Jawaban Untuk Kamu yang Selalu Bertanya, Kenapa Kami Suka Drama Korea…

Korean lovers dan Korean haters sering kali berdebat tentang pendapat mereka terhadap drama-drama Korea. Yang suka akan mati-matian membela dan sebaliknya yang nggak suka juga membencinya habis-habisan. Sebagai minoritas dibandingkan pecinta drama Turki dan India, inilah jawaban kami pecinta drama Korea untuk kalian yang selama ini bertanya-tanya.

1. Nggak semua drama Korea itu cengeng atau menye-menye. Cerita yang diangkat justru beragam dan pesan yang disampaikan sangat mengena di hati.

Cerita drama korea banyak juga yang dalam maknanya

Cerita drama korea banyak juga yang dalam maknanya via rebzombie.com

Advertisement

Banyak yang bilang para penikmat drama Korea suka hidup di negeri dongeng dan mendambakan kehidupan dramatis. Dijamin 100%, yang bilang kayak gini baru nonton satu atau dua drama. Padahal drama Korea yang benar-benar menjunjung kualitas cerita sangat banyak dan justru kita tak menemukannya di sinetron Indonesia.

2. Angle kameranya nggak main-main, kualitasnya udah mirip-mirip kayak film-film layar lebar.

Angle yang diambil membuat ceritanya lebih hidup

Angle yang diambil membuat ceritanya lebih hidup via youtube.com

Angle kamera sangat berpengaruh terhadap bagaimana cara kita memaknai cerita. Kalau cara pengambilan gambarnya cuma itu-itu saja ya ceritanya nggak bakal seru.

3. Kami tuh sangat kagum dengan cara orang Korea memperkenalkan budayanya lewat cerita-cerita drama. Nggak bakal bikin bosen deh pokoknya!

Selalu ada nilai-nilai budaya yang diperkenalkan

Selalu ada nilai-nilai budaya yang diperkenalkan via showwallpaper.com

Bukan hanya karena pemainnya ganteng dan cantik, tapi budaya masyarakat Korea yang tampak dalam setiap adegan drama juga sangat menarik dan banyak sisi positif yang bisa diambil.

4. Kata siapa aktor Korea itu “cantik” dan kurang “laki-laki”, mereka bisa terlihat macho banget kok dengan caranya sendiri.

Nggak semuanya cowok 'cantik' kok!

Nggak semuanya cowok ‘cantik’ kok! via fanpop.com

Cowok-cowok bilang kalau kaum adam Korea selalu memiliki penampilan yang mengurangi nilai macho mereka. Padahal banyak juga aktor Korea yang benar-benar macho, jangan-jangan kamu iri ya karena nggak bisa se-macho mereka?

5. Beberapa memang wajahnya mirip-mirip. Tapi nggak bisa dipungkiri, mereka tetap ganteng dan cantik-cantik ‘kan?

Jujur, cantik-cantik kan mereka?

Jujur, cantik-cantik kan mereka? via mewmewhyorin.blogspot.com

Operasi plastik di Korea memang sudah tak diragukan lagi banyaknya. Terlepas dari setuju atau tidak, kita tetap harus mengakui bahwa wajah mereka memang tampan, cantik, dan sedap dipandang mata. Kamu yang tak suka dan enggan dibandingkan ketampanan atau kecantikannya sah-sah saja, tapi kalau kami masih tetap menyukainya.

6. Selalu ada quote bagus di setiap adegannya, quote yang seringkali menginspirasi atau bahkan memotivasi masa depan kita.

Kalimat-kalimat bijak ini yang paling sering dinanti-nanti

Kalimat-kalimat bijak ini yang paling sering dinanti-nanti via relatably.com

Hampir semua drama Korea selalu memenuhi adegan-adegannya dengan quote-quote bagus yang sangat menginspirasi dan mengena di hati. Biasanya berupa kata-kata motivasi atau nasehat hidup yang maknanya sangat dalam.

Advertisement

7. Ceritanya gak mudah ditebak dan selalu bikin kita penasaran. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Pokoknya bikin pengen nonton terus…

Akhirnya dia sama si A apa si B ya?

Akhirnya dia sama si A apa si B ya? via theninno95me.tumblr.com

Tak selalu happy ending dan tak jarang kita dibuat emosional dan penasaran akut karena dalam suatu episode diakhiri dengan tanda tanya besar yang sulit kita tebak seperti apa kelanjutannya nanti.

8. Jumlah episode-nya gak sebanyak sinetron Indonesia. Males banget gak sih kalau ceritanya sampai bisa dibikin jilid kedua atau bahkan ketiga?

Paling cuma 16 - 21 episode

Paling cuma 16 – 21 episode via youtube.com

Semua cerita punya visi yang jelas dan tidak akan ada perubahan angle cerita di tengah jalan. Jumlah episodenya pun sudah jelas sejak awal cerita tersebut dimulai. Walaupun ratingnya meroket, tak akan ada kebijakan khusus untuk memperpanjangnya hingga puluhan episode, paling hanya satu sampai tiga episode saja.

9. Semua pemainnya punya skill akting yang berkualitas, gak salah ‘kan kalau penonton jadi mudah terbawa cerita?

Akting mereka sangat detail sehingga sangat menyentuh hati

Akting mereka sangat detail sehingga sangat menyentuh hati via hancinema.com

Pemain figurannya saja bisa berakting layaknya bintang utama, tentu bisa dibayangkan bagaimana kualitas akting bintang papan atasnya. Mereka sangat profesional dan totalitas dalam berakting dan sebagai penonton pun kami sangat menikmatinya.

10. Bukannya nggak cinta Indonesia, justru dari drama Korea kita belajar bagaimana cara mereka mencintai negaranya.

Descendant of The Sun, drama laris yang masih on going dan diputar di banyak negara

Descendant of The Sun, drama laris yang masih on going dan diputar di banyak negara via soompi.com

Drama Korea justru yang sering menginspirasi kami tentang bagaimana mencintai negeri ini. Banyak cerita drama yang diangkat memiliki tema nasionalisme atau sejarah mereka yang sebenarnya tak jauh beda dengan kita, sama-sama ketimuran.

Entah kamu suka atau tidak dengan drama Korea marilah kita berdamai dan mengakhiri perdebatan serta adu mulut untuk saling menjelekkan. Toh dunia ini selalu punya lebih dari dua sisi dan sisi manapun yang kamu pilih bukanlah masalah yang berarti karena perbedaan itu sangat wajar dalam kehidupan ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ceritagrammer

124 Comments

  1. Benar banget, suka-suka pokoknya filem Korea…

  2. yes, bener banget. tmbah cinta dengan drakor.

  3. Mont Munaho berkata:

    Terlalu lebay and mirip semua sulit di bedain tp mungkin karena oplas semua makanya tetap sama…

  4. Shofie Nafisah berkata:

    benar sekali. .drama korea banyak kasih inspirasi juga.
    gak monoton juga ceritanya.

  5. Dewi ARyanti berkata:

    Benar bangett…
    gmna kita gk nntn dramkor secara mereka berkualitas baik dri segi jaln crtany yg bsa buat penonton baper ditambah akting natural dri pra pemainnya..epsde yg jelas itu yg penting..

    Dn tekadang dramkor memberikan kmi pelajaran ttg khidupan..
    Misalnya aja..dream high dramany udh lama sih tp disini sya yg msh SMA wkt nntn ini termotivasi sx..nglhtn prjuangan mrka..
    Ahkk..bgi pecinta dramkor sejati pasti mash bnyk dramkor lain yg lbh baik..
    Soal oplas atau gk..itu kn privasi mrka dan budaya mrka..
    lgian hal itu gk mmpgruhi kualitas aktg mrka yg ttp kece..

  6. Kurnia Ningsih berkata:

    benar banget. untuk mereka yang hanya tau n menonton tapi tidak memahami seni n kualitas dramaxa. akan menganggap drama anak alay. jauh lebih berkualitas dan mendidik daripda sinetron sinetron yang ada

CLOSE