Frustasi Bikin Kanal YouTube Gagal Terus? Coba Eksploitasi Kemiskinan dan Kesedihan, Auto Viral!

Konten kanal YouTube

YouTube menjadi platform media sosial yang sedang ramai digunakan oleh masyarakat. Di Indonesia, YouTube menjadi ‘televisi’ kedua yang menjadi tempat orang-orang mencari tontonan dan hiburan. YouTube juga menjadi platform terbuka di mana semua orang bisa mendapatkan penghasilan dari mengunggah video. Kesempatan mendapatkan uang inilah yang kemudian membuat banyak orang berbondong-bondong bermain YouTube atau menjadi seorang YouTuber.

Advertisement

Sebagai platform media sosial berbentuk video, YouTube sendiri menyediakan banyak jenis konten video yang dibuat oleh bermacam-macam kreator. Ada yang rajin mengunggah video podcast berupa obrolan, ada yang senang membuat prank sampai memperlihatkan dirinya bermain gim online. Nah, buat kamu yang mungkin tertarik untuk memulai YouTube atau yang sedang frustasi karena kanalnya nggak berkembang, berikut ini sejumlah tips dan trik biar videomu punya banyak penonton. Yuk langsung simak!

1. Hal pertama yang harus kalian lakukan secara rutin adalah bikin konten berbagi atau sedekah di depan kamera. Semakin sering kalian mengabadikan momen sedekah, semakin besar kemungkinan kalian jadi influencer terkenal!

Sedekah harus direkam dong! / Credit: YouTube

Tips pertama buat kamu yang pengin dapat banyak subscriber dan penonton adalah membuat konten berbagi atau sedekah. Usahakan kamu selalu bersedekan di depan kamera. Tangkap momen saat kamu membagi-bagikan uang pada orang-orang yang kesusahan di jalan. Contohnya kamu bisa berbagi ke ojek online.

Tentu saja bersedekah di depan kamera saja tidak cukup. Kamu harus mengeluarkan kata-kata mutiara dan menjelaskan pada penonton bahwa kegiatan berbagi itu penting. Kalau sudah melakukan itu semua, dijamin deh video kalian bakal punya banyak penonton. Semakin sering kamu bersedekah dan merekamnya, kamu akan cepat naik dan jadi seorang influencer. Pada dasarnya orang Indonesia emang senang lihat orang-orang kaya memberi uang pada orang miskin.

Advertisement

2. Nggak cuma sedekah, kamu harus mengasah insting dalam mencari celah untuk mengeksploitasi kemiskinan. Setelah kalian terbiasa, akan sangat mudah rasanya mendapatkan uang dari YouTube. Percaya deh~

Ekspolitasi orang-orang yang dianggap kesusahan / Credit: YouTube

Belakangan nama Baim Wong menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Hal ini bermula saat Baim Wong mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya mempermalukan seorang kakek tua yang memintanya membeli dagangannya. Dalam video tersebut, Baim Wong malah membagi-bagikan uang pada ojek online dan menyakiti perasaan sang bapak pedagang tersebut.

Kalau dilihat secara mendalam, hal tersebut adalah bentuk eksploitasi kemiskinan yang dilakukan oleh Baim Wong. Bayangkan saja, dengan satu kejadian ini Baim Wong bisa membuat beberapa konten dengan jumlah penonton yang nggak sedikit. Setelah mengunggah video tersebut dan mendapat hujatan, Baim Wong membuat video klarifikasi dan mendapat penonton banyak. Setelah itu ia membuat video permintaan maaf. Singkatnya, satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Nah, buat kamu yang bermimpi sukses di YouTube, gunakan insting kalian untuk mencari celah mengeksploitasi kemiskinan. Dijamin ampuh deh. Baim Wong buktinya, hehe.

3. Apapun yang terjadi, mau itu positif atau negatif, kontroversial atau tidak jangan lupa untuk terus mengejar isu terkini yang sedang viral. Kesuksesan video bisa mencapai angka 100%

Advertisement

Kejar isu terkini dan viral / Credit: YouTube

Membuat video yang mengeksploitasi kemiskinan bisa membuat kalian jemu. Kalau kalian pengin hal yang seru dan baru, coba untuk membuat video yang mengejar isu-isu terhangat. Kamu nggak perlu peduli apakah isu tersebut positif atau negatif maupun kontroversial atau tidak. Pokoknya kamu harus cepat-cepat bikin konten seputar hal tersebut!

Salah satu orang yang sukses mengejar isu terhangat ini adalah Nikita Mirzani. Di tengah-tengah Baim Wong yang mendapat hujatan, Nikita Mirzani mengundang sang bapak pedagang ke kanal YouTubenya. Tentu saja hal ini mengundang banyak penonton. Nikita Mirzani menjadi contoh YouTuber cerdas yang perlu kalian ikuti. Nggak perlu lah namanya passion atau skill, yang penting kejar yang viral dan tunggu angka bekerja untukmu.

4. Terakhir dan nggak kalah penting adalah kamu harus mengasah kemampuan untuk membuat judul dan thumbnail video yang super clickbait

Buat judul dan thumbnail yang clickbait / Credit: YouTube

Terakhir, kamu harus memperhatikan hal teknis dalam mengunggah video di YouTube. Masyarakat Indonesia cenderung menyukai video-video dengan judul yang kontroversial dan thumbnail yang clickbait. Jadi, kamu harus bisa melatih diri demi membuat judul-judul spektakuler. Contohnya kamu bisa menambahkan kata “fantastis”, “ketar-ketir”, “bikin terharu” dan lain sebagainya.

Setelah itu kamu harus menambahkan foto-foto yang membuat penonton penasaran dan membuka videomu. Contohnya kamu bisa menambahkan foto perempuan yang menangis sesenggukan atau foto ojek online yang bersujud setelah diberi uang. Singkatnya, kamu harus tambahkan foto-foto yang mengundang mata penonton. Cobain deh, dijamin ampuh 100%.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik buat kamu yang frustasi karena nggak sukses membuat kanal YouTube sendiri. Tentu saja tips dan trik ini boleh kalian ikuti atau tidak. Kalau kamu mengaku seorang kreator, seharusnya kamu punya skill dan hal yang kalian tawarkan pada penonton. Kalau nggak punya ya ujung-ujungnya cuma ngejual drama. Iya nggak sih?~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE