Hmm… smartphone. If you’re smart enough maka kamu akan paham apa gunanya, mengapa piranti ini menjadi alat komunikasi paling populer saat ini.

Namun tetap aja ada beberapa pengguna yang belum bisa smart memanfaatkan ponsel pintar mereka. Bisa karena mereka memang gak ngerti, atau memang karena mereka iseng dan punya ide ekstrem yang “ajaib”. Apa aja kelakuan gak pintar yang dilakukan oleh pengguna smartphone? Simak di bawah ini:

1. Saat Smartphone Dijadikan Sasaran Tembak

Bulls-eye via elitedaily.com

Gunakan smartphone buat nembak gebetan, bukan buat jadi sasaran tembak. Atau mungkin yang menjadikan smartphone sasaran tembak adalah orang yang habis ditolak gebetan?

2. Merekam Video Masih Juga Vertikal, Haduh…

Gak sulit kok via elitedaily.com

Advertisement

Logikanya gini, emang ada orang meletakkan TV secara vertikal? Memang kamu pernah lihat pembaca berita duduk miring demi menyesuaikan diri dengan posisi tv yang vertikal? Ada gitu layar bioskop membujur dari atas ke bawah?

Siapa yang tolol? via blog.laptopmag.com

Pas kamu ambil gambarnya mungkin terlihat penuh di layar ponsel, tapi ketika kamu pamerin video itu di YouTube, ketahuan deh yang pintar siapa.

3. Menanyakan Hal Yang Udah Jelas Tertera

Masih juga nanya via www.kaskus.co.id

Sering kali kita temukan di media sosial. Gak tahu, deh apa karena font-nya kurang besar atau layar smartphone-nya yang kekecilan.

4. Menanyakan Tempat Juga Sering

Itu lho petanya di klik! via www.hipwee.com

Padahal udah tertera jelas tempatnya di mana, kamu tinggal tap kebuka petanya. Bisa kamu susurin langsung jalan-jalanya. Gitu aja kok repot?

5. Yang Nanya Lagu Apalagi

Gak bisa baca? via www.hipwee.com

Coba dibaca dengan pelan dan seksama. Apa susahnya sih?!!

6. Gak Punya Lagu di iPhone Karna Gak Tahu Cara Ngisinya

Ini namanya iTunes. Catat. via ferrinofazli.wordpress.com

Jali: “Kok iPhone loe sepi amat? Gak ada musiknya.”

Fadil : “Gak tahu nih, padahal lagunya udah gue copy paste. Tetap gak bisa.”

Makanya, jangan cuma bisa beli smartphone. Pelajari juga aplikasi dan layanan pendukungnya. Supaya iPhone kamu bisa berfungsi lanyaknya jutaan iPhone lain kamu butuh Apple ID dan mengunduh iTunes.

7. Bikin Smartphone-nya Jadi Mini Compo

Berisik! via blog.laptopmag.com

Ponsel pintar belakangan di desain dengan kualitas suara yang bagus dan lanntang. Tapi bukan berarti kamu perlu memamerkannya dengan menyetel musik keras-keras.

Jadi, kecuali kalau kamu berniat bikin orang disekitar terganggu, jangan gedein suara ponsel kayak suara mini compo. Berisik tahu! Lagipula, kamu yakin banget selera musik kamu udah bagus?

8. Menampilkan Isi Pesan Di Lock Screen

Kelihtan semua via www.imore.com

Di era semua orang jadi kepo seperti saat ini mestinya kamu menganggap pesan yang masuk ke ponsel sebagal hal yang pribadi. Gak ada yang boleh membaca selain kamu. Membiarkan pesan masuk tertera pada layar yang terkunci sama aja seperti mengundang orang gak dikenal masuk ke kamarmu.

9. Beli Smartphone Cuma Buat Main Ping Pong

Ping pong dulu, gan via cdn29.elitedaily.com

Kita bukan membicarakan game tenis meja yang bisa diunduh tapi tenis meja secara harfiah. Ponsel pintar emang lebar dan pipih, sih tapi bukan buat pengganti bet juga kali. Kecuali kalau smartphone-nya kamu beli di kaki lima di China, terserah deh mau diapain.

Fake iPhone via elitedaily.com

 1o. Cuma Memanfaatkan Smartphone Sebagai Alat Selfie

Tongsis time via elitedaily.com

Kegunaan utama smartphone cuma jadi alat untuk selfie. Fitur canggih lainnya tidak dimanfaatkan dengan baik. Asal udah bawa tongsis, udah merasa aman karena berarti bisa group-selfie sama temen-temen.

Yang bikin tepok jidat, udah pake tongsis eeeh nggak tahu cara set timer di kameranya. Nangis prihatin sekarang, boleh?

11. Lini Masa Twitter Dikira Sama Kayak SMS atau Chat di LINE dan Whatsapp

BBM, bu? via www.hipwee.com

Tanya apa-apa via Twitter. Gak jarang bukan pakai fitur “Reply” malah pakai “Retweet” dan bikin lini masa jadi “kotor”. Mas, Mbak permisi kalau mau nanya yang beginian lewat japri aja bisa loh.

12. Pakai Ponsel Pintar Untuk Selfie……Sambil Mengemudi

Selfie dulu dah via palingaktual.com

Terdistraksi selagi mengemudi sebenarnya bisa dialami oleh semua pengguna ponsel, namun cuma pengguna ponsel pintar yang bisa berkontribusi menambah jumlah kecelakaan karena selfie sambil nyetir.

13. Nggak Melindungi Data yang Tersimpan Di Ponsel Pintarnya

Jennifer Larence aja gagal melindungi data di ponsel pintarnya via onision.net

Iya sih, itu ponsel kamu dan kamu berhak menyimpan data yang kamu inginkan. Tapi ingat dong, data di ponsel pintar yang terhubung langsung ke layanan cloud punya potensi tersebar luas ke internet. Untuk melindunginya, kamu harus melakukan aksi pencegahan yang pernah Hipwee ulas di artikel ini.

Kamu gak mau ‘kan nasibmu kayak Jennifer Lawrence tapi minus ketenarannya?

14. Memberikan Smartphone Pada Anak Kecil Supaya Gak Nangis

Download apa dik? via elitedaily.com

Kebanyakan uang? Terserah. Yang pasti ponsel pintar (dan ponsel) lain bukan buat anak kecil karena piranti ini memiliki komponen yang mudah tertelan oleh anak kecil. “Biar dia nonton Barney di YouTube biar gak nangis…” 

Lho, bukannya udah tugas kamu sebagai orang tua untuk menjaga, menghibur, dan memberi dia ilmu secara kognitif dan motorik? Beberapa penelitian udah menjelaskan kalau ilmu dan pengetahuan bagi anak dibawah umur 2 tahun lebih baik disampaikan secara langsung face-to-face bukan melalui layar.

15. Kamu Gak Mau ‘Kan iPhone Kamu Pecah Lalu Serpihannya Tertelan si Kecil?

Aduh, dik. via elitedaily.com

Mending kalau cuma jatuh dan pecah berantakan. Kalau serpihannya bikin dia luka, gimana? Kalau dia kira itu permen, mau apa?

16. Belum Lagi Kalau iPhone Kamu Dipipisin

Boom! via elitedaily.com

Lalu ketika kamu charge… dhuar…!

Mulai sekarang berjanjilah pada diri sendiri bahwa kamu gak akan lagi tampak bodoh di depan smartphone kamu sendiri.

16. Yang Jelas, Hal Paling Bodoh Itu Saat Ponsel Pintar Justru Menjauhkanmu Dari Orang-Orang Tersayang

Menjauhkan yang dekat via urbanomnibus.net

Fungsi ponsel pintar itu untuk membantu memudahkan hidupmu dengan berbagai fiturnya. Dia bukan diciptakan untuk menjauhkan kamu dari kehidupan sosial yang sesungguhnya.

Hipwee pernah menulis refleksi pengguna ponsel pintar yang kehilangan banyak momen penting bersama orang tersayang di artikel ini.

17. Kayaknya Dia Emang Bener…..

Kayaknya dia emang bener via www.liz-wachuka.com

Semoga setelah baca artikel ini kamu bisa jadi lebih bijak ya memanfaatkan ponsel pintar yang ada di genggamanmu. Ponsel pintar harusnya bikin kamu makin pintar ‘kan?