Keberadaan lemari pendingin atau kulkas kini sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan sehari-hari rumah tangga. Tidak hanya untuk membuat es batu, kulkas juga telah menyelamatkan sayur-mayur serta daging yang dibeli ibu tetap segar. Dampaknya, porsi makanan lezat nan segar mampu tersaji di meja makan kita setiap pagi, siang, dan malam.

Kulkas di dapur atau ruang makan kita pun bisa jadi penghias ruangan yang indah. Caranya, cukup tempelkan hiasan kulkas bermagnet dengan aneka bentuk dan warna. Pintu kulkas yang memang terdiri dari kandungan magnetik tersebut, akan menjaga hiasanmu lekat dan enak dipandang. Tapi, tahukah kamu mengapa pintu kulkas mengandung magnet?

Kebanyakan kulkas masa kini memiliki penutup bermagnetik di dalamnya. Tapi jangan kamu sangka kalau teknologi ini sudah ada semenjak kulkas pertama kali dijual!

Pakai latch… via hipwee.com

Advertisement

Pada awalnya pintu kulkas masih menggunakan pengait, layaknya pengait gembok yang sering ayah kamu pasang di pintu rumah sebagai pengaman ekstra. Pintu kulkas dengan jenis pengait ini jelas bagus karena dapat membuat kulkas kedap dari udara luar. Kualitas sayur, daging, dan minuman pun tetap terjaga sampai ia berada di penggorengan.

Kelemahannya satu: pintu jenis ini hanya bisa dibuka dan ditutup dari luar.

Jika pintu kulkas hanya bisa dibuka dan ditutup dari luar, lalu bagaimana jika ada (baca: anak kecil) yang masuk ke dalam kulkas dan terjebak?

Wah, bahaya! via s019.radikal.ru

Kalau ada yang masuk ke dalam kulkas, jelas saja ia tidak bisa keluar lagi dong! Tapi ngapain kurang kerjaan banget masuk ke dalam kulkas?

Advertisement

Kamu mungkin gak akan masuk kulkas, tapi adik-adik kecil atau keponakan kita mungkin akan melakukannya!

Nah bahaya kan? Kondisi ini pun diperparah dengan adanya karet yang mengelilingi permukaan pintu. Karet itu sesungguhnya punya fungsi untuk menjaga agar kulkas tetap dingin. Di sisi lain, jika kamu berteriak dari dalamnya, maka tidak akan ada seorang pun yang bisa mendengarmu. Sebab karet merupakan peredam suara yang terbilang cukup baik.

Hal ini diperhatikan betul oleh Amerika. Hingga kemudian muncullah Refrigerator Safety Act pada tahun 1956.

Iklan kulkas jadul via www.flickr.com

Pada tahun 1951, negara bagian California mengesahkan undang-undang di mana setiap kulkas yang dibuang, harus diletakkan di tempat yang jauh dan tidak terjangkau anak-anak. Beberapa tahun kemudian, undang-undang ditambah. Orang tua yang membuang kulkas tak terpakai atau rusak pun diwajibkan melepaskan pintunya atau minimal kaitnya.

Bayangkan saja apabila kamu membiarkan kulkas itu teronggok di gudang. Lalu anakmu menjadikannya tempat bermain petak umpet, setelah rak-raknya dilepaskan. Bisa-bisa kamu tak akan pernah menemukannya, tanpa adanya undang-undang tersebut!

Agustus 1956, pemerintah Amerika Serikat meloloskan Refrigerator Safety Act. Dalam undang-undang tersebut dikatakan, semua lemari es harus dapat dibuka dengan mudah dari dalam terlebih oleh anak-anak.

Maka penelitian yang berkaitan dengan keamanan kulkas pun mulai dilakukan.

Anak kecil disimulasikan terjebak dalam kulkas via pediatrics.aappublications.org

Setelah dilakukan semacam simulasi, para peneliti menemukan dua kesimpulan tentang anak-anak dan keamanan kulkas. Pertama, ketika anak-anak sadar telah terjebak dalam kulkas, mereka akan secara refleks mendorong pintu kulkas. Kedua, anak berusia tiga tahun dan lima tahun masing-masing dapat mendorong dengan rata-rata 4,5 hingga 9,5 kg gaya. Kesimpulan inilah yang kemudian hari dijadikan patokan oleh para pengusaha elektronik, khususnya kulkas.

Hingga akhirnya, magnet digunakan sebagai materi dalam pintu kulkas. Magnet dapat membuat kulkasmu tetap tertutup secara rapat dari luar, namun mudah juga dibuka dengan dorongan dari dalam oleh anak-anak.

Kekhawatiran Amerika ternyata bukan hanya isapan jempol. Kematian akibat kulkas dengan pengait justru terjadi setelah kulkas dengan bahan magnetik ditemukan.

Atatata (ayo masuk kulkas) via 2.media.collegehumor.cvcdn.com

Justru setelah pintu kulkas magnetik ditemukan, kematian akibat kulkas model lama ditemukan. Di tahun 1985, terbit sebuah Laporan Kesehatan Masyarakat dari California. Anak-anak berusia 0-9 tahun meninggal karena sesak napas di dalam kulkas. Penyebabnya karena kulkas yang telah rusak dan tidak terpakai, tidak segera dijauhkan dari anak. Bahkan dibiarkan teronggok di garasi atau halaman belakang rumah.

Sekarang kamu sudah tahu kan kenapa pintu kulkas dibuat dari magnet? So, hati-hati ya kalau punya kulkas model retro (keren sih bentuknya) dan keponakan atau anak kecil! Jangan sampai mereka bermain-main ke dalam kulkas yang masih terpakai atau pun di kulkas bekas…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya