Kancah hiburan tanah air kembali berduka. Senin malam (20/11), sekitar pukul 20.00 WIB, salah satu artis senior Indonesia berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa. Nurlaila Sari Lubis, artis kelahiran Padang Panjang, 4 November 1935 ini mengembuskan napas terakhir di kediamannya di bilangan Jakarta Barat.

Nama Laila Sari mungkin sudah nggak asing lagi di telinga kita. Nenek yang sudah memiliki cicit ini masih sempat tampil di layar kaca meski usianya nggak lagi muda. Selama berkarya di dunia hiburan tanah air, Laila Sari selalu mengundang gelak tawa penonton. Ia membuktikan bahwa usia nggak menghalangi siapa pun untuk tetap menghibur.

Laila Sari merupakan salah satu artis yang berkiprah di dunia hiburan tanah air cukup lama, lebih 60 tahun ia menghiasi layar kaca kita

Artis tiga generasi. via www.kapanlagi.com

Advertisement

Laila Sari memulai debutnya di kancah hiburan sejak remaja. Ia mengawali kariernya sebagai penyanyi dan pemain sandiwara. Suaranya yang merdu membuat namanya populer di masa itu. Dari panggung, Laila mulai merambah dunia akting dengan bermain di film Air Mata Ibu (1957). Sejak saat itu, Laila Sari mulai sering menampilkan kemampuan aktingnya di berbagai film. Bahkan, ia pernah berperan di puluhan film dan sinetron. Mengawali karier di usia yang begitu muda dan tetap berkiprah di dunia hiburan hingga akhir hayatnya, wajar saja bila Laila Sari disebut sebagai artis tiga zaman atau tiga generasi.

Nenek 82 tahun ini dikenal dengan aktingnya yang kocak dan suara khasnya yang sanggup menyanyikan lagu rock

You rock, Nek! via sindonews.net

Semakin bertambah usia Laila, ia pun semakin dikenal sebagai salah satu pelawak yang tampil dengan sangat menghibur. Di beberapa acara humor, kehadiran sosok Laila Sari sangat dinantikan penonton. Nggak cuma menghibur penonton, bagi Laila apa yang dilakukannya itu juga untuk menghibur dirinya sendiri. Nggak hanya jago melawak, suara Laila juga masih tetap sama seperti dulu. Bahkan, ia sanggup menyanyikan lagu-lagu rock sehingga nenek yang satu ini sering disebut ‘nenek rocker’. Suaranya yang melengking tingga membuat orang-orang kagum, apalagi di usianya yang sudah senja.

Untuk ukuran artis tiga generasi, kehidupan Laila Sari sangat sederhana bahkan terbilang sangat pas-pasan

Menafkahi anak dan cucu via foto.detik.com

Namun berkiprah di dunia hiburan selama tiga generasi nggak serta merta membuat kehidupan Laila kaya raya. Bahkan lebih dari 60 tahun berkarya, kehidupannya sangat pas-pasan. Apalagi sejak sang suami, Murdadi Iskandar atau Burtje, menderita stroke dan ibunya yang sudah sakit-sakitan. Kondisi tersebut membuatnya untuk mundur dari dunia hiburan dan mengurus sekaligus menjadi tulang punggung keluarga. Hingga akhirnya sang suami meninggal tahun 2000 lalu, begitu juga dengan sang ibu, Laila lantas fokus mengurusi anak, cucu, hingga cicitnya. Ia tetap menjadi tempat keluarganya menggantungkan hidup. Laila yang seharusnya sudah bisa menikmati masa tuanya harus tetap banting tulang demi menghidupi keluarganya.

Saat menghadiri salah satu program televisi beberapa waktu lalu, Laila Sari mengaku kehidupannya yang sulit menuntutnya harus mencari nafkah di usianya yang nggak lagi muda

Hidupnya sangat pas-pasan. via www.youtube.com

Advertisement

Bahkan saat ia tampil di salah satu program televisi swasta beberapa waktu lalu, Laila menceritakan bagaimana kondisi hidupnya saat ini. Kehidupannya dan keluarga bahkan jauh dari kata layak untuk ukuran seorang artis. Di usianya yang telah menginjak 82 tahun ini, ia tetap bekerja agar keluarga tetap bisa makan. Laila bahkan sempat mengatakan kalau sebenarnya ia sudah capek dan letih. Tenaganya sudah nggak sekuat dulu lagi. Tapi ia nggak bisa berhenti mencari nafkah, karena keluarganya butuh uang untuk menyambung hidup. Melihat kehidupan Laila Sari yang memprihatinkan ini, sebuah laman donasi dibuka demi meringankan beban hidup Laila Sari dan keluarganya.

Kegigihan Laila Sari ini tentu saja menjadi teladan bagi kita untuk tetap terus berusaha. Apalagi di usianya yang nggak lagi muda, Laila Sari tetap tegar dan kuat menjadi tulang punggung keluarga. Selamat jalan, Nek. Semoga ditempatkan di sisi-Nya yang layak. Terima kasih atas kiprahmu di dunia hiburan selama ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya