Menilik Kasus Anak Nia Daniaty, ini 5 Hal yang Bikin Banyak Orang Kebelet Jadi PNS

Kebelet jadi PNS

Belakangan, nama Olivia Nathania yang diketahui merupakan anak dari Nia Daniaty tengah tersandung dengan kasus penipuan CPNS. Sebelumnya dikabarkan bahwa korban dari kasus iming-iming CPNS tersebut mencapai lebih dari 200 orang dengan total kerugian hingga miliyaran rupiah. Sungguh merupakan angka yang begitu fantastis, terlebih jika dikaitkan dengan keinginan banyak orang untuk menjadi seorang PNS.

Advertisement

Sebenarnya keinginan untuk menjadi PNS itu nggak ada salahnya, hal itu malah merupakan sebuah impian yang mulia. Sayangnya, banyak orang memilih untuk menempuh cara-cara kotor demi bisa mendapatkan posisi tersebut. Salah satunya adalah meminta bantuan dari calo yang mengaku bisa meloloskan hingga ke posisi yang diinginkan. Dari fenomena semacam ini kita jadi sadar bahwa orang-orang yang kebelet untuk jadi PNS itu memang nyata adanya. Beberapa faktor di bawah ini mungkin adalah alasan utamanya.

1. Anggapan bahwa menjadi seorang PNS itu kehidupannya lebih terjamin dan lebih mapan

Ilustrasi PNS / Credit: Inibaru

Alasan pertama kenapa banyak orang ngebet banget jadi PNS adalah karena yang satu ini. Ada anggapan di kalangan masyarakat luas bahwa menjadi PNS itu sudah pasti kehidupannya lebih terjamin dan jauh lebih mapan. Gaji bulanan dapat, tunjangan nggak main-main, dan berbagai macam iming-iming lainnya. Apalagi jika nanti sudah berkeluarga, tunjangan yang akan didapatkan pun pastinya bakalan jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. Wajar aja kalau banyak orang kebelet jadi PNS.

2. Tuntutan dari lingkungan sekitar

Dituntut dari lingkungan sekitar / Credit: Menpan

Jangan menganggap bahwa orang-orang ngebet jadi PNS itu sepenuhnya karena memang keinginan pribadinya. Di Indonesia, ngomongin tentang PNS itu bisa jadi semakin ruwet lagi urusannya jika dihubungkan dengan keluarga dan lingkungan sekitar. Kita semua tahu sendiri jika sebagian besar orang di Indonesia menganggap bahwa PNS adalah satu-satunya pekerjaan yang paling familiar dan menjanjikan. Nggak heran jika banyak orang tua menuntut anaknya untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Kamu juga pasti pernah dikejar-kejar, kan?

Advertisement

3. Tak ada pekerjaan lainnya yang bisa menjamin kehidupan di hari tua nanti

Jaminan di hari tua / Credit: Ayobandung

Lagi-lagi alasan  kesejahteraan menjadi salah satu yang paling kuat. Anak muda zaman sekarang banyak yang ngebet pengin jadi PNS karena persoalan yang satu ini. Dalam dunia pekerjaan lainnya, nggak ada yang dianggap bisa memberikan jaminan pada hari tua nanti. Sedangkan, dengan menjadi PNS kita bisa mendapatkan gaji tunjangan pensiun sekalipun kita sudah tak lagi bekerja. Meski pada kenyataannya gaji pensiun yang diterima juga nggak begitu banyak, tapi poin yang satu ini menjadi salah satu daya tarik utama kenapa orang-orang kebelet jadi PNS. Hmmm, masuk akal juga~

4. Jam kerja lebih tertata jika dibandingkan dengan model pekerjaan anak muda zaman sekarang

Ilustrasi industri kreatif / Credit: Pexels Fox

Sebagai anak muda, bekerja di sektor industri kreatif seperti zaman sekarang memang menjadi kenyamanan serta kebanggaan tersendiri. Banyak teman kerja yang seumuran, lebih fleksibel, orang-orangnya nggak kaku, dan lain sebagainya. Tapi, nggak dimungkiri juga bahwa jam kerja di industri kreatif itu sering banget nggak tertata. Akhirnya, ritme kerja jadi nggak beraturan. Terkadang siang hari udah gabut, tapi nggak jarang pula tengah malam masih ngerjain banyak hal. Beda sama PNS yang jam kerjanya memang sudah teratur.

5. Image bahwa menjadi seorang PNS itu banyak gabutnya. Memangnya benar begini, ya?

Advertisement

Pilihan menjadi PNS / Credit: Kemenag Bali

Diakui atau tidak, alasan yang satu ini menjadi salah satu faktor yang membuat kenapa banyak orang zaman sekarang kebelet jadi PNS. Meski nggak semuanya seperti ini, tapi memang faktanya banyak PNS yang terkadang gabut alias nggak ada pekerjaan. Bagi anak muda, sekarang siapa yang nggak mau kalau kerjaanya cuma gabut, tapi setiap bulan terima gaji dan tunjangan. Ingat, nggak semuanya kayak gini juga lo! Itu hanya segelintir orang nggak bertanggung jawab aja yang bikin orang lain menganggap bahwa image PNS memang seperti itu.

Kalau ditelusuri lebih lanjut, tak semua kehidupan PNS itu serba makmur dan sejahtera. Nggak sedikit juga yang hidupnya serba pas-pasan, bahkan malah masih kekurangan. Intinya, nasib PNS di Indonesia itu belum merata di mata pemerintah kita. Semoga dengan banyaknya generasi muda yang bermimpi jadi PNS, nasib para abdi negara ini lebih diperhatikan. Terutama bagi para tenaga pengajar dan juga kesehatan. Selain itu, tempuhlah jalan yang benar untuk menggapai impian alias jangan pakai calo dong!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE