5 Hal Kocak yang Sering Bikin Kakak Iri sama Adiknya. Nggak Heran Kalau Dia Suka Jahil Padamu

Kakak iri pada adik

Hubungan kakak-beradik nggak pernah benar-benar akur. Dalam keseharian ada saja pertikaian yang mesti dilewati. Hanya gara-gara remote TV aja kakak dan adik bisa beradu mulut. Apalagi jika keduanya laki-laki, cuma karena merasa nggak adil atas pembagian roti, keduanya bisa berkelahi.

Advertisement

Kejahilan kakak juga sering menjadi awal mula pertikaian. Adik yang lagi santuy, tiba-tiba diganggu sampai akhirnya nangis. Setelah nangis, kakak kabur ke kamar menghindari omelan emak. Sebagai adik, kamu mungkin pernah sampai berpikir kenapa kakak sejahil itu, kamu nggak pernah cari gara-gara, tapi selalu kena. Jawabannya mungkin karena iri. Bisa jadi kakakmu iri karena 5 hal ini. Cekidot!

1.ย  Kakak selalu iri sama adiknya yang terus-menerus dapat perhatian emak. Teriak dikit pas diganggu, langsung dibelain sama orang tua

Iri karena selalu diperhatiin emak. via today.line.me

Sikap orangtua di mana-mana barangkali sama, anak yang lebih kecil akan mendapat perhatian lebih. Adik dianggap belum punya kemampuan lebih untuk membela diri, makanya dibela. Nah inilah yang kadang bikin iri kakak. Dia yang dulu diperhatikan merasa kehilangan kasih sayang itu. Alhasil dia lampiaskan kekesalan itu ke adik.

Saking kesalnya, dia sudah nggak lagi peduli nantinya bakal diomelin. Ganggu atau nggak ganggu toh sama saja, dia melulu yang disuruh mengalah. Huft.

2. Ketika kakak mengambil jatah jajanan adik sejatinya sedang melampiaskan kekesalan karena adiknya lebih sering dibelikan ini-itu

Prank selai. via brightside.me

Memakan jatah adik adalah bentuk keirian kakak ke adiknya. Motifnya nggak selalu karena lapar atau celamitan, bisa juga karena iri melihat adik selalu mendapatkan keinginannya. Minta es krim, mainan, jalan-jalan hampir selalu dituruti. Kesal dengan orangtua, akhirnya kakak melampiaskannya ke adik. Sekilas kejam, tapi yang namanya bocah emang begitu cara protesnya. Malas juga protes langsung, jarang didengar.

3. Sadar nggak sih kalau adik selalu dapat fasilitas yang lebih dibanding kakaknya dulu? Wajar aja kalau kakaknya kesal

Adik minta mainan langsung dibeliin, giliran aku โ€ฆ. via hot.liputan6.com

Dulu pas SD kakak jajannya seribu. Pas adiknya SD dapat uang saku dua ribu. Dulu kakak ulang tahun dirayainnya cuma pakai kue. Pas adiknya ulang tahun, diadain pesta ulang tahun. Ketidaksetaraan ini nggak semata-mata karena orangtuanya nggak adil, melainkan karena perubahan tingkat perekonomian. Dulu orangtuanya mungkin belum sukses, pas adiknya lahir, kondisi keuangannya sudah aman.

Hal-hal seperti ini yang nggak dipahami bocah. Kakaknya selalu melihat itu dengan ketidakadilan, makanya dia jahil terus.

Advertisement

4. Kadang adiknya juga ngeselin sih, cari gara-gara sendiri tapi pembelaan. Dasar manipulatif

Kakak dimarahin terus. via fiqhcewek.blogspot.com

Mentang-mentang dapat pembelaan, kadang adiklah yang duluan cari gara-gara. Kakaknya lagi santai, dijahilin. Giliran dibales, manggil emak, nangis. Kejadian ini bukan malah bikin kakak takut. Kakak justru semakin terilhami untuk mengerjai balik. Singa tidur kok diusik. Dasar bocah.

5. Sadar nggak sih kalau fisik adik seringnya lebih sempurna dari kakak? Adik lebih tinggilah, lebih cantik, lebih pintar

Adik seringnya lebih cantik/ganteng dari kakak. via banjarmasin.tribunnews.com

Ada fakta unik kalau adik seringkali memiliki kelebihan yang dimiliki kakaknya. Mulai dari keahlian, bakat, sampai yang paling sering adalah kondisi fisik. Kamu sering menemui adik lebih cantik/ganteng dari kakaknya kan? Fenomena ini bikin kakak kesal karena kalau nongkrong selalu diledekin teman-temannya: โ€œKok gantengan/cantikan adik lu?โ€. Salah satu alasan kenapa kakakmu suka nyebelin ke kamu karena sebenarnya dia iri.

Kejahilan kakak bisa disebabkan banyak hal. Bisa jadi karena sifatnya memang jahil, bisa juga ada penyebab lain seperti iri yang sudah dibahas di atas. Kamu mungkin kesal, tapi tenanag saja, kejahilan itu pelan-pelan akan pudar seiring kedewasan. Kalau udah gede biasanya dia sadar dan baik sama kamu. Suka ngasih jajan, nganterin ke mana-mana, sampai bantuin kalau kamu butuh pertolongan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE