Dalam beberapa kesempatan, ada kalanya kita menggunakan sebuah kode sebagai pengganti ucapan. Karena nggak semua situasi dan kondisi harus diungkapkan dengan kata-kata. Cukup dengan kode-kode ini, harusnya sih orang yang kamu tuju mengerti dan paham dengan apa yang kamu maksud.

Nah, menyampaikan kode kayak gini bisa dilakukan lewat suara batuk. Nggak melulu sakit, batuk sering digunakan untuk memberikan kode pada orang lain. Dan tentunya masing-masing suara batuk punya makna dan arti tersendiri ya. Kalau kamu termasuk orang yang kurang peka, kamu harus tahu nih suara batuk apa aja yang di balik itu ada maknanya. Cekidot!

1. Ketika suasana sekitarmu lagi adem ayem, lalu ada yang batuk dengan suara berat. Hmm, mungkin pingin jadi pusat perhatian aja

Pengen diperhatiin via www.inmarlaswords.com

Sebenarnya sih kamu bisa dengan gampang membedakan antara batuk kode sama batuk beneran. Tapi terkadang ada yang nggak peka dengan makna yang ada di baliknya. Seperti yang satu ini nih. Misalnya kamu lagi ada di sebuah kafe yang tenang bin sepi. Saat suasananya lagi adem ayem nih, tiba-tiba ada seseorang yang batuk, tapi kentara banget dibuat-buatnya. Coba deh perhatiin. Bisa aja dia lagi caper dan ingin jadi pusat perhatian oleh orang satu ruangannya. Mungkin ada yang pengen dia pamerin. Entah itu pakaiannya yang baru, atau mungkin malah rupanya. Nggak cuma kamu aja kok yang ingin dipamerin sama dia.

2. Ada yang batuk dengan kencang dalam keramaian atau ngumpul-ngumpul? Berarti dia minta perhatian karena mau ngomong sesuatu

Minta perhatian karena mau ngomong via shopify.com

Makna batuk lain yang perlu kamu ketahui adalah yang satu ini. Ketika lagi ngumpul-ngumpul, terus kamu pengen minta perhatian rekan-rekanmu yang lagi ngobrol, kamu bisa pura-pura batuk tapi dengan suara yang agak kencang. Biasanya sih kalau orangnya peka, dia bakal langsung diam dan siap mendengarkan apa yang kamu ingin sampai ‘kan. Atau dosenmu di depan kelas batuk-batuk dengan suara kencang, bisa jadi dia minta kamu memperhatikan apa yang sedang ia jelaskan.

3. Suara batuknya dibuat-buat dan terdengar sok cantik? Mungkin Mbaknya lagi mencuri perhatian orang ganteng di seberang sana

Ada yang pengen kenalan via www.shutterstock.com

Pernah dengar suara batuk yang dibuat-buat dan terdengar sok cantik? Itu adalah pertanda kalau orang yang lagi batuk itu lagi mencuri perhatian cowok cakep yang ada di ruangan yang sama. Atau malah sebaliknya. Ada cowok yang batuk dengan suara bersahaja sembari mencuri pandang pada seorang cewek, bisa jadi dia pengen merebut perhatian sang gadis. Atau ini malah terjadi sama kamu. Hayo, mau ditanggapin nggak tuh? Segaris senyum bisa membuat dia percaya diri buat kenalan sama kamu lho. Ya mana tahu jodoh 🙂

4. Ada suara batuk dan deheman ketika kamu dan temanmu lagi asik ngobrol. Coba sadar diri, mungkin kalian kekencengan

Berisik via topsy.one

Pernah nggak sih kamu lagi ngobrol sama teman-temanmu di kafe atau tempat makan? Saking asiknya kamu dan yang lain sampai lupa kalau suara dan ketawamu kekencengan sehingga membuat orang lain terganggu. Nah, kalau dalam keadaan kayak gitu tiba-tiba kamu mendengar suara batuk dibarengi dehaman, maka itu adalah kode biar kamu mengurangi volume suaramu dan teman-teman. Kamu harus peka kalau di tempat publik kayak gitu nggak bisa berisik seenaknya.

5. Lewat tempat yang cukup keramat, kadang kamu perlu “permisi” dengan batuk. Kode biar nggak digangguin penunggunya

Semacam “permisi numpng lewat” via www.freeimageslive.co.uk

Suara batuk lain yang sebaiknya kamu juga tahu adalah kode saat kamu melewati tempat yang cukup “keramat”. Bukan untuk nyari perhatian lho ya ini, tapi suara batuk dalam kondisi ini bisa diartikan sebagai tanda “permisi”. Tanda ini juga sebagai bukti kalau kita menghormati kehidupan lain agar mereka nggak terganggu saat kita melewati tempat mereka.

6. Kalau kamu lagi ngerokok, terus tiba-tiba ada yang batuk-batuk sambil kibas-kibas tangan depan hidung, tandanya dia terganggu sama asap rokokmu

Terganggu sama asap rokok via s10.postimg.org

Kamu yang suka merokok juga harus paham kode ini ya. Misalnya kamu sama teman-teman lagi ngumpul. Tentu ngerokok sambil ngobrol bikin suasana makin enak. Tapi tiba-tiba ada salah satu temanmu yang batuk-batuk sembari mengibas-ngibaskan tangannya. Bisa jadi itu adalah kode kalau dia terganggun sama asap rokokmu. Mungkin kalau ngomong langsung dia nggak enak, makanya pakai kode batuk aja. Kalau udah gitu sebaiknya matiin rokokmu ya, biar sama-sama enak.

7. Di pojokan ada orang batuk nggak kelar-kelar. Kayak ada suara dahaknya yang bikin gemas. Wah, batuk beneran tuh bukan kode

Batuk berdahak via www.hipwee.com

Dan yang terakhir, kalau kamu dengar orang batuk beberapa kali tapi secara berkala, maka kamu nggak perlu bertanya-tanya lagi apa makna di balik batuk tersebut. Karena memang pada kenyataannya dia emang lagi batuk beneran alias lagi sakit. Nah, kondisi ini juga bisa terjadi sama kamu. Nggak enak dong kalau suasana lagi tenang-tenangnya kamu malah heboh sendiri karena batuk? Apalagi kalau orang-orang udah mulai lihatin kamu. Duh, rasanya pengen pergi aja dari tempat itu.

Kalau kamu lagi ngalamin itu, maka solusi terbaiknya adalah dengan meminum BENADRYL® Batuk Berdahak. Obat batuk yang satu ini emang nggak perlu diragukan lagi, bisa menyelamatkanmu untuk tetap tenang walau batuk berdahak melanda. BENADRYL® Batuk Berdahak memiliki formula yang beraksi sejak hari pertama. Pas banget buat kamu yang lagi terkena batuk tapi harus tetap sibuk bekerja dan bertemu orang banyak karena BENADRYL® Batuk Berdahak juga ga bikin ngantuk. Semoga kamu tetap bisa tenang dan lancar menghadapi kesibukan ya bejibun! Selama ada BENADRYL®, semuanya terkendali! 🙂

Jadi lain kali, kamu harus pahamin jenis batuk beserta makna di baliknya ya. Biar makin peka dikit. ‘Kan kasihan juga kalau orang yang udah kode-kode pakai batuk tapi nggak ditanggapin. Sampai tenggorokannya luka karena pura-pura batuk, kalau kamu nggak paham ‘kan percuma. Hihihi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya