Pemerintah Izinkan Konser Skala Besar. Warganet: Kalau Ada Gelombang 3, Nanti Kita yang Disalahin~

Konser skala besar

Selama hampir 2 tahun pandemi berlangsung, banyak banget aktivitas yang harus dibatasi untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Terutama untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang harus menjalani kegiatan belajar dari rumah. Perusahaan yang bukan bergerak di sektor esensial pun disarankan untuk menerapkan work from home. Kasus Covid-19 di Indonesia masih fluktuatif dan bulan Juni lalu sempat mengalami lonjakan akibat gelombang dua.

Advertisement

Belakangan ini, situasinya baru saja bisa terkendali dan pemerintah membuat keputusan untuk memberikan izin penyelenggaraan kegiatan dalam skala besar. Keputusan terbaru yang mendadak viral di media sosial ini menjadi polemik di kalangan para warganet Indonesia.

Pemerintah memberikan izin untuk penyelenggaraan kegiatan berskala besar selama kasus Covid-19 terkendali

Perizinan konser | Photo by Piqsels

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan izin untuk penyelenggaraan kegiatan dalam skala besar. Kegiatan tersebut meliputi resepsi pernikahan, pameran dagang, konferensi, hingga konser musik. Kepada CNN, Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan bahwa perizinan ini untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi terutama untuk sektor pariwisata.

“Mempertimbangkan perlunya kita mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari Covid-19, pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” tutur Johnny.

Advertisement

Saat ini sudah ada beberapa kegiatan yang telah mendapat izin dari pemerintah yaitu kompetisi sepak bola liga 1 dan liga 2 serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Penyelenggaraan kegiatan skala besar ini harus tetap didukung dengan kesiapan penunjang protokol kesehatan

Protokol kesehatan selama penyelenggaraan kegiatan | Photo by tesa.com

Bagi para penyelenggara kegiatan wajib mempersiapkan sarana dan prasarana yang menunjang agar kegiatan bisa berlangsung dengan protokol kesehatan. Sebelum mengeluarkan izin, penyelenggara harus memperhitungkan terlebih dahulu kasus Covid-19 di daerah yang akan menjadi lokasi kegiatan. Selain itu, penyelenggara juga harus tetap memerhatikan potensi penularan selama kegiatan berlangsung, durasi kegiatan, tata kelola kegiatan dalam ruangan, dan juga jumlah partisipan yang akan menghadiri kegiatan tersebut.

Advertisement

Pemerintah juga menetapkan sejumlah pedoman yang terbagi menjadi tiga. Hal itu adalah pedoman sebelum kegiatan berlangsung, saat kegiatan berlangsung, dan sesudah kegiatan berlangsung.

  1. Sebelum kegiatan berlangsung, penyelenggara wajib melakukan edukasi kesehatan sebelum kegiatan dimulai, menyusun pedoman pelaksanaan dengan rencana kontijensi, serta memastikan fasilitas pendukung protokol kesehatan
  2. Saat acara berlangsung penyelenggara wajib melakukan screening kesehatan, memastikan alat kesehatan pendukung cukup dan mudah terakses, dan memastikan setiap partisipan mematuhi protokol kesehatan.
  3. Penyelenggara juga wajib memastikan tidak ada kasus positif yang lolos kembali ke daerah asal, dan mengoptimalkan karantina.

Meski telah mengeluarkan izin, keputusan ini masih menjadi polemik di kalangan warganet

Komentar dari warganet | Credit via Twitter

Keputusan yang diambil oleh pemerintah saat ini masih menjadi polemik di kalangan warganet. Banyak yang menyayangkan keputusan tersebut karena dianggap terlalu terburu-buru, padahal kasus Covid-19 di Indonesia baru aja bisa terkendali.

“Nanti rakyat juga yang disalahin kalo ada gelombang ke-3,” ujar akun @OLI***

Baru dipuji orang luar karena speed recovery dan angka presentase vaksinnya tinggi, eh udah begini lagi,” tutur akun @wate***

“Kepada para nakes yang budiman, diharapkan segera memasang kuda-kuda untuk menghadapi gelombang covid19 yg ke sekian kalinya. Sehat-sehat semua bapak ibu nakes yg baik, iya beginilah negara kita,” komentar akun @sysk***

“Walaupun aku ingin sekali nonton konser tetapi yang aku inginkan tuh ya sekolah kembali normal dan anak-anak sudah di vaksin. Kuliah berjalan semestinya kasian mereka dirumah mulu engga ngerasain gimana kehidupan kampus :”),” tukas akun @Ten***

Di balik keputusan terbaru pemerintah, ada warganet yang kondisinya serba salah. Kalau setelah pelonggaran kasusnya kembali naik, nanti masyarakat lagi yang disalahin. Biasanya yang udah-udah .sih seperti itu. Tapi, semoga kasus Covid-19 di Indonesia bisa terkendali seterusnya supaya keadaan bisa normal kembali!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE