“Iiiih enak yaaa badan kamu keciiil~ Kuruuus~” mendengar kata-kata itu bukannya senang, malah senyum kecut yang terulas dibibirmu.

Ternyata tidak selamanya ungkapan seperti ini bisa dianggap sebagai pujian. Tidak semua orang bahagia ketika badannya disebut kecil. Mungkin karena adanya persepsi atas image yang cenderung mengelu-elukan tubuh kurus selama ini, sehingga nampaknya masih banyak di antara kita yang berpandangan bahwa semua orang pasti suka dengan bentuk badan seperti itu. Padahal belum tentu loh, ada juga di antara para pemilik tubuh kurus yang merasakan manis asam hidup ketika menjadi orang kurus.

Advertisement

Coba kamu-kamu yang nggak suka dikatain kurus, mana suaranya?! Kamu pernah nggak merasakan hal-hal berikut?

1. “Hah? Mau diet naikin berat badan? Ahelah gampang banget lah ituuu!” sering kamu dengar tanggapan seperti ini. Karena nggak banyak yang tahu betapa beratnya usahamu untuk menaikkan berat badan.

rs_482x262-130701160125-original

“Kamu ngga ngerti perjuangan akuuuuh!”

Dipikiran orang-orang, hanya nurunin berat badan aja yang susah. Padahal menaikkan berat badan juga nggak kalah susah. Bahkan bisa lebih berat daripada nurunin berat badan: berat di ongkosss! Karena makanan dan minuman penambah berat badan biasanya emang lebih mahal.

2. “Enak banget sih jadi kamu? Makan banyak tapi tetep kurus! Nggak kaya aku…” Ih, situ aja yang gak tahu, sini udah makan berton-ton lemak dan lengannya tetep kayak lidi!

noisy

Justru malah kesel kalau usaha makan banyakmu nggak ngefek ke timbangan via imgbuddy.com

Bukan mau kamu sehingga badanmu nggak gemuk-gemuk, meskipun sudah digelonggong berbagai asupan makanan. Kamu malah sering kecewa karena makan banyak pun ternyata tidak banyak berefek pada fisikmu. Udah capek ngunyahnya, mahal biayanya… hhhh…

3. Julukan-julukan nggak menyenangkan juga terkadang menghinggapimu. Dipanggil lidi, galah, atau papan oleh orang-orang yang usil adalah beban perasaan yang kamu pikul.

bullies_kids

Cungkring, tripleks, tiang bendera… semuanya menyakitkan via gazettereview.com

Advertisement

Semoga kamu nggak mengalami hal ini, tapi let’s be real, pasti ada beberapa dari kamu yang pernah punya pengalaman buruk dikata-katain karena fisikmu yang lebih kurus dari orang-orang kebanyakan.

4. “Sedih boobs ama booty aku mini…” gumam yang cewek-cewek. “Ah, gimana caranya biar lengan gue gak kaya ranting…” keluh yang cowok-cowok.

No boobs via buzzfeed.com

Sesekali kamu mungkin mengeluhkan penampilanmu di depan cermin. Kurus tidak selamanya seindah pikiran orang-orang kebanyakan. Ada hal-hal yang tidak bisa kamu miliki dengan tubuhmu yang lebih ramping dari teman-teman yang lain. Lekukan-lekukan istimewa tentu juga kamu idam-idamkan…

5.  Muter-muter mall berjam-jam cuma buat cari baju? WES BIYASA~~ Ada dress lucu tapi kegedean? Ada jeans diskon tapi melorot-melorot? Kamu Rapopo~

Clothing-ideas

Susah nyari baru idaman yang pas di badan, bikin pusing pala batman via www.playbuzz.com

Sekilas info: rupanya nggak hanya orang gemuk aja yang sulit nyari pakaian dengan ukuran yang pas di badan. Bahkan belakangan mulai marak toko pakaian khusus ukuran XXXL. Nah, ternyata orang kurus juga nggak lantas mudah mendapatkan busana yang cocok di tubuh. Ada saja bagian yang kelonggaran, kebesaran atau kepanjangan… sehingga baju tersebut jatuhnya malah nggak mendukung penampilanmu… Sedih deh.

6. “Kamu nggak papa? Kamu istirahat aja deh, daripada nggak kuat…” badanmu yang terlihat ringkih sering mengundang iba. Padahal kamu nggak mau dikasihani dan merasa baik-baik aja.

maxresdefault (2)

“Duh, kurus bukan berarti letoy keleus” batinmu kesal via www.youtube.com

Karena fisik kurus memang sering diidientikkan dengan ringkih dan kurang tenaga, kamu jadi sering mendapatkan ungkapan kekhawatiran dari orang-orang lain. Kamu dikira nggak kuat ngapa-ngapain, sering dikasihani dan disangka letoy… padahal nggak bener gitu juga. Beberapa dari kamu malah kesel karena disangka nggak bertenaga.

7. Kalimat “Udah periksa ke dokter, belum?” yang dibarengi dengan tatapan mengasihani juga bikin kamu keki. Padahal kamu merasa sehat sekali, emang apa yang mereka lihat darimu sih?

tumblr_nlh78jwfoG1s8kwlvo6_500

“Maksud loh?! Gue sehat banget kaliiik!” via www.tumblr.com

Masih senada dengan point sebelumnya, kamu mungkin sering tiba-tiba didapuk dan ‘dituduh’ sakit oleh orang lain. Padahal kamu merasa sehat wal afiat. Orang-orang menyangka kamu mengidap mulai dari penyakit ringan seperti cacingan, sampai penyakit berat yang lain. Huft.

8. Apalagi kalau kamu berjiwa sosial atau memang ingin hidup sehat sambil berderma lewat donor darah. Penolakan karena syarat yang kurang sebagai donor sudah sering kamu terima.

Lagi-lagi gak lolos kualifikasi buat donor darah

Lagi-lagi gak lolos kualifikasi buat donor darah via imgarcade.com

“Maaf ya kak, berat badannya kurang. Mungkin bisa dicoba lain kali kalau udah gemukan…”

Menjadi donor darah tidak hanya sekadar berdasarkan niat kita saja. Ada serentetan syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa menyumbangkan darahmu. Salah satunya berat badan minimal… Tak jarang kamu merasa sedih ketika mendapat penolakan dari petugas PMI, meskipun nggak lebih sakit daripada ditolak gebetan sih.

9. Tubuh atletis dan kemampuan olah raga adalah sesuatu yang harus kamu capai dengan usaha super double hyper ekstra keras.

50511308339519-5

“Pengen punya body kaya Chris Evans gimana caranya ya…” via www.fxguide.com

Tipe tubuh manusia dibagi menjadi tiga: endomorph, mesomorph dan ectomorph. Buat kamu-kamu yang badannya kurus dan susah banget buat gemuk bisa jadi kamu masuk golongan ectomorph. Yang mana, golongan tipe tubuh ini emang pada dasarnya ditakdirkan buat susah membentuk otot dan menimbun lemak, juga kurang dalam hal kekuatan fisik.

Eh, bukan berarti kamu gak bisa memiliki bobot, otot dan kekuatan yang kamu idamkan. Bisa, tapi usahamu harus lebih keras dibanding para pemilik tubuh endomorph atau mesomorph.

10. “Yippeeee! Naik tiga kilo!” Beda sama kebanyakan teman-temanmu yang lain, kamu malah semakin senang ketika jarum timbangan bergerak ke kanan.

weight-scale

“Kok malah seneng sih timbangannya nambah? Aneh banget kamu!”

Kalau ada yang komentar gitu ke kamu, bisa dipastikan dia tidak berbadan kurus kaya kamu. Di antara trend orang-orang yang bersikeras berpikir ‘semakin kurus semakin bagus’, ada kamu yang berpikir tubuh dan berat ideal lebih penting.

11. Minum susu khusus penambah berat sudah. Makan makanan gizi tinggi untuk gemukin tubuh udah. Negak suplemen agar badan berisi sudah… Yah kamu hanya bisa berusaha dan berdoa agar tubuhmu berkembang sesuai dengan yang kamu harapkan.

giphy (3)

Yah, yang penting kamu sudah melakukan segala upaya yang kamu bisa untuk merawat tubuh dan dirimu dengan baik. Yang pasti usaha keras tidak akan mengkhianatimu! Diet dan olah raga yang dikhususkan untuk mencapai bentuk badan impian pasti akan membuahkan hasil.

12. Dan selain itu, ga sedikit dari kamu yang juga sudah berdamai dengan diri sendiri, menerima kondisi tubuhmu apa adanya. Hidup sudah sulit buat apa semakin dipersulit? Yang penting Hipwee… eh, Hepi!

be3c79f12ab2646608f9e66aa69b33f6.500x187x12

Tidak sedikit juga di antara kamu yang sudah ‘nrimo’, ikhlas dengan anugrah Tuhan. Yang penting sehat, berkarya dan berprestasi. Ya itu ada benarnya juga! Hehehe, persetan dengan komentar orang lain, yang penting kalian enjoy menikmati hidup ini!

You are perfect just the way you are…

Pada akhirnya punya tubuh kurus maupun gemuk, semuanya bisa disyukuri kok. Tergantung kita melihatnya dari sisi mana. Kita juga nggak boleh lupa untuk selalu bersyukur, karena meski tubuh kita nggak sempurna kaya model dan artis di tivi-tivi tapi kita masih sehat dan sentosa! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya