Bicara soal Ramadan tentu nggak bisa lepas dari tradisi-tradisi yang membuat momen satu ini terasa manis dan dekat. Mulai dari pergi ke TPA sampai Buber bareng teman membuat 1 bulan penuh makna ini meninggalkan rasa berbeda.

Tapi semakin kita dewasa malah ada tradisi-tradisi baru yang bikin Ramadan jadi nggak kalah manis dari biasanya. Apa aja tradisi Ramadan kekinian yang nggak kalah seru dari masa kecilmu dulu? Apakah kamu juga merasakannya?

1. Sekarang kita nggak perlu pergi TPA. Cukup buka YouTube kajian udah ada di depan mata

Buka Youtube aja

Buka Youtube aja via www.shutterstock.com

Waktu kecil dulu pergi TPA di sore hari seperti kewajiban yang nggak boleh dilewatkan. Selain belajar mengaji, lewat kegiatan yang satu ini kamu juga akan dapat takjil gratis yang berganti-ganti tiap hari. Seneng, ketemu teman, dapat makanan lagi kan?

Nah, makin dewasa belajar memperdalam agama nggak melulu harus dilakukan di TPA. Malah sekarang kamu bebas join kajian yang banyak diadakan di mana saja. Mau belajar apa, dari siapa, kamu bebas memilihnya. Tinggal buka YouTube, dengarkan kajian dari sana — ilmumu bertambah deh.

2. Tinggal berpencar kota, kirim voice note waktu buka bisa menggantikan serunya ngabuburit sama-sama

Ngabuburit bisa pake voice note aja

Ngabuburit bisa pake voice note aja via www.shutterstock.com

Waktu kamu dan teman-teman masih sekota, ngabuburit bareng jelas jadi kegiatan yang sayang kalau dilewatkan. Serunya ngumpul dan melakukan hal-hal random sebelum buka membuat kalian makin akrab saja.

Saat sekarang sudah tidak lagi tinggal sekota serunya ngabuburit sama-sama tetap bisa tergantikan dengan aktivitas digital yang mendekatkan. Saling berbalas, “Selamat buka woooooyyyy” lewat voice note membuat kalian menahan tawa. Jarak tidak sekejam itu rasanya.

3. Tag massal di sosial media jadi bukti perhatian. Ngeselin. Tapi sayang~

Ngeselin tapi sayang

Ngeselin tapi sayang via www.shutterstock.com

Menjelang Idul Fitri biasanya sosial mediamu kebanjiran tag massal. Mulai dari ucapan Selamat Idul Fitri yang standar sampai permintaan maaf unik yang membiat sosial mediamu nggak pernah sepi notifikasi.

Walaupun membuatmu bingung melihat banyaknya notifikasi yang datang bertubi-tubi, tag massal ini jadi bukti perhatian. Ngeselin sih liatnya. Tapi ini bukti sayang teman-temanmu yang nggak bisa bertemu.

4. Sekarang udah bukan lagi kirim parsel tradisinya. Kasih coklat lebih beda dan menunjukkan rasa cinta

Dove Chocolate sharing pack yang bisa diandalkan

Dove Chocolate sharing pack yang bisa diandalkan via www.instagram.com

Beberapa tahun lalu saat momen silaturahmi tiba kamu sering kebingungan harus membawa apa. Mau bawa kue kok biasa, bawa buah kok malah kayak nengok orang sakit?

Begitu juga waktu momen buka puasa bareng teman-teman datang. Kalau biasanya kita sharing takjil dan es buah sekarang kamu nggak perlu lagi bingung membawa buah tangan apa untuk keluarga dan orang-orang tersayang. Atau harus sharing makanan apa sama teman-teman di momen bukber.

Mulai tahun ini, DOVE Sharing Pack bisa kamu jadikan hantaran yang menyenangkan. Sharing Pack berisi 10 cokelat DOVE yang bisa di-sharebersama, dengan rasa cokelat yang silky dan lembut akan membuat pengalaman Ramadhanmu jadi beda.

Seperti banyak hal lainnya, tradisi Ramadan terus berubah dari masa ke masa. Hanya saja tradisi Ramadan kekinian tetap manis di hati. Sepakatkah kamu akan hal ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya