Nek ora ngapak ora kepenak!

Anak Ngapak sejati memang gak bisa lepas dari identitas mereka. Tinggal dan besar di daerah dengan logat bicara yang unik, dialek Ngapak akan terus terbawa. Mau udah pindah kota, bertemu banyak dialek lainnya, bahkan sekian lama absen ngomong Ngapak gak membuat kekentalan logatmu mudah hilang.

Advertisement

Sebagai anak Ngapak sejati, ada beberapa kata dan kalimat yang akan terbawa di kepala sampai mati. Apakah darah Ngapakmu memang sekental itu sampai tahu kalimat dan kata ini?

1. Mentog

Wong ngapak uripe kepenak via gambaranehunik.com

(Nanya alamat di Purwokerto)

Di mana ya Pak ini?

Ya gari ngiwa, nengen, ketemu dalan perek kali. Nah mentog bae!

2. Ya nek awake Inyong bisa mulur…

Advertisement

Mulur itu artinya “memanjang secara otomatis.’ Orang-orang Ngapak kadang mengeluarkan kalimat ini kalau sedang kesal karena diminta melakukan sesuatu yang tidak mungkin. Contohnya nih, kamu sedang duduk di baris kedua eh tiba-tiba disuruh pindah ke baris ke 7 yang jauh. Tinggal teriak,

“Ko pikir gampang apa? Ya nek awake Inyong bisa mulur!”

3. Apa maning kiye, apa maning?

Apa maning kiye? Kangen maning? via gambaranehunik.com

Wis rampung?

Ya uwis lah.

Apa maning kiye, apa maning sing digarap?

(Apa maning-apa maning: Apa lagi, apa lagi?)

4. Yah…ko lombo lah!

Kiye mendo? Lah kok ko lombo?

Lombo itu bukan berarti ‘cabe’ (lombok) kayak dalam bahasa Jawa. Lombo buat orang Ngapak itu artinya ‘Bohong.’ Yah…ko lombo lah itu tanda kekecewaan karena sudah dibohongi.

Kiye temenan Mendo kiye?

Iya temenan lah.

Apa kiye? Gembus ko. Yah ko lombo laaah…

(silakan cari teman yang orang Ngapak demi tahu artinya)

5. Kepriben? Bisa?

Bisa. Inyong ora papa via masuwinrpj.blogspot.co.id

Kepriben bagi orang Ngapak itu artinya ‘Gimana?’ atau dalam versi gaulnya ‘Whatsup?’

6. Kencot!

Inyong kencot kiye via www.keepcalmandposters.com

Nuff said. Legenda bagi orang Ngapak.

Inyong ora bisa mikir lah kiye. Kencot banget!

7. Gendhu-gendhu rasa

Galau? Gendhu gendhu rasa bae via gambaranehunik.com

Nggak…bukan…ini bukan jenang gendhul ala Jawa Tengah itu. Gendhu-gendhu rasa di dalam galaksi Ngapak berarti ‘curhat.’ Lagi galau?

Ya kana gendhu-gendhu rasa disit lah karo kancane ko.

8. Ora patut laaah!

Anying. Ora patut! via masuwinrpj.blogspot.co.id

Ora patut = gak pantas.

Kalau kamu dikatain ‘Ora Patut’ di tanah Ngapak berarti kelakuanmu perlu dipertanyakan.

9. Geger bae sih?

Geger bae sih ko? via masuwinrpj.blogspot.co.id

Geger = ribut, heboh, ribut dan heboh dalam kadar berlebihan.

10. Yakin lah Nyong

Ko yakin?

Yakin lah.

Ngapak temenan ko?

Ko ora percaya karo Inyonge? Yakin lah Inyong!

Dari 10 kata dan kalimat ini, berapa yang sudah kamu ketahui? Kalau sudah banyak berarti kamu memang orang Ngapak sejati….

Kredit gambar andalan: Nurbaitirahman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya