Sederet Alasan Kos Cowok Terkadang Lebih Mahal daripada Kos Cewek. Kadang Nggak Adil sih :(

Kos cowok lebih mahal

Disadari atau nggak, rupanya selama ini banyak banget perbedaan mencolok antara kos khusus cowok dan cewek. Mulai dari perbedaan citra kemewahan, lingkungannya yang dinilai lebih bersih atau mungkin lebih jorok, kondisinya yang bebas, hingga berbagai macam perbedaan lainnya. Namun, yang terkadang luput dari kita sadari adalah kos khusus cowok itu terkadang biaya sewanya lebih mahal dibandingkan dengan kos cewek.

Advertisement

Meskipun sering kali kos cewek dinilai lebih mewah karena banyak yang eksklusif, nggak dimungkiri lagi kalau di beberapa kota di Indonesia, kos untuk cowok lebih mahal meski hanya terpaut nggak begitu jauh. Mahalnya harga sewa kos cowok itu bukan tanpa alasan juga lo. Berikut ini adalah sederet alasan yang melatarbelakangi kenapa terkadang kos cowok lebih mahal dibandingkan dengan kos cewek.

1. Biaya perawatan kos cowok itu lebih banyak, soalnya sering kali lebih cepet kotor dan berantakan. Biasalah, cowok~

Ilustrasi kos cowok / Credit: Cari-Kos via www.cari-kos.com

Udah bukan rahasia lagi sih kalau biaya perawatan yang dibutuhkan oleh pemilik kos cowok itu lebih banyak dan mahal dibandingkan kos untuk cewek. Bukan tanpa alasan, hal itu terjadi karena biasanya kos cowok lebih cepat kotor dan berantakan tempatnya. Mulai dari lorong-lorong kamar, toilet atau kamar mandi, dapur bersama, higga kamar-kamar pribadi. Nggak perlu dipertanyakan lagi sih, kalau nggak percaya coba aja tengok kondisi kos cowok terus dibandingkan dengan kos cewek. Pasti bentuknya lebih sering mirip kayak kapal pecah. :’)

2. Uang izin keramaian sama penduduk setempat juga lebih banyak dibandingkan kos cewek, karena lingkungan cowok biasanya lebih ribut

Kondisinya lebih ramai / Credit: Youtube Denie van basten via www.youtube.com

Belum lagi kalau misalnya kos cowok yang didirikan di komplek padat penduduk, udah pasti uang izin keramaian sama penduduk setempat pun nggak bisa dibilang murah. Selain lebih sering berantakan, kondisi kos untuk cowok biasanya juga lebih sering ramai dan ribut, apalagi kalau malam hari. Kalau kamu pernah merantau, pasti paham lah sama kondisi kayak gini. Setiap malam pada ngumpul di kos, ngobrol ngalor ngidul sambil kopi, udah gitu ditambah gitaran sambil nyanyi teriak-teriak.

Advertisement

3. Jarang ada kos khusus cowok yang bentuknya semewah kos khusus cewek, makanya dibikin mahal sekalian

Ilustrasi plang kos cowok / Credit: 1cak via 1cak.com

Alasan selanjutnya kenapa kos khusus cowok rasa-rasanya lebih mahal dibandingkan dengan kos cewek ya karena persoalan yang satu ini. Nggak dimungkiri bahwa jumlah kos cowok yang bentuknya mewah atau ekslusif itu nggak sebanyak jika dibandingkan dengan kos cewek. Artinya, memang biasanya lebih banyak kos cewek yang dibikin dengan ekslusif, entah itu fasilitasnya atau mungkin kenyamanannya. Makanya nggak heran kalau sekalinya ada kos untuk cowok dibikin lebih mahal harganya. Tapi, semahal-mahalnya seringkali nggak terpaut begitu jauh juga kok.

4. Biaya untuk mengisi perabotan kos cowok lebih minim dibandingkan kos cewek, makanya uang sewanya dibikin mahal karena harga perabotannya dicari yang mahal dengan kualitas bagus

Ilustrasi perabotan kos / Credit: Ikea via www.ikea.co.id

Jika kamu perhatikan lebih lanjut, perabotan-perabotan untuk mengisi ruangan kamar kos cewek tentu lebih banyak dibandingkan dengan kos cowok. Ibaratnya,  bagi cowok mah asal ada dapur, satu meja, sama satu lemari aja udah cukup. Beda halnya dengan perabotan cewek, karena jelas mereka lebih banyak membutuhkan perintilan-perintilan perabot dan peralatan lainnya untuk segala macam keperluannya. Oleh sebab itu, biaya kos cowok dibikin lebih mahal karena biasanya pemiliknya udah menyediakan perabotan yang sekiranya inti dan paling dibutuhkan.

Meski begitu, nggak semua kos cowok lebih mahal dibandingkan dengan kos untuk cewek sih. Ada juga kok kos cewek yang jauh lebih mahal—tergantung dengan fasilitas yang diberikan, lingkungan, kenyamanan, dan sebagainya juga sih. Terlepas dari semua itu, jangan sampai salah pilih kos, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE