9 Istilah yang Susah Ditemukan Padanannya dalam Bahasa Indonesia. Siapa yang Bikin sih? :(

Istilah asing bahasa Jawa

Ngomongin tentang Indonesia, rupanya memang nggak ada habisnya. Mulai dari budayanya, kekayaan alam, bahkan hingga bahasa dan istilah-istilah yang bakal ditemukan di berbagai daerah. Uniknya, saking kayanya bahasa dan juga kata-kata yang ada, kalimat ini bahkan mustahil untuk kamu temukan padanannya di bahasa Indonesia, alias benar-benar susah diartikan dalam bahasa nasional.

Advertisement

Namun, keunikan tersebut justru yang bikin kita semakin penasaran tentang bagaimana istilah-istilah itu ada dan siapa penciptanya. Kalau kamu menghabiskan hidupmu di area perkampungan, mungkin istilah ini nggak asing. Tapi rupanya banyak juga lo yang sampai sekarang nggak paham. Simak deh!

1. Biasanya, kondisi ini bakal terjadi saat kamu baru aja selesai makan atau minum dan terpaksa melakukan hal-hal berat. Jangan sampai kayak gini, ya, bahaya!

Istilah suduken. via www.hipwee.com

2. Dalam bahasa Jawa, istilah kisinan dapat diartikan sebagai malu atau dipermalukan. Tapi jika mengikuti kalimatnya, nggak mungkin juga dong berubah jadi kemaluan 🙁

Istilah kisinan. via www.hipwee.com

Advertisement

3. Kalau kamu pernah lihat pusaran pada rambutmu sendiri atau seseorang, itulah yang dinamakan unyeng-unyeng. Nggak tahu juga asalnya dari mana 🙁

Ubun-ubun? via www.hipwee.com

4. Bagi orang Jawa, tentu udah nggak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Biasanya bakal muncul saat ada seseorang yang merasa jengkel dengan orang lain karena terlalu banyak dikomentari olehnya

Istilah ndremimil. via www.hipwee.com

5. Kunduran ini jadi salah satu istilah yang paling susah dicari padanannya di KBBI lo, nggak mungkin, kan, mau diartikan sebagai ‘kemunduran’?

Istilah kunduran. via www.hipwee.com

Advertisement

6. Gimana? Udah makin nggak paham lagi sama kekayaan bahasa dan istilah kedaerahan kita, kan? Kok ada-ada aja, ya, yang menggambarkan situasi-situasi terntentu 🙁

Istilah mobat-mabit. via www.hipwee.com

7. Biasanya, istilah ini sering diucapkan oleh seorang ibu yang udah berada titik jengkel pada anaknya karena nggak bisa diatur. Pokoknya kelakuannya nggak kayak manusia~

Istilah nil-nilan. via www.hipwee.com

8. Kalau diperhatikan lebih lanjut, kayaknya istilah ini benar-benar berasa local wisdom banget, ya. Satu-satunya istilah yang ada di dunia!

Istilah seliliten. via www.hipwee.com

9. Nih, buat yang sukanya serakah soal makanan, jangan sampai deh kena kejadian keloloden begini. Salah-salah nyawamu bisa bablas lo!

Istilah keloloden. via www.hipwee.com

Sebenarnya masih banyak banget istilah-istilah unik yang jelas nggak bakal bisa kamu temukan di KBBI. Meski begitu, artinya pun kadang unik dan bikin kita sadar bahwa Indonesia itu kaya banget, hal-hal kecil dan sepele begini aja bisa banyak banget.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE