah begitu, biasanya kakak kita bakalan ambil posisi duduk yang berada di deretan belakang, jadi nggak terlalu mencolok dan kelihatan banget kalau kita ikut masuk ke dalam kelas. Kocak dong, satu kelas isinya seragaman semua, terus tiba-tiba ada satu bocah celingak-celinguk nggak jelas dan bikin heran semua orang yang ada di dalam. Hmmmmmm~

Giliran gurunya dateng, biasanya langsung sembunyi di bawah meja atau di belakang kakak πŸ˜€

Advertisement

Nostalgia anak bawang / Credit: Facebook Nostalgia 80 dan 90an via www.facebook.com

Semua hal tersebut bakal terasa aman-aman aja sampai bapak atau ibu guru kakak kita datang dan masuk kelas. Kalau cuma sesama temannya kakak mah nggak masalah, toh mereka juga biasanya malah pada seneng kalau kita ikutan masuk ke dalam kelas. Pokoknya kalau udah ada guru datang itu rasanya jadi deg-degan banget. Mau lari ke luar juga nggak bakalan bisa karena takut ketahuan dan takut ditanyain; mau keluar lewat pintu belakang, dikunci; lewat jendela juga nggak bisa. Alhasil langsung jongkok dan sembunyi di bawah meja sampai pelajaran selesai. Iya, sampai pelajaran selesai! Kebayang nggak sih kita dulu betahnya kayak gimana, mampu sembunyi di bawah meja sampai berjam-jam gitu. :’)

Kira-kira kalau zaman sekarang masih ada nggak, bocah-bocah yang ikut kakaknya buat masuk ke kelas karena pengin merasakan sekolah? Dulu ketika kecil aja penginnya cepet-cepet sekolah, giliran udah besar sukanya pada bolos! Susah bener, ya, memang jadi manusia. Tapi ada satu fenomena unik lo! Biasanya yang dulu sering banget curi-curi kesempatan buat ikut kakak masuk ke dalam kelas saat sekolah sih sekarang banyak yang jadi orang pinter dan sukses. Bener nggak nih? πŸ˜€

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE