Pernah nggak sih kamu mengalami momen di mana sesuatu yang terasa sepele ternyata membangkitkan begitu banyak kenangan. Atau esuatu yang sudah pudar dari benakmu, langsung hidup kembali bagaikan tak pernah kamu lupakan. Nah kali ini Hipwee mau bantu kamu untuk merasakan sensasi-sensasi itu lagi lewat lagu-lagu lawas yang meski lama tak terdengar lagi, namun tetap spesial bagimu. Apalagi kamu-kamu yang generasi 90-an pasti hapal dengan hampir semua isi daftar berikut.

Coba, Hipwee mau tahu ada berapa dari daftar berikut ini yang sesuai sama pikiranmu!

1. Lagu pertama yang Reza Artamevia nyanyikan adalah Pertama. Lagu dengan suara khas yang mendesah dan jogetan nempel-nempel dinding ituloh.

rezapertama

Advertisement

 “Pertama, kurasakan getaran

Yang telah, goyahkan rasa

Serasa, ada sentuhan baru,

Sinari hari-hariku…”

Sebagian besar dari kamu para generasi 90-an pasti membaca potongan bait di atas sambil mengikuti melodi lagu Pertama yang kalian ingat luar kepala. Meskipun sudah lama nggak didengerin lagi, lagu ini melekat di hati banyak di antara kita. Menjadi hits populer di tahun 1997, ditambah dengan video klipnya yang terasa khas pada masa itu, jadilah lagu debut Reza ini mencuri perhatian banyak dari kamu-kamu para anak sembilanpuluh.

2. Buat yang rindu sama AB-Three, lagu “Kerinduanku” ini semoga bisa mengobatiabthree

“Bagaimana, harus kuhadapi…

Rasa Rinduku…

Bagaimana, bagaimana lagi…

Harus kutahan…

Perasaan hati, ini… Kuingin kau mengerti…”

Advertisement

Sempat menjadi group idol tanah air yang popularitasnya meroket tajam, AB-Three tentunya punya sederet hits yang mungkin kamu udah ga pernah dengerin lagi, tapi sekalinya denger bikin kangen berdendang-dendang ria. Salah satunya ya Kerinduanku ini

3. Dunia Belum Berakhir dari Shaden pernah jadi penghibur kamu-kamu yang waktu kecil galau soal gebetan.

shaden

 “Dunia belum berakhir, bila kau putuskan aku~

Masih banyak teman-temanku di sini, menemaniku~”

Mantap! Tembang dari Nuri cs ini emang pelopor lagu putus cinta anti-galau paling yahud. Iya, bener, ngapain sih galau terus? Keep positive thinking guys! Dunia belum berakhir kalau jalinan asmaramu pupus. Mungkin banyak dari kamu yang udah lama gak denger lagu ini, kalau mau bisa didengerin langsung di sini.

4. Dan Sheila on 7 dan lagu Dan mereka didenger kapanpun tetap menguarkan nostalgia.

sheila

Dan telah menjadi salah satu karya terbaik dari grup musik yang sudah menemani kita selama 19 tahun ini. Mendengarkannya membuat kita hanyut dalam kenangan.

“Lupakan lah saja diriku, bila itu bisa membuatmu, kembali bersinar dan berpijar seperti dulu kala…”

Duh, kayanya kita semua bakal kesulitan kalau harus melupakan lagu sebagus ini. Kangen sama video klipnya? Langsung bisa kamu dengerin di sini.

5. Waktu belum ramai ajang pencarian bakat dengan talent anak kecil jago ngedrum, udah ada Wayang yang populer dengan lagu Dongeng dan drummer ciliknya

wayang

 “Dongeng sebelum tidur, ceritakan yang indah, biarku terlelap~”

Grup band Wayang yang sempat tenar di tahun 90-an, punya lagu Dongeng yang kalau saat ini pun kamu dengerin bakal tetap enak. Masih inget nggak sama penggebuk drum-nya yang masih belia banget pas lagu ini diluncurkan? Kalau pengen mengenang kembali lagu ini kamu tinggal dengerin di sini.

6. Yakin sebagian besar dari kamu langsung otomatis menyenandungkan lagu ini ketika mendengar judul “Bukan Pujangga” dari Base Jam

base jam

 “Mungkin aku… bukan pujangga…

Yang pandai merangkai kata…”

Kalau buat tembang yang satu ini, Hipwee yakin, mayoritas dari kamu baru baca judulnya aja udah langsung otomatis bersenandung. Ya meski lagu ini sudah lama nggak nongol di televisi, namun kenangan akannya sudah sangat terpatri.  Coba deh kamu dengerin lagi karya Base Jam ini.

7. Duet Fatur dan Nadila dengan tajuk “Akan Kuberikan” ini enak didengerin bahkan sampai di tahun 2015 sekalipun

fatur nadila

Udah tahun 2015 nih, tapi kalau kamu dengerin lagu ini pasti banyak yang masih hapal luar kepala. Lagu hits duet dua penyanyi kenamaan Fatur dan Nadila ini sempat merajai tangga lagu pada masa itu. Mulai dari menjadi lagu tema untuk sinetron laris sampai langganan wira-wiri di televisi, nih coba dengerin kembali kalau kamu kangen lagi.

8. Andai ah ah ah ah aku jadi horang kaya pernah jadi lagu paling stuck di kepala kamu kan?

orang kaya

Lagu yang merepresentasikan harapan hampir semua orang ini laris keras! Meskipun sebagian besar liriknya susah dihapalkan karena menyerupai percakapan biasa, tapi bagian reff-nya pasti kamu suka.

“Andai ah ah ah ah aku jadi orang kaya!”

Coba tonton lagi aja videonya kalau penasaran sama lirik lagu penuhnya.

9. Borju dari Neo juga begitu. Denger melodi awalnya aja udah spontan bikin kamu bersenandung “Ciek duo tigo!”

domikado

“Do mi ka do, cie duo tigo!”

Coba putar kembali musik hip-hop tanah air yang satu ini dan lihat apakah kamu akan otomatis mendendangkan liriknya yang iconic itu? Kalau iya, berarti kamu anak 90-an sejati! Lagu yang menyindir kesenjangan sosial ini emang unik pada saat itu, cocok kalau menjadi salah satu yang paling dikenal. Coba deh dengerin lagi.

10. Mungkin sudah banyak yang nggak inget sama “Kau” dari T-Five, tapi begitu lagunya main pasti pada langsung nyanyi penuh kenangan.

kau

 “Kau takkan pernah tahu apa, yang ada dihati

dan kau pergi di saat ku yakini hatiku untukmu”

Musiknya yang funk asik banget buat karokean atau manggut-manggut mahsyuk. Liriknya juga kamu banget, dan meskipun berkisar soal putus cinta tetep terdengar tetap cukup ceria. Mari disimak lagi videonya, ada Ladya Cheryl waktu masih remaja loh!

11. Bintang di langit, kerlip engkau di sana… tembang dari Air ini juga kamu hapal luar kepala

bintang

“Bintang di langit, kerlip engkau di sana

memberi cahanya di setiap malam…”

Nadanya yang catchy emang pantas bikin “Bintang” dari Air jadi lagu idola anak-anak pada tahun 90-an. Videonya yang penuh warna juga membuat kamu-kamu suka nungguin kehadirannya di layar kaca. Masih inget ngga? Coba ditonton kembali…

12. Lumpia versus Bakpia tidak pernah sefenomenal dalam lagu Project P yang satu ini.

lumpia

 “Lumpia, lumpia, lumpia basah…

Bakpia, bakpia, bakpia basah…”

Pertarungan antara penjual bakpia dan lumpia yang fantastis ini hanya terjadi di video klip lagu Project Pop. Liriknya yang kocak dan videonya yang lucu bikin lagu ini jadi favorit pada masa itu. Sekarang pun kalau kamu dengerin lagi bakal tetep enak buat didenger.

13. Dulu Cicio nyanyi soal Kebelet Pipis, yang liriknya kaya mantra hipnotis. Sekarang dia beneran udah menghipnotis ratusan gadis remaja tanah air!

kebelet pipis

“Kebelet pipis, kebelet pipis, kebelet pipis papa…

kepengen pipis, kepengen pipis, kepengen pipis papa!”

Lirik lagu ini dulu mungkin bikin kamu mendengus atau tertawa geli. Random banget yah, tiba-tiba si bintang cilik teriak-teriak pengen pipis di perjalanan sama papahnya. Jangan salah, bocah cilik yang suka beseran ini sekarang udah jadi idola cewek-cewek kekinian.

ciccio

ganteng gak sekarang?

Tuh kan, ganteng gak sekarang? Coba kalian cek lagi di videonya, apakah ada kesamaan antara Cicio yang dulu dan sekarang?

Barusan itu sejumlah judul yang Hipwee rasa bakal bawa kamu terlempar lagi ke masa lampau meskipun kamu udah lama banget nggak dengerin lagu itu lagi. Hipwee nggak mau bertanggung jawab loh kalau habis baca artikel ini kamu jadi ngidam karaoke tembang-tembang hits 90-an.

Ps: Tapi tetap kami anjurkan untuk karaoke sama teman-temanmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya