5 Alasan ini Bikin Kamu Nggak Bingung Lagi Kenapa K-popers itu Loyal Banget

Penggemar musik K-Pop atau K-Popers bisa dibilang salah satu basis penggemar yang terkenal dengan loyalitasnya. Mungkin beberapa orang akan meragukan kecintaan K-Popers kepada idolanya karena dianggap hanya mengagumi mereka dari parasnya yang cantik dan ganteng aja. Padahal, kalau mau dipikir lebih jauh, paras rupawan kayaknya nggak bakal cukup untuk membuat seseorang rela mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan jutaan untuk beli album dan merchandise, datang ke konser, dan streaming lagu dan video klip sepanjang hari. Belum lagi rela ngantre panjang berjam-jam kalau sang idol merilis produk makanan di salah satu restoran cepat saji.

Advertisement

Nggak cuma itu, sebagian besar K-Popers ini nggak akan segan membela idola mereka di hadapan orang-orang yang melontarkan komentar miring. Belum lagi mereka sering mendonasikan uang atas nama idola mereka. Pokoknya, dedikasi tinggi mereka tinggi banget deh. Lantas, kenapa bisa sampai seloyal itu, ya? Deretan 5 alasan di bawah ini akan membantumu memahami kenapa basis penggemar satu ini sebegitu kuatnya.

1. Idol K-Pop nggak cuma merilis lagu dan video klip, tapi juga variety show hingga live streaming

Variety show SNSD

Variety show SNSD | Credit: Instagram @girlsgeneration

Demi membuat para fansnya loyal, tentu harus dimulai dari apa yang bisa diberikan oleh idol atau grup K-Pop itu kepada kelompok penggemar. Sebagai musisi, mereka udah pasti rutin merilis lagu dan video klip terbaru. Namun, kalau mau membangun loyalitas penggemar, dua hal itu masih kurang banget. Mereka harus siap memproduksi sejumlah konten tambahan yang bisa menarik sekaligus memanjakan penggemar, seperti variety shows dan sesi live streaming.

Kedua jenis konten itu lebih terasa personal di mata penggemar karena di dalamnya idol K-Pop punya kesempatan untuk menunjukkan sisi lain diri mereka yang nggak terlihat kalau cuma nonton dari video klip musik. Sisi lain itu bisa berupa kepribadian mereka, kebiasaan lucu, hingga keakraban mereka sebagai anggota grup atau idol. Alih-alih menciptakan jarak antara artis dan penggemar, keberagaman konten ini justru membuat fans lebih akrab karena seakan mengetahui banyak sisi dari idol mereka.

Advertisement

2. Fan service yang mempertemukan langsung fans dan idolanya juga jadi alasan kenapa K-Popers loyal banget. Gimana nggak kepikiran terus kalau abis megang pipinya V BTS~

Fan service BTS

Fan service BTS | Credit by Soompi

Dalam ranah K-Pop, fan service banyak dilakukan dalam acara fan meeting. Bentuknya beragam, mulai dari jabat tangan, bertukar cerita, hingga berpelukan. Semua itu dilakukan untuk satu tujuan yaitu membuat penggemar senang dan punya kenangan indah saat bertemu dengan idola mereka. Para idol ini akan memperlakukan penggemar yang ada di depannya dengan manis dan penuh perhatian. Hubungan erat yang dibangun akan jadi sesuatu yang tak terlupakan bagi para penggemar dan yang selalu menjadi alasan mereka untuk tetap mendukung idolanya.

3. Penggemar selalu jadi prioritas mereka. Pernah lihat permintaan maaf idol K-Pop karena udah bikin penggemarnya khawatir? Nah, sepeduli itulah mereka

Nggak mau bikin penggemar kecewa dan khawatir

Nggak mau bikin penggemar kecewa dan khawatir | Credit: Pop Crush

Dalam banyak kesempatan wawancara, idol K-Pop sering mengungkapkan kerinduan mereka terhadap para penggemar yang mungkin udah lama nggak mereka temui secara langsung. Ketika ditanyai soal apa faktor kesuksesan mereka sebagai idol pun, dukungan penggemar selalu disebut sebagai hal utama. Kelompok penggemar juga jadi yang pertama kali mendapatkan ucapan terima kasih ketika mereka berhasil menyabet piala di acara musik atau ajang penghargaan lainnya.

Terlihat dari totalitasnya selama ini, para idol K-Pop memang nggak ingin mengecewakan penggemar. Bahkan saat tersandung masalah, mereka akan lebih dulu meminta maaf karena udah bikin penggemar khawatir. Padahal dalam beberapa kasus, mereka terbukti nggak bersalah. Salah satunya yaitu saat konser NCT 127 di Jakarta (4/11) harus dihentikan oleh kepolisian sebelum waktunya karena ada aksi saling dorong yang bikin barikade ambruk dan sejumlah penonton pingsan. Doyoung, salah satu member NCT 127 justru yang meminta maaf lewat Instagram pribadi dan berjanji akan datang lagi ke Indonesia dengan konser yang lebih baik.

Advertisement

4. Nggak cuma dari interaksi, lirik lagu mereka pun turut menyentuh hati penggemar dan membangkitkan semangat hidup

Lirik lagu bikin semangat hidup

Lirik lagu bikin semangat hidup | Credit: kpop.ru

Mau gimana pun juga, para K-Popers ini juga punya kehidupan pribadi di luar sesi fangirling dan fanboying mereka. Dalam kehidupan pribadi itu pula mereka tak luput dari beragam persoalan yang sering bikin semangat hidup ciut. Di sinilah para penggemar bisa menjadikan idolanya sebagai sosok inspirasi lewat lirik lagu yang mereka bawakan.

Nggak terbatas soal cinta-cintaan, lagu-lagu K-Pop juga banyak kok yang menyinggung tentang kepercayaan diri, penerimaan diri seutuhnya di tengah banyak kekurangan, hingga memberi semangat kepada mereka yang sedang mencari jati diri dan menggapai impian. Beberapa di antaranya bisa kamu temukan pada lagu BTS seperti Young Forever, N.O, dan Epiphany. Bisa dibilang, idol K-Pop juga bisa mempengaruhi tujuan hidup dan impian penggemarnya.

5. Dalam banyak kesempatan, idol K-Pop juga ikut menyuarakan keresahan manusia pada umumnya sehingga makin banyak yang relate sama mereka

Jadikan idol sebagai teladan berbuat kebaikan

Jadikan idol sebagai teladan berbuat kebaikan | Credit: Instagram @bts.bighitofficial

Akhirnya, lewat totalitas idol K-Pop dalam memenangkan hati penggemarnya, mereka nggak lagi dianggap sekadar idola, tapi juga panutan atau teladan. Setiap perkataan mereka jadi sumber semangat para penggemar untuk menjalani hidup. Lebih dari itu, sejumlah basis penggemar justru terinspirasi dari perkataan idola mereka untuk berbuat aksi nyata yang dapat membantu sesama. Contohnya yaitu ARMY (sebutan fans BTS) yang mendirikan ARMY Health Center sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye “Love Yourself” milik BTS. Boy group itu memang sering mengedukasi penggemarnya untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain.

Menjadi K-Popers masih sering dianggap sebagai aktivitas kurang penting dan buang-buang waktu oleh sebagian orang. Padahal di balik loyalitas penggemarnya, ada perjuangan yang dilakukan idol K-Pop untuk memenangkan hati mereka dan hal-hal baik yang bisa dipetik penggemar dari sosok idolanya.

Kalau kata salah satu lagu Ari Lasso, sentuhlah dia tepat di hatinya, dia kan jadi milikmu selamanya. Dan itulah yang dilakukan idol K-Pop kepada para penggemarnya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE