Membedah Asal Usul Jargon “Tarik, Sis, Semongko!” Nggak Ngomongin tentang Buah lo, ya~

Jargon Tarik Sis, Semongko!

“Tarik, Siiiiiisssss! Semongkoooo~”

Advertisement

Ada yang familiar dengan kalimat tersebut? Ya, hampir setiap orang di Indonesia saat ini banyak banget yang melontarkan kalimat itu secara spontan. Entah saat bercengkerama dengan kerabat hingga ketika membuat berbagai macam konten di media sosial. Saking seringnya kalimat yang lebih mirip seperti jargon karena diucapkan dengan semangat itu kita dengar setiap harinya, maka nggak heran jika sebagian dari kita pun merasa penasaran tentang asal-usul dari kalimat tersebut.

Maklumlah, ya, namanya juga zaman serba instan, sekalinya viral langsung sampai ke mana-mana dan bahkan nggak kita ketahui asal-usulnya. Tapi kalau kamu tahu, sejarah munculnya jargon misterius, konyol, namun bikin senang dan mendadak semangat itu bisa dibilang unik banget lo. Ya, sekarang siapa sih yang kepikiran untuk menciptakan sepenggal kalimat dan kemudian banyak dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Nggak percaya? Coba simak ulasan di bawah ini, ya!

Biasanya sering banget buat konten media sosial dan trending di Twitter, Facebook, hingga TikTok

Jika kamu cermati, jargon yang satu ini sering banget muncul di berbagai konten di media sosial. Tapi memang yang paling sering sih nongol di Twitter, Facebook, hingga konten TikTok. Apalagi beberapa waktu lalu muncul video seorang anak kecil yang tengah rewel, kemudian seseorang yang mengambil video tersebut berteriak, “Tarik, Siiiissss!?”, Sontak si bocil itu menyahut, “Semongkoooo!”. Padahal kalau dilihat-lihat kondisi mood-nya saat itu lagi jelek banget, dan bahkan udah nyaris mau nangis.

Advertisement

Terbukti, kan, bahwa kalimat yang satu ini memang lagi laris banget dilontarkan banyak orang di seluruh Indonesia. Selain itu, dia punya kekuatan magis untuk mendistraksi anak kecil yang mau nangis untuk tiba-tiba ketawa sendiri. Kalau sudah begini, ya, siapa sih yang nggak makin penasaran tentang orang pertama di balik ajaibnya jargon tersebut.

Pertama kalinya jargon tersebut dilontarkan oleh seorang MC dangdut terkenal

Setelah dilakukan penelusuran, rupanya jargon kocak tersebut pertama kalinya dilontarkan oleh seorang MC dangdut terkenal bernama Ridho Woyo-woyo. Sedangkan, jargon ini pertama kalinya muncul sebagai pengiring lagu yang tengah naik daun di Indonesia berjudul “Bunga”. Udah jargonnya dangdut banget, MC-nya juga nggak kalah khas dangdut, kurang maskimal apalagi coba? Bagi orang-orang penggemar dangdut sih tentunya udah nggak asing lagi dengan kalimat ini dan juga nama Ridho Woyo-woyo.

Advertisement

Ajaibnya, sama seperti kalimat-kalimat yang sering nongol pada dunia dangdut. Jargon ini sebenarnya juga diciptakan sama seperti yang udah-udah. Kayak misalnya “Buka sitik, jos!” dan juga “Haaa’eee!” serta berbagai macam jargon lainnya yang mungkin udah pernah kita dengar sebelumnya. Tapi uniknya, kalimat yang satu ini seperti mendapat sorotan tersendiri di mata dan telinga banyak orang Indonesia. Makanya nggak heran jika hanya dalam waktu sekejap, tarik sis bisa mendadak tenar.

Nggak cuma asal-asalan, ternyata begini arti jargon kocak tersebut. Ada maknanya, Guys!

View this post on Instagram

Udah paham kan "SEMONGKO" @zolindia

A post shared by UhEmez (@uhemez) on

Setelah berkali-kali terngiang di telinga hingga masuk dan menjadi beban pikiran karena bikin kita semua penasaran tentang asal-usulnya, rupanya jargon tersebut bukan dibikin secara asal-asalan lo. Sebaliknya, ada makna keren di balik kalimat kocak yang satu ini. Melalui penjelasan seorang warganet dari video berdurasi singkat di atas, dia membedah tentang penjelasan di balik jargon tersebut. Tarik sis sendiri berarti dengan tarik neng, tarik bang, tarik bos, atau istilah gaulnya sih mungkin sama dengan let’s gooo! Sedangkan semongko, bukan berarti buah semangka, lebih dari itu, semongko adalah singkatan dari semangato sampek bongko, atau dalam bahasa Indonesia berarti bersemangatlah sampai mati.

Sekarang udah nggak penasaran lagi, kan, dengan kalimat viral yang satu ini? Memang nggak dimungkiri sih kalau orang-orang dangdut itu selalu bisa bikin jargon unik, spontan, dan kocak yang bisa menggugah semangat siapa pun yang mendengarnya. Nggak perlu motivasi muluk-muluk, kayaknya kalimat tersebut udah cukup buat mood booster seharian deh~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE