Kosakata Bahasa Sunda Dasar yang Wajib Kamu Hafalin. Sering Banget Muncul di Medsos nih!

Kosakata bahasa Sunda

Keragaman budaya dan daerah yang ada di Indonesia membuat banyaknya perbedaan yang terjadi dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya adalah bahasa daerah yang biasanya hanya bisa dipahami oleh orang-orang di daerah tersebut. Uniknya, setiap bahasa daerah pun ternyata memiliki daya tariknya sendiri-sendiri. Begitu pula dengan bahasa Sunda. Cara berkomunikasi dengan bahasa khas dan logat yang nggak kalah terngiang-ngiang di kepala ini rupanya banyak bikin orang penasaran untuk mempelajarinya lo.

Advertisement

Nggak cuma di dunia nyata aja, bahkan di media sosial pun ramai banget orang ngobrol pakai bahasa Sunda. Tapi namanya aja bahasa daerah, nggak semua bisa paham dengan arti dan istilah-istilahnya. Nah, kalau kamu pengin nimbrung tanpa harus merasa malu, alangkah baiknya kamu belajar dulu nih kosakata dasar ala Sunda di bawah ini. Yuk, simak!

1. Dalam bahasa Indonesia, aing berarti aku. Biasanya sih istilah ini banyak banget digunakan oleh anak-anak muda kalau lagi ngobrol dengan usia sebayanya

Istilah aing. via www.hipwee.com

2. Selain aing, ada juga maneh yang berarti adalah kamu. Pokoknya kalau udah ngobrol pakai istilah aing dan maneh itu pasti kelihatan banget Sunda-nya~

Istilah maneh. via www.hipwee.com

Advertisement

3. Nggak tahu kenapa maung yang berarti macan atau harimau ini juga ngetren banget jadi salah satu kosakata dasar ala Sunda yang wajib dihafalin. Kayaknya banyak jokes orang kesurupan yang teriak-teriak, โ€œAing maung!โ€ kali, ya?

Istilah maung via www.hipwee.com

4. Nah, kalau kamu mau menanyakan โ€˜siapa?โ€™, kamu cukup pakai kosakata saha aja. Ya, saha dalam bahasa Indonesia berarti siapa

Istilah saha via www.hipwee.com

5. Kata tanya kedua yang wajib kamu hafalkan adalah sabaraha yang artinya berapa. Kali aja kamu lagi berniat mau naik angkot di Bandung kan?

Istilah sabaraha via www.hipwee.com

Advertisement

6. Biar kelihatan sopan santunnya, kamu bisa menambahkan kata punten di awal kalimat. Punten ini artinya mohon maaf atau permisi

Istilah punten via www.hipwee.com

7. Orang Indonesia pada umumnya memakai istilah kerja saat hendak melakukan sesuatu, tapi kalau orang Sunda sih biasanya pakai kata gawe

Istilah gawe via www.hipwee.com

8. Memang pada dasarnya bahasa Sunda itu praktis bener kayaknya, istilah silakan aja biasa dibilang dengan kata sok. Gampang banget, kan?!

Istilah sok via www.hipwee.com

9. Jangan lupa juga buat sering-sering pakai istilah naon, katanya sih belum lengkap kalau nggak pakai yang satu ini

Istilah naon via www.hipwee.com

10. Kalau mau menyapa orang, pakai aja istilah mangga yang berarti mari. Misalnya tuh lagi ketemu sama tetangga di jalan atau di depan rumahnya

Istilah mangga. via www.hipwee.com

11. Biar makin mirip kayak orang Sunda beneran, kalau ngomong tambahin aja kata mah di setiap tengah atau akhir kalimat

Bisa juga pakai kata โ€œtehโ€. via www.hipwee.com

Berikut tadi adalah beberapa kosakata dasar ala Sunda yang wajib banget kamu pahami dan hafalkan. Siapa tahu punya teman orang Sunda yang kalau ngobrol sehari-hari pakai bahasa daerah mereka sendiri, kan? Hitung-hitung kalau mereka ngomongin kamu biar kamunya juga sadarlah. Masa diomongin di depannya nggak paham cuma karena nggak tahu arti apa yang diomongin. ๐Ÿ™

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE