Cewek memang terkadang membingungkan, apalagi pas lagi sedih. Biasanya tantangan terberat bagi cowok adalah menghadapi ceweknya yang lagi nangis. Cowok harus ekstra hati-hati kalau sudah begini. Salah sedikit aja, kamu bisa memperparah keadaan. Tujuan yang baik terkadang juga nggak selalu bisa diterima cewek yang lagi nangis. Dia hanya butuh lebih dimengerti saat itu.

Memang sih, cewek kalau lagi nangis sulit ditebak. Terkadang rasanya gini salah, gitu salah. Makanya, untuk menghadapi hal ini ada beberapa hal terlarang yang nggak boleh kamu lakukan saat cewekmu lagi nangis.

1. Hal yang paling umum sekaligus terlarang adalah tanya “Kamu kenapa? Lagi ada masalah?”

udah jelas-jelas nangis, masih ditanya lagi ada masalah nggak via giphy.com

Sudah jelas banget, yang namanya cewek nangis, pasti lagi ada masalah. Hal inilah yang paling nggak disukai cewek. Kamu bakal dianggap nggak peka, nggak perhatian, dan lain-lain. Mungkin tujuanmu memang bagus nanyain kenapa kok dia nangis. Mending kamu tunggu sampai kira-kira dia sudah reda, baru kamu tanya baik-baik.

2. Sudah tahu pacarmu lagi ada masalah, kamu malah diam sambil liatin terus. Apalagi liatinnya sampai gini banget …

diem, lihatin cewek dengan penuh perhatian via giphy.com

Advertisement

Diam saja juga bisa jadi masalah. Kamu nggak boleh nggak bereaksi gitu dong lihat pacar kamu kena musibah. Kalau kamu cuma lihatin dia aja tanpa bertindak, kamu juga bisa dikira cuek, dingin, nggak perhatian. Bingung, kan? Tanya salah, diam juga salah. Huft!

3. Oke, niatmu emang baik, tapi kamu bakal dikira nggak peka kalau nyetop dia nangis

tenang dikit dong, sayang via giphy.com

Tujuanmu memang baik, pengen dia tenang. Tapi, cewek butuh waktu untuk meluapkan emosinya dengan cara menangis. Kalau memang itu caranya, menghentikannya justru menghambat dia meluapkan semua masalahnya. Bersedia mendengarkan saat dia nangis jauh lebih baik ketimbang nyetop dia nangis.

4. Cewek memang wajahnya berubah pas lagi nangis, tapi mengomentarinya bakal bikin nangisnya tambah jadi.

cewek kalau lagi nangis ya begini ini via giphy.com

Cewek, terutama yang ekspresif, wajahnya bakal berubah drastis pas lagi nangis. Memang sih nggak semua, tapi ada juga yang ingusnya meler, maskaranya luntur, dan sebagainya. Tentunya cewek nggak suka kalau wajahnya kelihatan jelek, apalagi di tempat umum. Nah, tujuanmu mungkin baik biar dia nggak kelihatan sedemikian rupa, tapi mengomentarinya justru bikin tambah parah keadaan.

Cowok : Udah dong nangisnya, sayang. Ntar kamu tambah jelek lho.

Cewek : Huaaaaaaaa!!!!!

5. Sok berusaha memahami perasaannya, padahal jujur aja kamu pasti nggak paham apa yang dia rasakan.

kamu bohong via giphy.com

Kebanyakan sih cowok sulit memahami perasaan ceweknya. Kalau kamu nggak paham, jangan deh kamu bilang ke dia

“Aku ngerti kok perasaan kamu”

Dia ngerti kok kalau kamu sebenarnya nggak ngerti apa-apa soal yang dia rasakan. Dia ngerti juga karena belajar dari keseharian.

6. Cewek paling nggak suka kalau nangis disangkut-sangkutin sama tamu bulanan

“nggak ada hubungannya sama lagi dapet!” kata cewek via giphy.com

Nangis memang tanda emosi lagi nggak stabil. Tapi nggak stabil juga nggak melulu berkaitan sama tamu bulanan. Cewek paling nggak suka kalau emosinya saat itu disangkut-sangkutin sama lagi dapet (apalagi kalau memang dia lagi dapet). Jadi, supaya gak muncul perang dunia, mending jangan singgung-singgung masalah tamu bulanan deh. Bahaya bro!

7. Kalau kamu udah mentok dan bingung mau ngapain, jangan malah nanya ke dia enaknya kamu harus gimana.

terus aku harus gimana? via www.mmamania.com

Pas udah deadlock nih, cowok bingung harus ngapain. Ngomong salah, diem juga salah. Cowok dilarang keras nanya “terus aku harus gimana?”. Cowok bakal kelihatan bodoh. Orang dia lagi sedih, lagi kena masalah, masak cowoknya ikut-ikutan bingung. Setidaknya kamu bisa memberi bantuan buat dia (memberi tisu atau pelukan misalnya), bukannya malah minta bantuan.

8. Kamu pengen tahu kalau kamu merasakan hal yang sama, terus kamu malah ikut nangis. Nggak gitu juga keles. Inget, dia butuh kamu sebagai sandaran

Lah, malah ikut nangis via www.thegloss.com

Mungkin kamu paham betul apa yang dia rasakan. Kamu pengen dia tahu kalau kamu juga merasakan hal yang sama dengan cara ikut nangis. Stop! Jangan terlihat lemah di depan dia. Cewek lagi nangis tandanya butuh kamu sebagai sandaran. Jadi, kamu harus terlihat kuat dan gak rapuh di matanya.

9. Menyepelekan masalah dia, malahan sok cool bilang “Sudah, sudah, masalah kecil gitu nggak usah ditangisin” sama aja kamu nggak memahami perasaannya

it’s okay, it’s okay, indera pengelihatanmu! via giphy.com

Hal ini sudah jelas terlarang banget. Seperti apapun masalah yang dia alami, pastilah ada beban tersendiri bagi dia. Kalau dia sampai nangis, tandanya masalah itu cukup mengganggu perasaannya. Menyepelekan masalah dia sama aja kamu nggak ngertiin dia. Tujuanmu memang baik, menenangkan dia untuk tidak terlalu memberatkan masalahnya, tapi nggak gitu juga caranya.

Gimana, masih bingung gimana cara menghadapi cewek kalau lagi nangis? Sama!