7 Kebiasaan Konyol yang Dilakukan Saat Bulan Ramadan. Ngaku Deh~

Memasuki bulan Ramadan, seluruh umat muslim menjalankan rangkaian ibadah puasa, mulai dari sahur, berbuka puasa, sampai salat tarawih. Berbeda dengan hari-hari biasanya, di bulan suci ini kita perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan baru yang hanya ada saat bulan Ramadan. Mulai dari bangun sahur di waktu pagi sebelum subuh sampai salat tarawih bersama dengan jumlah rakaat yang lebih banyak.

Advertisement

Tanpa kita sadari, ada sejumlah kebiasaan konyol yang kerap kita lakukan saat memasuki bulan Ramadan. Meskipun konyol, tetapi biasaan inilah yang membuat suasana bulan Ramadan semakin terasa. Berikut tujuh kebiasaan saat memasuki bulan Ramadan yang pasti pernah kamu lakukan.

1. Sahur di detik-detik menjelang imsak

sahur menjelang imsak

Sahur di detik-detik menjelang imsak | Credit: @sejiwatinja via Instagram

Semua pasti setuju kalau bangun sahur itu hal yang sulit tapi harus dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Meskipun sudah membunyikan alarm sebanyak apa pun, tetapi pasti pernah suatu ketika kita baru bangun sahur saat mepet waktu imsak. Alhasil, makan sahur pun jadi nggak maksimal dan harus rela puasa dengan perut kosong.

2. Antre di kamar mandi setelah sahur

antre mandi

Antre di kamar mandi setelah sahur | Credit: Kompasiana

Setelah berbuka puasa di hari sebelumnya dan menyantap makan sahur, setelah itu biasanya kita akan mendapat ‘panggilan alam’. Semua orang di rumah berebut menggunakan kamar mandi dan saling memburu-buru satu sama lain.

Advertisement

3. Jalan-jalan sambil membunyikan mercon habis salat subuh

mercon

Jalan-jalan sambil membunyikan mercon | Credit: Antara

Kebiasaan ini mungkin sudah tidak lagi kamu lakukan di  usia dewasa, tapi saat kecil dulu kamu pasti pernah melakukannya. Selepas sahur, anak-anak berbondong-bondong ke masjid dengan tujuan untuk jalan-jalan setelah salat subuh. Nggak ketinggalan, mereka juga dengan beraninya membunyikan dan melempar mercon.

4. Tidur sehabis salat zuhur bangun menjelang buka

Tidur sehabis salat dzuhur bangun menjelang buka | Credit: makeameme.org

Meskipun di hari-hari biasanya sangat benci tidur siang, tetapi saat puasa mendadak semua orang menyukai kebiasaan ini. Setelah salat zuhur, semua serempak tidur dan bangun saat menjelang buka puasa. Dengan begitu, kita tidak merasa lapar terlalu lama.

5. Balas dendam saat buka puasa

buka puasa

Balas dendam saat buka puasa | Credit: @duniakuli via Twitter

Setelah seharian penuh menahan makan dan minum, waktu berbuka adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Saking semangatnya, kita biasanya akan ‘balas dendam’ memakan makanan sebanyak-banyaknya. Hasilnya, perut pun kekenyangan dan ibadah menjadi tidak fokus.

Advertisement

6. Jajan banyak pas ngabuburit dan ujung-ujungnya kekenyangan

buka kekenyangan

Jajan banyak pas ngabuburit ujungnya kekenyangan | Credit: memecomicID

Sama seperti kebiasaan ‘balas dendam’, kebiasaan jajan saat ngabuburit ini jadi kebiasaan yang sulit ditolak. Pasalnya, di jalan-jalan berjejeran penjual makanan yang menggiurkan. Maka dari itu, kita nggak akan ragu untuk membeli aneka makanan sebanyak-banyaknya. Namun saat waktu berbuka tiba, minum satu gelas saja rasanya sudah kenyang.

7. Menghitung jumlah rakaat pas salat tarawih

meme tarawih

Menghitung jumlah rakaat pas salat tarawih | Credit: MRCI

Menjalankan salat tarawih di bulan Ramadan memang biasanya diwarnai dengan hal-hal kocak. Salah satunya adalah kebiasaan menghitung jumlah rakaat dalam salat. Bukannya fokus dengan bacaan salat, menghitung jumlah rakaat ini jadi kepuasan tersendiri saat sudah mendekati jumlah rakaat terakhir.

Itu dia tujuh kebiasaan yang pasti pernah kamu lakukan saat memasuki bulan Ramadhan. Di antara semua kebiasaan di atas, mana yang paling sering kamu lakukan, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE