Hampir Dirasakan Semua Orang, ini 5 Kenakalan Masa SMA yang Pernah Kamu Lakukan

Masa-masa SMA disebut-sebut sebagai masa yang paling indah. Ada banyak memori dan cerita yang telah tergoreskan saat kita duduk di bangku SMA. Selain bersekolah dan menempuh pendidikan, ada banyak kenalakan masa SMA yang terkadang membuat kita bernostalgia dan merindukan masa-masa tersebut.

Advertisement

Mereka yang pernah duduk di bangku Sekolah Menengah Atas pasti pernah melakukan beragam kenakalan. Nggak hanya anak-anak nakal, rasanya mereka yang bersekolah pasti pernah melakukan tindakan-tindakan nakal sebagai bentuk pengalaman. Sebagai bentuk nostalgia, berikut ini ada beberapa kenalakan masa SMA yang pasti pernah kalian alami. Yuk kia nostalgia~

1. Menyalin tugas teman di sekolah dan menyontek saat ujian

Ilustrasi menyontek / Credit: Constantine Pankin /Shutterstock

Pertama tentu saja ada kenakalan berupa ketidak jujuran kita saat duduk di bangku SMA. Bukan hanya mentransfer ilmu di kelas, guru kerap memberikan tugas-tugas untuk para siswa kerjakan di luar jam kelas. Namun, ada sebagian murid-murid yang rasanya jarang sekali mengerjakan tugas sendiri. Banyak yang kemudian menyalin tugas satu orang teman di sekolah agar nggak dimarahi oleh guru. Selain itu, kenakalan berupa menyontek saat ujian berlangsung pasti sesekali juga pernah kamu lakukan sewaktu zaman sekolah, kan?

2. Bar-bar merokok diam-diam di kamar mandi

Ilustrasi toilet / Credit: Unity Assets Store

Masa SMA adalah masa pencarian jati diri. Di masa-masa muda tentu banyak sekali hal-hal yang membuat anak muda penasaran. Salah satu yang paling membuat anak-anak muda penasaran adalah rokok. Di Indonesia, regulasi soal rokok memang nggak seketat di negara-negara lain. Karena hal tersebut, banyak banget anak-anak SMA yang belajar merokok di kamar mandi sekolah. Selain penasaran, mereka pengen kelihatan keren sih~

Advertisement

3. Bolos sekolah, alasannya selalu aja karena bosan. Hadeeh!

Bosan di dalam kelas / Credit: Study Breaks Magazine

Lalu ada kenakalan anak SMA berupa bolos sekolah. Tentu saja hampir semua murid SMA pernah melakukan hal ini. Ada beragam jenis bolos sekolah. Dari mulai bolos saat jam pelajaran berlangsung sampai bolos sekolah secara disengaja. Mereka yang bolos jam pelajaran biasanya keluar dari sekolah dengan cara melompat pagar. Di setiap sekolah pasti ada spot-spot tertentu yang jadi tempat melakukan aksi lompat pagar

4. Vandalisme

Aksi coret-coret / Credit: Pexels Wendelin Jacober

Ada pula kenalakan anak-anak SMA yang sudah mendarah daging di sekolahan. Kenalakan ini berupa vandalisme. Umumnya, anak-anak SMA kerapkali mencoret-coret bangku atau tembok kelas dengan kata-kata unik sampai gambar-gambar menggunakan tipe-x atau bolpoin. Sisi positifnya, aksi kenalakan ini membuktikan bahwa anak-anak sekolah di Indonesia punya jiwa seni yang tinggi. Wkwk~

5. Terakhir dan masih sering terjadi sampai sekarang adalah tawuran pelajar. Jangan pada ikut-ikutan, ya!

Kenakalan anak sekolah / Credit: Asian Movie Pulse

Advertisement

Terakhir ada kenakalan masa SMA yang biasanya dilakukan oleh murid laki-laki. Kenakalan ini berupa tawuran antar sekolah. Di Indonesia, ada budaya permusuhan antar sekolah yang membuat kenakalan tawuran tumbuh sumbur di antara para pelajar. Tawuran umumnya terjadi di antara para murid di Jabodetabek. Namun, belakangan ada juga kenakalan remaja serupa di Yogyakarta bernama klitih. Sebenarnya kenakalan remaja yang satu ini banyak terjadi di semua kota di Indonesia. Mirisnya, semakin ke sini rupanya semakin parah dan jauh lebih mengerikan dari waktu ke waktu. Itulah kenapa budaya semacam ini seharusnya memang disudahi saja.

Nah, itu dia beberapa kenakalan masa SMA yang pasti pernah dilakukan oleh para murid. Gimana, bener banget kan? Meski nggak semuanya, kalian pasti pernah melakukan satu atau dua kenakalan di atas. Duh indahnya masa putih abu-abu~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE