Memahami Tipe Orang Pilih Kategori Tiket Konser, Alasannya Bukan Sekadar Harga

Sejak pandemi covid-19 melanda, berbagai acara hiburan terpaksa harus batal, termasuk konser musik. Namun, setelah lebih dari 2 tahun dan pandemi yang mulai melandai, saat ini konser musik sudah mulai banyak diselenggarakan. Saking rindunya dengan suasana meriah konser live dengan segala ‘drama’ desak-desakan dan rebutan presale tiket membuat konser musik saat ini jadi hiburan paling diburu.

Advertisement

Omong-omong soal konser musik, pasti nggak lepas dari kategori tiket yang menentukan harga dan posisi saat menonton. Kalau diperhatikan, orang-orang punya berbagai pertimbangan untuk memilih tiket konser. Bahkan, biasanya ada motif terselubung saat menentukan mau ambil VVIP, tribun, atau pun festival.

Tipe kategori apa saja yang penting bisa nonton konser offline, demi idola atau juga demi konten~

Kategori tiket konser musik

| Foto dari Pexels

Saat ini konser musik offline atau luring sedang jadi hiburan yang sangat diburu. Bahkan, bisa dibilang banyak yang FOMO untuk datang ke konser musik. Antusiasme yang tinggi membuat penjualan tiket cepat habis, bahkan presale 1 biasanya nggak lebih dari 10 menit langsung ludes terjual.

Hal ini membuat sebagian orang nggak peduli dengan kategori tiket yang dibeli. Asal bisa dapat presale 1, mau duduk, mau berdiri nggak masalah, yang penting bisa nonton konser idola secara langsung, dan tentu bikin konten di medsos. Orang yang nggak peduli kategori tiket sih biasanya memang sudah niat banget nonton dan nggak mau kehabisan tiket.

Advertisement

Kategori tiket VVIP tempatnya orang-orang yang ogah berdesakan, tapi bisa juga karena pengin gaya-gayaan~

Kategori tiket konser musik

| Foto dari Pexels

VVIP biasanya kategori tiket paling mahal yang harga normalnya bisa 2 kali lipat harga tiket presale 1. Selain orang tipe pertama yang ambil tiket ini, biasanya dia memang sengaja ambil tiket yang mahal biar bisa dapat kenyamanan saat nonton, karena nggak perlu berdesakan.

Siapa saja yang berada di kategori ini bakal merasa punya privilege, karena kategori VVIP biasanya punya akses yang beda dari kategori lainnya, mulai dari parkir, penukaran tiket atau check in, hingga masuk vanue, biasanya punya jalur khusus. Selain itu adanya keterangan VVIP di gelang akses atau ID yang bakal keren banget kalau buat gaya-gayaan. Terlepas dari alas

Kategori tiket festival paling murah, kadang bukan cuma alasan harga, tapi sensasi nonton konser sambil berdiri itu lebih seru!

Kategori tiket konser musik

| Foto dari Pexels

Advertisement

Omong-omong soal kategori tiket festival di suatu konser musik, memang tergantung layout vanue. Namun, kategori festival biasanya berdiri. Jika venue berada di sebuah stadion dengan tribun, kategori festival biasanya berdiri di lantai bawah depan panggung. Kalau beruntung, dan bisa masuk paling awal maka bisa dapat tempat paling depan. Tapi, bisa juga dapat di tengah, bahkan belakang.

Nah, kalau venue di lapangan tanpa tribun, kategori festival paling murah biasanya berada di bagian kedua setelah VVIP atau festival paling mahal. Bayangkan saja, harus berdiri dan jauh dari panggung pula. Paling bisa lihat penyanyi dari layar proyektor.

Sebenarnya, memilih kategori tiket festival paling murah nggak selalu karena alasan harga. Perlu diakui kalau nonton konser sambil berdiri, dan bisa lompat-lompat ikuti irama musik itu seru banget! Saran aja sih, kalau mau ambil kategori ini, harus datang paling awal biar bisa dapat tempat paling depan.

Tipe orang pilih kategori tiket tribun biasanya lebih suka menikmati suasana orang yang lagi nonton konser

Kategori tiket konser musik

| Foto dari Pexels

Pada konser musik yang digelar di gedung olahraga atau stadion biasanya akan menjual kategori tiket tribun di kanan dan kiri stage atau lurus panggung di lantai 2 (jika tribun ada 2 lantai). Nah, kalau kamu pilih kategori tribun, maka kamu akan dapat tempat duduk. Kategori ini paling cocok buat orang yang nggak tahan berdiri dan berdesak-desakan, meski haru rebutan bangku juga sih.

Tapi, bagi sebagian orang nonton konser di tribun itu bukan hanya karena dapat tempat duduk dan nggak seheboh di festival, tapi juga bisa mengamati seluruh area gedung saat konser. Pemandangan dari tribun juga bisa menjurus kesemu kategori tiket lain. Jadi, selain bisa nonton konser, bisa juga sambil nontonin orang yang lagi nonton konser dari atas.

Sayangnya, area ini jauh dari stage. Kalau mau dekat pun harus dibagian kanan atau kiri stage, sehingga nggak bisa melihat penyanyi dari depan atau harus duduk miring untuk melihat ke arah panggung. Kategori tiket ini biasanya jadi favorit para introver yang nggak mampu beli tiket VVIP~

Tapi, sebenarnya apapun kategori tiketnya, yang terpenting bisa merasakan pengalaman nonton konser yang seru. Jadi, mau itu beridiri paling depan, berdesak-desakan di tengah, atau pun duduk manis di tribun atau bangku VVIP yang penting nonton konser luring! Kalau kamu, biasanya tipe orang yang pilih tiket apa?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE