Usai Tuai Kritikan, Oscar 2023 Akhirnya Bakal Siarkan Lagi Seluruh 23 Kategori Secara Live

Gelaran Piala Oscar selalu menyita perhatian publik setiap tahunnya. Selain jadi salah satu ajang anugerah perfilman paling bergengsi di dunia, Oscar selalu disorot lantaran kerap menuai kontroversi. Sebut aja yang baru terjadi pada Oscar 2022 saat aktor Will Smith menampar komika Chris Rock di atas panggung.

Advertisement

Kontroversi Oscar 2022 nggak cuma itu. Gelaran ini juga dikecam karena nggak menyiarkan delapan kategori secara langsung saat siaran di televisi. Khusus untuk kontroversi yang satu ini, tampaknya pihak penyelenggara mulai berbenah diri. Soalnya, untuk Piala Oscar 2023 nanti seluruh 23 kategori bakal disiarkan lagi secara live di televisi.

Di gelaran Piala Oscar 2023 nanti, kita bakal menyaksikan seluruh kategori secara live

Para pemenang Piala Oscar

Para pemenang Piala Oscar | Credit: Instagram @theacademy

Piala Oscar 2023 akan menayangkan seluruh 23 kategori beserta nominasi dan pemenangnya saat siaran langsung di televisi. Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh Bill Kramer selaku CEO Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).

“Saya bisa mengonfirmasi seluruh kategori akan masuk dalam siaran televisi. Kami berkomitmen memiliki acara yang merayakan para seniman, seni, dan ilmu pengetahuan, dan lingkungan kolaboratif dari perfilman,” kata Kramer, dilansir dari Variety (29/11).

Advertisement

Kramer juga menjelaskan kalau salah satu misi dari The Academy sebagai pihak penyelenggara Piala Oscar adalah menyajikan tontonan yang menghibur dan menarik serta mengapresiasi seluruh insan yang berkecimpung di dunia film.

“Inilah misi dari The Academy dan saya sangat berharap kami bisa melakukan acara yang merayakan seluruh komponen pembuat film dengan menghibur dan menarik,” sambungnya.

Perbincangan untuk menampilkan kembali seluruh kategori secara live rupanya udah dimulai sejak Juni 2022 lalu. Sekarang, Kramer sendiri yang mengonfirmasi kabar tersebut. Jadi, kita lihat saja eksekusinya tahun depan, ya SoHip!

Advertisement

Sebelumnya, ada delapan kategori Oscar 2022 yang nggak disiarkan secara langsung di TV. Kritikan lalu datang dari sejumlah pihak

Oscars Artwork

Oscars Artwork | Credit: Instagram @theacademy

Ada delapan kategori Piala Oscar 2022 yang nggak disiarkan langsung di TV pada Maret 2022 lalu. Sesi penyerahan piala dan pidato kemenangan tiap kategorinya dilakukan satu jam sebelum siaran televisi dimulai. Lalu, potongan klip pidato kemenangan dari kedelapan kategori tersebut diedit untuk ditayangkan saat siaran televisi berlangsung.

Delapan kategori yang dimaksud adalah Documentary Short, Film Editing, Makeup and Hairstyling, Original Score, Production Design, Animated Short, Live Action Short, dan Sound.

Pihak AMPAS punya alasan tersendiri kenapa memutuskan hal tersebut. Katanya, keputusan itu diambil untuk memberikan lebih banyak hiburan dan keterlibatan penonton selama siaran televisi berlangsung.

“Untuk memberikan lebih banyak waktu dan kesempatan untuk hiburan dan keterlibatan penonton melalui komedi, musik, klip film, dan tribut, perubahan dalam produksi pertunjukan akan dilakukan,” tulis David Rubin, Ketua AMPAS dalam pernyataannya dilansir dari Variety (22/2).

Walaupun begitu, tetap aja sejumlah pihak merasa nggak setuju. Salah satunya yaitu anggota AMPAS itu sendiri. Salah seorang anggotanya berpendapat kalau keputusan itu adalah bentuk kegagalan pimpinan The Academy dalam mempertahankan idealismenya.

“Ini kegagalan total. Ini adalah contoh lain dari (pimpinan) Academy yang tunduk pada jaringan (televisi). Ada banyak orang yang sangat kecewa,” ungkap seorang anggota AMPAS.

Di sisi lain, kritikan juga datang langsung dari salah satu nominasi kategori yang nggak disiarkan live tersebut. Adalah Ben Proudfoot yang film garapannya The Queen of Basketball masuk nominasi Best Documentary Short Oscar 2022. Ia buka suara dan bilang kalau apa yang dilakukan The Academy terhadap delapan kategori itu sama seperti menciptakan sistem kelas yang kurang adil

“Harus ada cara yang lebih baik untuk melakukan apa yang perlu dilakukan, yaitu mengakui pencapaian secara menyeluruh dalam waktu tiga jam, tanpa menciptakan sistem kelas,” ujarnya dikutip dari Deadline (23/2).

Sementara itu, gelaran Piala Oscar 2023 kembali mendapuk Jimmy Kimmel sebagai pembawa acara untuk ketiga kalinya. Bill Kramer memuji sosok Jimmy Kimmel sebagai sosok yang paham betul gimana siaran televisi berlangsung.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE