Banyak juga yang bilang jika game itu mengganggu produktivitas, gak sehat, dan buang-buang waktu. Mungkin saja — jika kamu berlebihan mainnya.

Sebuah studi di Amerika Serikat malah menunjukkan bahwa ternyata orang dewasa yang bermain game lebih bahagia dan lebih rileks lho, dibandingkan mereka yang tidak bermain game sama sekali.

Sebenarnya alasan apa saja sih, yang bisa membuat orang dewasa yang bermain game lebih bahagia dibanding yang tidak? Simak yuk!

1. Kamu lebih terhubung dengan sisi kanak-kanakmu

Jangan lupakan sisi kanak-kanakmu via www.womansday.com

Sebagian orang dewasa hanya memiliki sedikit sekali waktu untuk bermain. Sepulang bekerja, mereka lelah dan memilih tidur, esoknya mereka terbangun dan harus bekerja lagi, begitu seterusnya. Beberapa harus mengurusi keluarga sepulang kerja. Maka sebenarnya wajar jika banyak orang dewasa yang depresi karena waktu untuk bermain dalam seminggu bisa dihitung jari.

Advertisement

Sementara, orang dewasa yang main game punya kesempatan tiap harinya untuk menikmati kegiatan yang menyenangkan, seperti masa kanak-kanak dulu. Makanya, mereka bisa lebih bahagia dan menikmati hidup mereka.

2. Kamu punya jalan keluar yang mudah terhadap stress

Hilangkan stresmu dengan game via www.bitrebels.com

Semakin tumbuh dewasa, kita akan menghadapi semakin banyak tekanan-tekanan dalam hidup.  Tugas-tugas yang harus dikerjakan, pekerjaan yang harus diselesaikan, serta tagihan-tagihan yang harus dibayar.

Bermain game dapat membantu mengurangi stres terhadap persoalan hidup dan kegiatan menyenangkan yang membuatmu santai.

3. Kamu akan memiliki kreativitas dan imajinasi yang lebih kuat

Kreatif dan imajinatif dengan game via games.blog.invest.vic.gov.au

Siapapun yang pernah bermain game pasti mengakui jika mereka dituntut memiliki kreativitas lebih saat bermain.

Baik game yang realistis seperti Call of Duty maupun game fantasi seperti World of Warcraft, memanfaatkan imajinasi kamu untuk menempatkan dirimu sebagai karakter utama game tersebut dan dunia mereka menstimulasi otak untuk kreatif.

4. Kamu punya keterikatan dengan orang lain

Interaksi sosial gamer via www.ajc.com

Pernah gak kamu datang ke sebuah pesta dan gak menemukan kesamaan minat dengan seorang pun di situ? Itulah salah satu hal negatif yang bisa diatasi oleh video game.

Dengan bermain game, kamu akan punya bahan obrolan dan bisa nyambung dengan orang-orang yang berminat sama, terutama orang-orang yang lebih muda dari kita. Kamu juga mudah menemukan teman baru lewat game online lho!

5. Kamu punya perspektif hidup yang lebih berimbang

Bekerja dan bermain via commons.wikimedia.org

Kenapa kamu merasa bahagia? Karena hidupmu berimbang. Orang dewasa yang suka bermain video game menggunakan sebagian waktunya untuk bekerja dan sebagian lagi untuk main, alih-alih menggunakan seluruh waktunya untuk memikirkan kerjaan dan tagihan.

6. Punya koordinasi tangan dan mata yang lebih baik

Melatih koordinasi dan motorik via kingloaf.com

Peneliti sudah membuktikan bahwa orang-orang yang bermain video game punya koordinasi spasial dan kemampuan motorik yang lebih baik dibanding yang tidak. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengemudi lebih baik, menjaga pandanganmu terhadap kesalahan, dan membuatmu lebih cerdas.

7. Kamu bisa melibatkan pasangan dan sahabatmu dalam “me time“-mu

Ajak dia di “me time”-mu dengan game via eblogfa.com

Jika pasangan atau sahabatmu adalah tipe orang yang memerlukan “me time” alias waktu untuk dirinya sendiri, kamu pasti paham rasanya bosan karena ditinggal sendirian.

Tapi lain cerita jika “me time” pasangan atau sahabatmu itu memanfaatkan Xbox atau PS4, kamu bisa langsung bergabung dengan mereka. Dengan begini, kamu bisa memperkuat hubunganmu, sembari tetap menikmati “me time“-mu.

8. Selalu punya hal yang menyenangkan untuk dinantikan

Menyelesaikan level via www.nintendoworldreport.com

Cara lain yang diberikan game untuk membuat orang dewasa lebih bahagia adalah dengan memberikan mereka sesuatu untuk dinantikan.

Baik itu mengalahkan level yang belum terselesaikan dalam sebuah game atau menanti rilisnya game baru atau konsol generasi terbaru, gamer selalu punya hal untuk dinantikan dan dan dibincangkan dengan antusias. Hal ini bikin hidup lebih seru, bahkan dari hal-hal yang kecil.

9. Kamu bisa mengubah olahraga jadi game

Main voli beneran di game! via bpa.atech.edu

Pergi nge-gym itu bagus, tapi lama-lama bisa jadi hal yang monoton. Dengan diluncurkannya bermacam perangkat game berorientasi gerakan, gamer kini bisa menjaga tubuh tetap sehat dan fit dengan berolahraga melalui game.

10. Kamu bisa mengubah situasi membosankan jadi menyenangkan

Menunggu sambil bengong? Gak zaman! via e-shuushuu.net

Orang dewasa yang bermain game merasa lebih bahagia karena mereka melihat ruang tunggu dan antrian sebagai kesempatan untuk menaikkan level. Daripada kamu suntuk menunggu, lebih baik nikmati waktumu dengan bermain.

Alasan di atas masih kurang? Berikut adalah kebaikan bermain game dari segi kesehatan:

Kebahagiaan itu mempengaruhi produktivitas kita lho.  Jadi, masih menganggap game itu cuma mainan anak-anak? Yuk main game, tapi jangan berlebihan ya!