Mengenang Momen Kejayaan HP Java, Teknologi Paling Canggih Pada Zamannya!

Kurang lebih 10 atau 12 tahun yang lalu, kecanggihan ponsel atau handphone berbeda jauh dari zaman sekarang. Kalau hari ini kita membeli paket internet sudah cukup murah dan mudah, mendengarkan musik lewat aplikasi, dan menonton video hanya perlu klik YouTube, zaman HP masih berbasis java tak bisa merasakan kemudahan seperti sekarang ini.

Advertisement

Bermain game menggunakan HP java pun tidak secanggih game-game saat ini yang punya banyak fitur. Namun, meskipun terkesan jadul dan ketinggalan zaman, tapi masa-masa menggunakan HP java ternyata nggak kalah seru pas diingat-ingat lagi. Kayak gini nih momen-momen yang pasti dirasain orang-orang saat menggunakan HP java.

1. Untuk bisa mengakses internet saja harus membayar biaya yang cukup mahal

Internet

Momen kenangan menggunakan hp java | Credit: Foto oleh Miguel Á. Padriñán dari Pexels

Pada masa ini, tak banyak orang yang mempunyai smartphone. Hal  ini kemudian membuat internet bukanlah kebutuhan primer para pengguna HP, sehingga keberadaannya masih belum begitu dibutuhkan. Kondisi tersebut membuat berbagai merek provider masih menjual internet dengan harga yang cukup mahal. Kala itu, untuk mendapatkan akses internet sebesar 100 mb saja kita harus membayar lebih dari Rp10.000,00. Bahkan, untuk mengaktifkannya saja kita harus melakukan setting GPRS sesuai dengan operator yang digunakan.

2. Masih menggunakan Opera Mini sebagai mesin pencari

Opera Mini

Momen kenangan saat masih menggunakan hp berbasis java | Credit: Photo by Ismorar from Pixabay

Memiliki aplikasi mesin pencari di HP java adalah salah satu kelebihan, walaupun cara kerjanya masih sangat terbatas. Salah satu aplikasi HP java yang paling terkenal adalah Opera Mini yang kala itu dikenal dengan kecepatannya yang mumpuni dan juga banyak terunduh di beberapa merek HP, salah satunya adalah Nokia. Generasi anak muda 90-an pasti aktif banget menggunakan Opera Mini untuk membuka media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Advertisement

3. Mengenal ‘Play Store-nya’ Hp java, yaitu Waptrick dan Gratisindo

Waptrick

Momen kenangan saat masih menggunakan hp java | Credit: howtologintech.com

Pada masa kejayaan HP java, situs untuk mengunduh konten adalah situs gratis, seperti Waptrick dan Gratisindo yang menyediakan fitur-fitur yang dapat diunduh. Mulai wallpaper, lagu, ringtone, game, atau bahkan hanya sekadar klip video lucu. Namun, biasanya yang paling sering diunduh adalah wallpaper dan game karena keduanya memiliki ukuran kapasitas yang kecil, sehinga tidak terlalu memakan memori HP dan tidak menghabiskan kuota internet yang banyak ketika mengunduh.

4. Masih tren mengunduh lagu

Download

Momen kenangan saat masih menggunakan hp java | Credit: Muhammad_Umar_hamzah by Pixabay

Belum adanya aplikasi streaming lagu layaknya Spotifiy dan Joox, para pengguna HP java yang ingin mendengarkan lagu bebas hambatan dan biaya, mereka masih harus mengunduh lagu tersebut. Namun, karena kebanyakan HP java masih menggunakan feature phone yang masih 2G, maka jaringannya pun hanyalah GPRS dan EDGE saja. Kualitas jaringan yang buruk itu membuat setiap kali mengunduh lagu sangat lambat karena file lagu yang diunduh cukup besar. Mengunduh lagu MP3 di Waptrick dengan ukuran 3 mb saja bisa menghabiskan waktu dari 5 hingga 10 menit.

5. Sensasi bermain game java, bebas bisa diunduh berapapun banyaknya

Game java

Momen kenangan saat masih menggunakan game java | Credit: flickr

Advertisement

Kelebihan lain pada HP java adalah terdapat game java yang kala itu bisa diunduh dalam jumlah yang banyak. Namun, harga game java terbilang cukup mahal kala itu, walaupun terkadang banyak juga yang lebih memilih mengunduh game java versi bajakan. Adapun game java yang terkenal saat itu adalah Gameloft, seperti Assassin’s Creed dan Prince of Persia.

Nah, itu dia sederet momen kenangan saat masih tren menggunakan HP berbasis java. Kalau kamu generasi 90-an pasti deh ngalamin momen-momen tersebut. Atau kalian punya pengalaman lain, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE