Indonesia itu negara tropis. Nggak heran kalau banyak dari kita yang punya warna kulit sawo matang atau kecoklatan. Sayangnya, warna kulit asli Indonesia ini kerap dianggap nggak menarik di negerinya sendiri — apalagi kalau kamu cewek.

Di tengah gempuran iklan produk pemutih, sindiran Ibu, Tante, sampai Nenek tentang kulitmu, serta bullying yang kamu dapatkan sejak kecil dari teman-teman, jadi cewek Indonesia yang berkulit gelap itu perlu perjuangan besar. Nggak percaya?

1. Menurut orang tua, waktu kecil kamu itu dekil dan gak cakep-cakep amat…

Anak jelek

Anak jelek via www.hipwee.com

Kamu: “Bu, dulu aku waktu kecil gimana sih?” (ngebayangin bakal dibilang lucu, imut, gemesin)

Ibu: “Jelek. Dekil. Hitam gitu kulitnya.”

Kamu: “Ih, Ibu! Kok sama anak sendiri gitu sih, Bu?”

Ibu: “Lho…kamu kan tanya…ya Ibu jawab seadanya doong…”

Kamu: *ngambek*

Advertisement

2. Orang lain sering sok tahu dan bilang kulit kamu gelap karena sering panas-panasan.

Aku bukan anak layangan, kok. Aku anak congklak

Aku bukan anak layangan, kok. Aku anak congklak via play-with-traditional.blogspot.com

“Makanya jangan suka main panas-panasan waktu kecil. Hitam ‘kan kulitmu sekarang?”

Yeeee….nggak tahu aja mereka kalau hobimu itu tidur siang. Ngapain panas-panasan kalau bisa di rumah aja dan tidur? Ini kulit gelap ya memang keturunan dari keluarga.

3. Walaupun sudah mandi, kamu sering dikira belum mandi

Bahkan kalian tadi nungguin aku mandi

Bahkan kalian tadi nungguin aku mandi via giphy.com

Advertisement

Kamu: “Yuk, jadi pergi nggak? Aku udah siap nih.”

Temanmu: “Lah, kamu mau pergi kok nggak mandi?”

Kamu: (dalam hati) “Padahal mandinya juga udah pake body scrub segala!”

Mentang-mentang kulitmu gelap, orang jadi sering menganggap kulitmu kusam dan tidak segar. Mau mandi selama dan sebersih apapun, kamu akan tetap terlihat seperti belum mandi.

Solusinya? Belajar dandan! Kalau nggak bisa dandan? Ya sudah, urek-urek tanah aja sambil ngurut dada.

4. Karena kulitmu yang gelap, kamu pun sering dianggap nggak pandai merawat diri.

Bahkan lap aja kebakar kalo nyentuh mukamu

Bahkan lap aja kebakar kalo nyentuh mukamu via mentalfloss.com

Kulitmu memang berwarna gelap, jelas kalah cerah jika dibandingkan dengan yang berkulit putih. Tapi bukan berarti kamu tidak pandai merawat diri. Kamu tetap rutin mandi, pakai pelembab, bahkan kadang lulur di salon. Alhasil, kulitmu tetap bersih dan sehat.

Tapi entah kenapa, teteeeep aja ada orang yang ngegodain kamu. Istilah “item” nggak pernah absen dari lidah orang di sekitarmu!

5. Saat ada tren gaya dan kosmetik ala Korea, kamu pengen ikutan coba-coba…

Cute cute!

Cute cute! via sokoglam.com

Melihat kosmetik Korea yang cantik dan super cute, kamu berharap bisa ikutan nyoba produk blush on atau cat kuku mereka.

6. Tapi kamu nggak bisa, karena warna kulitmu nggak kayak orang Korea…

Gagal deh ikutin gaya make-upnya Mbak Suzy

Gagal deh ikutin gaya make-upnya Mbak Suzy via kdramastars.com

Siapa yang nggak mau jadi secantik Yoona SNSD atau Suzy Miss A? Sayangnya, kita bukan mereka. Dari warna kulit pun, udah beda. Yuk…kita gigit jari berjamaah aja!

7. Beli baju pun harus mutar otak dua kali. Nggak semua model dan warna cocok untukmu!

Pakai yang udah pasti bagus aja, deh

Pakai yang udah pasti bagus aja, deh via redcarpetdressess.blogspot.com

Mau beli baju warna pink, tapi warnanya sangat kontras dengan kulitmu. Mau beli rok di atas lutut, tapi nanti warna kulit kakimu terlihat makin kusam. Serba salah ‘kan rasanya? Akhirnya, kamu pun membeli baju dengan warna dan model yang itu-itu saja. Sudah pasti bagus, sih!

8. Perjuangan lain adalah saat harus pergi ke acara dengan dress code baju warna putih!

Temen: “Widiih…ada papan catur lewat…”

Kamu: (diem aja lah) (daripada dia, rata kayak papan cuci baju)

Warna kontras antara kulitmu yang coklat dan bajumu yang putih bakal kelihatan banget. Tapi ya sudahlah, cuek aja. Dibilang mirip papan catur? Sudah biasa!

9. Kalau habis berlibur ke pantai, kulitmu jadi makin gelap dan susah kembali ke warna kulit aslinya

Kulit makin gelap dan belang

Kulit makin gelap dan belang via bellasugar.com

9. Tapi yang paling ngeselin itu kalau ada teman yang juga mengeluh kulitnya gosong…padahal kulitnya masih 5 tingkat lebih putih dari kamu!

fahrani-1973451006

Berani bilang aku Gosong?

Kalau yang ini, kasih senyum aja. Semangatin karena mungkin dia kurang bersyukur, dan ajak perawatan bareng aja ke salon supaya dia berhenti mengeluh.

10. Saat punya pacar yang warna kulitnya lebih putih, kamu diam-diam suka minder…

Warna kulit nggak menjadi masalah buat kalian berdua

Warna kulit nggak menjadi masalah buat kalian berdua via www.cnikky.com

“Ih, cowok kamu putih ya! Kok mau sih sama kamu? ‘Kan nggak cocok”

Mungkin selentingan semacam itu cukup sering kamu dengar dari orang-orang sekitar saat kamu mengenalkan pacarmu kepada mereka. Sedih sih mendengarnya tapi toh kamu tahu kalau pacarmu memilihmu bukan karena fisik semata tetapi juga kepribadian dan hatimu. Cuekin aja dan tetap berikan yang terbaik untuk pacarmu.

11. Tapi di sisi lain, mereka justru yang memberimu saran untuk cari pacar atau calon suami yang putih supaya anaknya nggak berkulit gelap (?)

Maksud lo?

Maksud lo? via www.tumblr.com

“Cari calon suami yang putih aja, biar nanti anaknya nggak hitam kulitnya”

Biarkan saja. Namanya juga manusia. Nggak ada habisnya komentarin hidup orang lain 🙂

12. Kamu penasaran sama aneka produk krim pemutih, tapi hasilnya tetap nihil.

Ikutan coba-coba krim pemutih

Ikutan coba-coba krim pemutih via www.pinkversion.com

Nggak bohong deh, sesekali kamu pasti pernah merasa ingin memiliki kulit yang lebih putih dan cerah. Alhasil, kamu mulai mencoba krim-krim pemutih yang sering muncul di iklan-iklan televisi. Sayangnya, produk-produk ini tidak memiliki efek apapun untuk kulitmu. Ya sudah, terima aja. Kamu pun berusaha pede dengan kulit gelapmu.

13. Di saat kamu sudah mulai pede dengan kulitmu, orang-orang sekitar justru semakin rewel dan sering mengomentari

Mereka semakin sering kasih kamu rekomendasi lulur, krim pemutih, atau dokter kulit yang bagus. Bahkan, mereka juga langsung bawa kamu ke salon untuk perawatan supaya nggak terlihat kusam lagi.

*aku menggelepar saja lah, Bu!*

14. Kalau ada acara keluarga, kamu sering dibandingkan dengan warna kulit kakak atau adikmu yang lebih putih.

"Kakakmu lebih putih ya?"

“Kakakmu lebih putih ya?” via posh24.com

“Ini Mbaknya putih tapi kok adiknya hitam, sih?”

Duh, namanya juga keluarga jauh…kalau basa-basi memang suka kelewatan.

Nah biasanya habis ngomong seperti itu, mereka akan ngomong kalimat ini…

15. Kalimat yang cukup menghibur: “Tapi nggak apa-apa, kok. Hitam ‘kan manis.”

Yang ini juga hitam manis 'kan?

Yang ini juga hitam manis ‘kan? via mamiberanimimpi.blogspot.com

Kamu lumayan sering dapat kalimat hiburan macam gini, sampai-sampai sekarang kamu sering menyamakan warna kulitmu dengan kecap.

16. Berkulit gelap juga sering membuatmu dianggap jadi wanita idaman pria bule. Katanya, sih…

Kalau dia, aku nggak nolak

Kalau dia, aku nggak nolak via gifhunterress.tumblr.com

Kalau bulenya kayak yang ini sih siapa yang nolak? Tapi kalau bulenya nggak pernah mandi dan sukanya cuma mabuk-mabukan di pinggir pantai…duh, enggak deh!

17. Tapi tidak apa-apa! Walaupun banyak perjuangannya, dengan berkulit gelap kamu nggak perlu capek-capek tanning lagi!

Kulitmu sudah eksotis dari sananya

Kulitmu sudah eksotis dari sananya via www.indopos.co.id

Kamu sudah eksotis dari sananya, sih.

18. Daya tahan kulitmu terhadap sinar UV juga lebih tinggi…

Bermain di bawah terik matahari bukan masalah

Bermain di bawah terik matahari bukan masalah via feminspire.com

Kulit berwarna gelap memiliki melanin yang lebih banyak dari kulit berwarna putih. Maka dari itu, orang berkulit gelap memiliki daya tahan yang lebih tinggi terhadap sinar UV yang berbahaya. Sinar UV ini merupakan salah satu penyebab penyakit kanker kulit. Jadi kalau kamu berkulit gelap, risikomu untuk terkena penyakit kanker kulit menjadi jauh lebih kecil.

19. Lagipula, cantik itu nggak harus selalu putih, kok!

Prisia Nasution selalu cantik dengan kulit coklat eksotisnya

Prisia Nasution selalu cantik dengan kulit coklat eksotisnya via www.ceritamu.com

Coba kamu ingat-ingat, banyak kok artis dalam dan luar negeri yang tetap terlihat cantik, anggun, dan menawan walaupun tidak berkulit putih. Sebut saja Beyoncé, supermodel Tyra Banks, aktris Halle Berry, Prisia Nasution, model Fahrani, dan Titi Rajo Bintang.

Kulit gelap tidak lantas menjadi halangan mereka untuk tetap terlihat cantik. Mereka justru membuat kulit gelap dan eksotisnya tersebut menjadi sebuah kelebihan yang memberikan mereka ciri khas yang tidak dimiliki oleh banyak artis lainnya. Karena ‘perbedaan’ itu pula lah yang membuat mereka mudah untuk dikenali publik.

20. Tapi, jangan lupa untuk tetap merawat kulit cantikmu

Tetap rawat kecantikan kulitmu

Tetap rawat kecantikan kulitmu via rollingout.com

Perawatan kulit tetap kamu butuhkan. Bukan untuk terlihat putih, tetapi untuk kulit yang sehat dan berkilau. Kulit gelap tidak harus selalu kusam, kok. Dengan perawatan sederhana dan mudah, kamu bisa memiliki kulit gelap yang berkilau dan menarik.

21. Pada akhirnya, kamu tetap bangga kok punya warna kulit macam ini…

Kamu juga tetap cantik, kok!

Kamu juga tetap cantik, kok! via kempiredaily.com

Kamu nyaman dengan warna kulitmu. Itu udah yang paling pas. Kalaupun ditawari ganti kulit sama Tuhan, kamu nggak akan mau. Kamu bangga dengan kulit gelapmu!

Begitulah suka dan duka dari cewek-cewek yang berkulit gelap. Meskipun sering mendapat perkataan yang tidak enak, jangan patah semangat. Kamu akan tetap bisa menjadi cantik dan menarik kalau kamu bisa membawa dan merawat diri dengan baik. Jangan lupa rawat hatimu juga ya, supaya jadi cantik luar dan dalam!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya