Beberapa waktu lalu di media sosial, tersebar sebuah rekaman tentang pasukan oranye alias petugas kebersihan Jakarta yang sedang membersihkan sebuah got. Mungkin pemandangan ini terlihat biasa saja. Tapi kalau kamu menontonnya sampai habis, kamu bakal tahu bagaimana perjuangan mereka yang sering dianggap sebelah mata. Seorang lelaki terlihat muncul dari dalam gorong-gorong yang berisi air kental berwarna hitam. Dia adalah salah satu petugas kebersihan yang melakukan tugasnya dengan totalitas. Coba kamu bayangkan, kalau nggak ada pasukan oranye, bagaimana nasib Jakarta di kala musim hujan tiba?

Adalah Dadan Wiradana, sosok pemuda yang berani menyelam di got hitam demi mengeruk sampah yang menyumbat aliran air di sana

Menyelami gorong-gorong demi aliran air lancar

Menyelami gorong-gorong demi aliran air lancar via images.detik.com

Dadan Wiradana, lelaki yang akrab disapa Dadan ini adalah sosok dibalik aksi berani menyelami got hitam di salah satu jalan ibukota. Aksinya terekam pada 21 Februari 2017 lalu dan langsung tersebar di media sosial setelah akun Facebook bernama Irfan Jussadi mengunggahnya. Hingga saat ini, hampir dua juta orang sudah menyaksikan totalitas Dadan dalam melaksanakan tugasnya.

Advertisement

Dia rela menyelami got yang penuh dengan air berwarna hitam agar bisa membersihkan sampah yang menyumbat aliran air. Tanpa satupun pengaman, seperti kacamata, alat pemberat, atau yang lainnya, Dadan menyelam berkali-kali ke dalam got hingga tak terlihat. Beberapa detik “bersembunyi” di dalam got, Dadan pun mengangkat sampah yang menghambat aliran got menggunakan pacul.

Salah satu petugas kebersihan yang baru berusia 27 tahun ini bilang, kalau apa yang dilakukannya semata-mata demi pekerjaan, bukan mencari eksistensi belaka

Ini nih sosok penyelam got hitam Jakarta

Ini nih sosok penyelam got hitam Jakarta via images.detik.com

Apa yang dilakukan oleh laki-laki yang masih single ini tentu mendapat perhatian besar dari masyarakat. Pasalnya, aksi ini terbilang nekad dan bisa mengancam keselamatannya. Bayangkan kalau air got yang hitam, berbau, dan menjijikkan itu tertelan atau terkena matanya, tentu akan menimbulkan masalah bagi diri Dadan sendiri. Tapi, tanpa ragu dia memilih untuk nyemplung ke dalam got yang berada di Jalan Lombok, Gondangdia, Menteng, dekat Sekolah Santo Bellarminus. Meski ia mendapatkan pujian dari orang-orang yang melihat videonya, namun sebenarnya bukan itu yang dia cari. Dia semata-mata hanya ingin melaksanakan tugasnya sebagai pasukan oranye dan menyelamatkan Jakarta dari genangan.

Aksi ini tentu menuai apresiasi dari semua kalangan. Namun masyarakat juga meminta Dadan dan teman-temannya dilengkapi dengan perangkat keamanan

Menjalankan tugasnya secara total

Menjalankan tugasnya secara total via usimages.detik.com

Dadan sudah bekerja sebagai pasukan oranye selama lebih dari 3 tahun. Dia merupakan bagian dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta. Hari-hari biasa, Dadan membersihkan jalanan dari sampah atau daun-daun gugur. Kecuali pada saat keadaan darurat kemarin, barulah dia dan teman-temannya turun tangan untuk membersihkan gorong-gorong. Dan di antara rekan-rekannya, Dadan termasuk dalam spesialis saluran yang tersumbat. Makanya, dia terlihat santai dan sudah biasa melakukan aksi ekstrem tersebut.

Advertisement

Setelah videonya viral beberapa hari terakhir, Dadan memang seakan menjadi pahlawan baru bagi ibukota. Dengan tersebarnya vidoe tersebut, Dadan menghimbau warga Jakarta untuk tidak lagi buang sampah sembarangan. Duh, pokoknya salut deh sama pasukan oranye ini! Meskipun mereka sering dipandang sebelah mata, mereka tetap totalitas dalam menunaikan tugasnya. Cakep!

Berikut video keberanian Dadan dalam menyelami gorong-gorong hitam demi mengangkat sampah yang menghambat aliran air:

Meski KOTOR, pekerjaan ini lebih baik dan lebih mulia daripada KORUPTOR, Setuju? #RespectPasukanOrange . Liputan6.com, Jakarta – Hujan lebat tak henti yang mengguyur Jakarta beberapa hari belakangan, tak pelak membuat sungai-sungai meluap. Meski tidak separah dulu, banjir Jakarta yang merendam di beberapa tempat tetap saja membuat warga mengungsi. . Satuan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau lebih dikenal dengan Pasukan Oranye bekerja keras menangani banjir Jakarta. Got-got yang tersumbat oleh sampah, dikeruk dan dibersihkan. Beberapa got dibersihkan dengan cara manual karena sempitnya got. . Sebuah video pasukan oranye viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat aksi heroik PPSU yang tidak diketahui namanya menyelam ke dalam got untuk mengambil sampah. . Yang membuat netizen berdecak kagum adalah petugas tersebut tidak memakai peralatan pengaman sama sekali. Padahal, got tersebut airnya sangat hitam dan terlihat dalam. Video yang diunggah akun Facebook Irfan Jussadi tersebut telah ditonton lebih dari 650 juta kali dan dibagikan lebih dari 18 ribu kali hingga sekarang. Netizen yang melihat hal tersebut memuji, mendoakan, serta berterima kasih atas kerja keras Pasukan Oranye dalam menangani banjir. . #pasukanorange #banjirjakarta #pahlawanku #plg_repost #plg_bgkece

A post shared by PALEMBANG REPOST (SumSel) ⭕ (@plg_repost) on

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya