“Waktuku mandi, sambil nyanyi nyanyi
Lagu ga’ karuan malah kayaknya kampungan
Lagi asyik nyanyi ada yang memanggil
Aku lempeng aja malah suara makin tinggi”

~ Waktuku Mandi (Jamrud)

Kamar mandi adalah tempat pribadi dimana hanya ada kamu di dalamnya. Itulah kenapa di dalam kamar mandi, kamu bisa bebas berekspresi. Nah yakin deh, diantara sekian banyak teman-teman yang kamu punya, pasti ada diantara mereka yang hobi nyanyi saat mandi. M

Advertisement

Mungkin bagimu sebagai pendengar, kalau suaranya enak sih oke aja, tapi kalau suaranya malah bikin sakit kepala, ya ogah juga dengernya. Mending juga dengerin lagu asli dengan suara penyanyinya daripada suara temenmu yang gak ada enak-enaknya itu.

Eits, kamu yang protes saat ada teman nyanyi di kamar mandi itu sebenarnya hanya belum tau aja nikmatnya nyanyi di kamar mandi. Sebelum kamu protes, lebih baik coba sendiri deh. Silahkan nyanyi sekeras-kerasnya di kamar mandi, kamu akan merasakan manfaatnya. Hihihi…

Menyanyi di kamar mandi itu meredakan stress. Dengan menyanyi di kamar mandi, kamu bisa meluapkan segenap perasaanmu melalui lagu. Gak perlu malu-malu!

“Kau hancurkan aku dengan sikaaapmuuu~
Tak sadarkah kau telah menyakiitiikuuu~”

Advertisement

Namanya juga hidup, pasti akan ada saja momen dimana kamu merasa terkekan. Entah itu urusan kuliah, urusan kegiatan organisasi, urusan kerjaan, urusan keluarga, hingga urusan asmara. Kadang kamu sampai galau dan bingung mau ngapain untuk bisa membantumu meredakan stres.

Nah, daripada kamu terjerumus melakukan hal negatif gara-gara stres, mending kamu nyanyi aja di kamar mandi. Dengan menyanyi di kamar mandi, kamu bisa meluapkan segenap ekspresimu melalui lagu. Kamu tinggal pilih lagu yang paling menggambarkan kondisimu dan nyanyiin aja sekeras-kerasnya seakan hanya ada kamu di tempat itu. Dijamin deh, stres yang kamu rasa bakal ilang~

Jangan salah, menyanyi di kamar mandi itu juga bentuk olahraga. Menyanyi berarti melatih otot diafragmamu agar tetap aktif bergerak.

Olahraga

Olahraga via www.tumblr.com

“Ji, kamu diem aja. Olahraga sono biar sehat!”
“Buk, saya udah olahraga kok tiap pagi”
“Kapan? Dimana? Ibuk kok gak pernah tau?”
“Di kamar mandi, pas nyanyi. Kan nyanyi juga bentuk olahraga”
” -_________- “

Jangan meremehkan bernyanyi, ya. Saat kamu menyanyi, kamu juga ikutan berolahraga loh. Otot-otot di sekitar perutmu ikutan bekerja. Hal ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot tubuh bagian atas. Gak cuman itu, nyanyi juga ikut melatih pernafasan, otot jantung dan paru-paru. Kurang keren gimana cobak?

Dan karena kadang kamu malu nyanyi di depan umum, bukankah nyanyi di kamar mandi bisa jadi pelampiasan yang pas untuk menyanyi. Karena kalau di kamar mandi, kamu gak perlu khawatir ada yang komentar, jadi nyanyimu bisa lepas dan lega. Buat kamu yang suka nyanyi di kamar mandi, itu itungannya udah olahraga, loh… Hehehe.

Karena setiap pagi kamu butuh pembangkit semangat, nyanyi lagu nge-beat dijamin bikin produktivitasmu otomatis meningkat.

Bayangin jadi Bruno Mars

Bayangin jadi Bruno Mars via sks8989blog.wordpress.com

“Berdua… Bersamamuu… Mengajarkanku…
Apa artinya kenyamanan, kesempurnaan cintaa~”

Bangun pagi memang salah satu hal yang paling malas untuk kita lakukan. Mulai dari karena emang masih ngantuk hingga malas karena belum siap menghadapi rutinitas pagi, alasan yang kamu punya bisa jadi sangat beragam. Untuk itu kamu butuh pembangkit semangat agar pagimu bisa diawali dengan semangat.

Kamu bisa mencoba membangkitkan semangat pagimu dengan cara nyanyi saat kamu mandi pagi. Pasti kan kamu memilih lagu yang semangat ya untuk mengiringi mandi pagimu. Bisa jadi Uptown Funk atau lagu apa gitu yang bisa bikin semangat. Dengan begitu pagimu jadi lebih segar dan semangat! 🙂

Ternyata, menyanyi bisa mengurangi potensimu mendengkur saat tidur. Hayo, kamu termasuk yang terbiasa tidur mendengkur gak nih?

Mas, ngorokmu loooh....

Mas, ngorokmu loooh…. via www.huffingtonpost.ca

“Mas, kamu kok sekarang gak terlalu sering ngorok lagi pas tidur?”
“Masa sih, dek? Waaah… Terapinya berhasil nih”
“Lah? Terapi apaan, mas?”
“Terapi nyanyi di kamar mandi hehehe”

Bernyanyi memberikan manfaat positif bagi sistem pernafasan. Karena saat bernyanyi, secara tidak langsung kamu juga ikut membersihkan sistem pernafasanmu. Meningkatnya aliran udara pada saluran pernafasan bagian atas ketika kita bernyanyi akan menurunkan kemungkinan bakteri untuk berkembangbiak di sana. Hasilnya, saluran pernafasan akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Itulah kenapa kamu bisa mengurangi kemungkinan mendengkur saat kamu tidur. Tapi kamu juga harus tau bahwa menyanyi yang efektif disini adalah menyanyi yang lepas. Nah, menyanyi lepas itu bisa kamu dapatkan kalau kamu nyanyi di kamar mandi atau di tempat karaoke. Kan memang hanya di tempat itu kamu bisa nyanyi teriak-teriak lepas seakan semua orang suka sama suaramu. :p

Buat kamu yang ingin awet muda, menyanyi adalah cara yang bisa kamu coba. Dengan rutin menyanyi, otot-otot wajahmu bakal tetap kencang terjaga.

Mungkin mbaknya hobi nyanyi di kamar mandi :D

Mungkin mbaknya hobi nyanyi di kamar mandi 😀 via www.youtube.com

“Waaah… Rul, udah lama gak ketemu makin cakep aja”
“Ah mas Oji bisa aja…”
“Serius loh, ini. :p ”
“Ah jadi malu aku, mas”

Menyanyi secara ekspresif akan membantu otot-otot wajahmu untuk terlihat lebih kencang. Dengan menyanyi sambil berekspresi, otot-otot wajahmu juga ikutan bergerak mengikuti ekspresimu saat kamu bernyanyi. Jika dirutinkan, makan otot wajahmu akan semakin mengencang dan membuatmu terlihat semakin muda.

Buat kamu cewek-cewek yang pingin terlihat muda, selain perawatan, menyanyi dengan ekspresif tiap pagi di kamar mandi bisa jadi salah satu alternativ, loh. Selain gratis dan bisa membuatmu terlihat lebih muda, banyak manfaat lain yang juga bisa kamu dapatkan. 🙂

Buat anak kos, nyanyi di kamar mandi juga bisa jadi penanda kalau lagi ada orang di kamar mandi. Kamu gak mau ‘kan ada orang yang gangguin saat kamu lagi asik-asiknya mandi?

Kalau sambil nyanyi kan aman broo

Kalau sambil nyanyi kan aman broo via www.bandt.com.au

“Dadadam dadadam!”
“HOE!!!”
“Dadadam dadadam!”
“HOE!!! Cepetan hoe! Gue kebelet boker, nih!”

Realita anak kos memang penuh dengan lika-liku. Niat ingin mandi, kadang ada aja yang mengganggu. Padahal di kamar mandi kan salah satu tempat dimana kita bisa sendiri dengan tenang melakukan aktivitas yang kita inginkan (Baca: Mandi. Bukan aktivitas yang lain :p ). Tapi kadang tiba-tiba aja ada orang nyelonong mau buka pintu kamar mandi gitu aja. Kan ngeselin. Konsentrasi kita di kamar mandi tiba-tiba buyar gitu aja. Belum lagi kalau pintu kamar mandimu rada susah dikunci dari dalem. Nyeremin banget kan.

Nah, kalau kamu nyanyi di kamar mandi, itu bisa jadi penanda bahwa di kamar mandi ada orang. Paling tidak, orang yang ingin masuk kamar mandi gak bisa semena-mena buka pintunya. Lebih aman, kan? 🙂

Menyanyi saat mandi juga membantumu mengusir sepi. Kalau mandi, apalagi pas merem gara-gara keramas, kadang suka merinding sendiri. 🙁

Ya kalau gini kan sereeem...

Ya kalau gini kan sereeem… via dewisitoresmi.blogspot.com

“Andaikan kudapat menunjukkan perasaanku~”
“Mas, suaranya enak. Lagi doong~”
Langsung melek, “Waduh! Suara siapa itu tadi?”
*buru-buru andukan, keluar kamar mandi

Kamu juga pasti secara gak sadar sering banget tiba-tiba ngerasa ngeri sendiri pas mandi. Entah karena kamunya parnoan atau emang karena kamu bisa “ngeliat” sesuatu. Apalagi pas bilas shampoo saat keramas, mau gak mau kan kamu merem biar matamu gak kemasukan shampoo. Nah, di sepersekian detik saat kamu merem itu pasti kamu pernah merasa merinding tanpa sebab.

Nah, menyanyi adalah salah satu cara untuk menghilangkan kesan sepi saat kamu ngerasa ngeri sendiri. Kalau kamu nyanyi saat mandi, paling tidak kamu gak akan merasakan sepi. Kan ada suara merdumu yang setia menemani di dalam kamar mandi. Tapi kalau misal tiba-tiba ada yang nyaut, entah ikutan nyanyi atau ngomentarin nyanyimu, padahal di rumah cuma ada kamu doang ya gak tau lagi. Hehehe.

Masih enggan buat nyanyi di kamar mandi? Semoga artikel ini bisa sedikit mengubah jalan pikiranmu ya. Karena nyanyi adalah bentuk ekspresi diri, mari berdayakan nyanyi di kamar mandi! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya