Tahilalats dan Crayon Shinchan Kolaborasi, Warganet Ikut Gabungkan Persona Keduanya

Karya anak bangsa kembali makin dikenal dunia. Kali ini, kabar membanggakan baru aja diumumkan oleh komik lokal Tahilalats yang digaet Crayon Shinchan untuk berkolaborasi di perayaan anniversary ke-30 kartun ikonik asal Jepang itu.

Advertisement

Sejak kabar ini mencuat, banyak warganet yang antusias banget. Di samping itu, kolaborasi dua komik ini terbilang mengagetkan karena nggak pernah disangka-sangka sebelumnya.

Kabar ini bermula saat Tahilalats mengajak warganet menebak karakter bersiluet hitam yang akan kolaborasi dengan mereka

Awalnya, Tahilalats nggak langsung mengumumkan kalau mereka akan berkolaborasi dengan Crayon Shinchan. Pada Selasa (4/10), mereka mengunggah poster misterius yang menampilkan salah satu karakter Tahilalats dengan karakter siluet hitam di atasnya. “Guess the character!” ajak mereka.

Advertisement

Nggak butuh waktu lama bagi warganet untuk menebak siapa karakter misterius itu. Meskipun ditutupi siluet hitam, mereka langsung paham kalau itu adalah Shinnosuke Nohara aka Shinchan. Mungkin saking legendarisnya kartun ini, tanpa pikir panjang pun orang-orang bisa langung menebak, ya.

Barulah pada Kamis (6/10), Tahilalats resmi mengumumkan kolaborasi antara keduanya. Akun Instagram Shinchan Indonesia juga mengunggah deretan poster kolaborasi ciamik. Di dalamnya menampilkan karakter Sinchan dan keluarga Nohara yang bersenang-senang dengan karakter Tahilalats.

Kolaborasi ini dinilai bisa bangkitkan industri kreatif Tanah Air

Bangkitkan industri kreatif

Bangkitkan industri kreatif | Credit: Instagram @shinchan.official.id

Advertisement

Udah bukan rahasia lagi kalau kolaborasi memang jadi salah satu kunci untuk berkembang dalam beragam aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam ranah industri kreatif. Daripada fokus melihat perbedaan, lebih baik menggabungkan kesamaan yang nantinya bisa menghasilkan karya baru. Hal itu juga yang mendasari kolaborasi Tahilalats dan Crayon Shinchan kali ini.

Melansir dari Kompas.com, Helena Irma selaku Regional Director Animation International Indonesia mengatakan kedua komik ini punya style humor dan segmentasi yang sama. Maka dari itu, kolaborasi adalah cara yang tepat untuk memeriahkan momen tiga dekade Crayon Shinchan.

“Tahilalats dan Crayon Shinchan akan segera meluncurkan rangkaian kolaborasi untuk memuaskan penggemar dan melepas kerinduan akan karakter Crayon Shinchan,” jelas Helena (5/10).

Salah satu manfaat dari kolaborasi adalah mendapatkan exposure lebih dari penikmat konten pihak yang diajak kolab. Dengan begitu, masing-masing karya mereka semakin dikenal dan itu jadi angin segar bagi ekosistem industri kreatif kita.

“Perlahan, tapi pasti. Para kreator lokal mulai mendapatkan tempat di kancah dunia dan diharapkan dapat terus memberikan karya terbaiknya serta dapat mengharumkan nama bangsa,” tutur Rahman Azhari, CEO Mindblowon Studio.

Kolaborasi ini akan berbentuk dalam beberapa aktivitas. Mulai dari konten spesial di media sosial dan kerja sama dengan lebih dari 15 merek ternama. Lalu, pada Desember 2022 mendatang akan ada surprise event dari Tahilalats dan Crayon Shinchan. Kira-kira bakal nampilin apa, ya?

Sama-sama ikonik, warganet gabungkan persona Tahilalats dan Crayon Shinchan

Gabungan ciri khas dua komik

Gabungan ciri khas dua komik | Credit: Instagram @shinchan.official.id

Bukan warganet +62 namanya kalau nggak dipenuhi ide-ide brilian nan nyeleneh. Mereka punya caranya sendiri saat menyambut kabar kolaborasi Tahilalats dan Crayon Shinchan ini. Sebagian warganet meluapkan antusiasme, sebagiannya lagi beramai-ramai menggabungkan ciri khas kedua komik tersebut. Mulai dari nama karakter, percakapan ikonik, hingga soundtrack.

Uniknya,

“Shinchan berpetualang di negara wakanda, meliat hal-hal aneh,” @ade**

“Apakah akan rebranding menjadi tahi shincan?” @ari**

“Selururuh kota merupakan tempat bermain gembira oh pusingnya aku pusing sekali,” @ini**

“So, taichan it means tahilalats x shinchan? “@aba**

Cerita dalam komik maupun serial kartun Shinchan selalu lekat dengan elemen keluarga dan teman. Dari situ, konsep utama dalam perayaan 30 tahun Crayon Shinchan akan berpusat pada tema “Love”. Melansir dari Moshi Moshi Nippon, tema itu diambil sebagai bentuk upaya untuk membawa senyum kepada orang-orang yang terkena dampak Covid-19.

Ke depannya ada banyak proyek anniversary yang akan dibuat. Salah satu yang baru diungkap adalah kolaborasi dengan komikus Indonesia Nurfadli Mursyid, sosok di balik komik Tahilalats. Komik strip Webtoon ini rutin membagikan cerita kocak tapi dibumbui unsur sarkasme. Meskipun receh, ujung-ujungnya tetap nyentil. Itu pula yang membuat para pembaca jadi ‘mindblowon’ alias mikir sehabis tertawa.

Cerita yang diangkat sederhana yakni sesuatu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari atau slice of life. Mulai dari pertemanan, cinta, hubungan anak dengan orang tua, kelakuan pemerintah, sampai percakapan absurd sehari-hari. Visual dari komik ini pun menarik perhatian. Karakter-karakternya digambarkan dengan proporsi tubuh yang kurang proporsional dan ekspresi yang cenderung ‘lebay’. Namun, justru itu yang membuat Tahilalats jadi top of mind di benak banyak orang.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE